5 Negara Dengan Penderita HIV/AIDS Tertinggi Di Dunia (WHO)

Hai everyone,balik lagi dengan gue di blog dan kaskus gue ini.Hari ini gue kembali menulis di segmen Top 5.Gue lagi lagi akan membahas hal yang sudah banyak di tulis blog lain tetapi tadi gue cek di kaskus belum ada yang nulis.Gue akan menulis tentang 5 Negara Dengan Penderita Aids Tertinggi Di Dunia (WHO).Kali ini gue akan mengkritisi artikel yang kurang sesuai dengan faktanya dan lagi lagi dari Boombastis.com yang sebelumnya gue juga mengoreksi kesalahan mereka soal negara yang melegalkan ganja.Kali ini mereka juga menulis data yang berbeda dengan hasil resmi yang ditulis di wikipedia.Jujur aja ya gan ane sebagai netizen juga sering melihat data yang kurang benar yang ada di media tersebut.Gue gatau mereka udah bisa di klasifikasikan sebagai media besar atau kecil.Gue mulai aja deh pembahasannya.
 
Di situ mereka menuliskan bahwa Amerika dan Rusia berada pada posisi ke enam dan tujuh negara dengan pengidap HIV/AIDS terbanyak.Tetapi faktanya kedua negara tersebut bahkan tidak masuk ke dalam 10 besar.
Kalau mereka menulis bukan berdasarkan persentase tapi berdasarkan jumlah populasi,mengapa mereka tidak memasukan Mozambik dan Zambia yang jumlah populasi penderita aids nya lebih tinggi?Gue berharap mereka lebih cermat dan jujur dalam memberikan fakta dan data.Yaudah deh seperti biasa gue akan kasih peta dari wiki dan gue mulai list ini !

Inilah Negara dengan Jumlah Penderita HIV/AIDS Terbanyak di Dunia ...

1. Swaziland
Negara dengan penderita HIV/AIDS terbanyak di dunia adalah Swaziland.Swaziland adalah negara yang terletak di Afrika Bagian Selatan.Swaziland termasuk ke dalam kategori negara miskin dan memiliki HDI yang sangat rendah.Persentase penderita HIV/AIDS di negara ini sekitar 27,2% atau sekitar 220.000 orang.Penyebab utama dari hal tersebut adalah budaya dari negara tersebut yang mencegah praktik seks yang aman.Ditambah dengan tingkat koinfeksi yang tinggi dengan tuberkulosis, harapan hidup telah berkurang separuh dalam dekade pertama milenium.

2. Lesotho
Di posisi kedua ada negara Lesotho.Lesotho adalah negara yang terletak di Afrika bagian Selatan.Lesotho menjadi negara dengan penderita HIV/AIDS terbanyak ke dua di dunia..Persentase penderita HIV/AIDS di negara ini sekitar 25,0% atau sekitar 330.000 orang.HIV / AIDS di Lesotho merupakan ancaman yang sangat serius bagi orang Basotho dan pembangunan ekonomi Lesote. Sejak deteksi awal pada 1986, HIV / AIDS telah menyebar pada tingkat yang mengkhawatirkan di Lesotho.Pada tahun 2000, Yang Mulia Raja Letsie III menyatakan HIV / AIDS sebagai bencana alam.Penyebab utama hal tersebut adalah praktik seks tidak bersih dan juga sex educaiton yang rendah.

3. Bostwana
Masih sama seperti dua negara di atas,di nomor tiga masih negara Afrika dan juga terletak di Afrika bagian Selatan.Negara tersebut adalah Bostwana.Persentase penderita HIV/AIDS di negara ini sekitar 21,9% atau sekitar 360.000 orang.Penyebab utama HIV di negara ini adalah kontak heteroseksual, dengan militer dan wanita muda berisiko lebih tinggi terinfeksi HIV dibandingkan dengan sektor populasi lainnya. Wanita muda (usia 15-24 tahun) yang memiliki HIV di Botswana melebihi laki-laki muda dengan HIV lebih dari dua banding satu.

4. Afrika Selatan
Dan di nomor empat lagi lagi di benua dan daerah yang sama.Afrika Selatan adalah negara dengan persentase penderita HIV/AIDS tertinggi ke empat dan negara dengan populasi pengidap HIV/AIDS terbanyak di dunia.Persentase penderita HIV/AIDS di negara ini sekitar 18,9% atau sekitar 7.100.000 orang.HIV/AIDS adalah masalah kesehatan paling serius di negara tersebut.Pada tahun 2016 terdapat 126.755 orang meninggal karena HIV/AIDS.Penyebab utamanya adalah seks yang tak sehat dan juga lingkungan yang sangat kotor.

5. Namibia
Dan negara terakhir di list ini juga dari Afrika.Namibia adalah negara yang terletak di Afrika Barat Daya.Namibia berada pada posisi ke lima dalam hal pengidap HIV/AIDS tertinggi di dunia.Persentase penderita HIV/AIDS di negara ini sekitar 13,8% atau sekitar 230.000 orang.HIV/AIDS juga menjadi faktor kematian paling tinggi di Namibia.

Kalau dilihat dari Jumlah Populasi

1. Afrika Selatan : 7.100.000
2. Nigeria : 3.200.000
3. India : 2.100.000
4. Mozambique : 1.800.000
5. Kenya : 1.600.000
6. Tanzania : 1.400.000
7. Uganda : 1.400.000
8. Zimbabwe : 1.300.000
9. Zambia : 1.200.000
10. Kongo : 1.100.000
11. Malawi : 1.000.000

Bagaimana dengan Indonesia gan?

Jumlah pengidap HIV/AIDS di Indonesia termasuk sedikit kalau dilihat dari persentasenya yaitu hanya 0,4% tetapi kalau dilihat dari populasinya termasuk banyak sekitar 620.000 orang


Sekian tulisan dari ane,semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan agan agan.Jangan lupa bagi cendol dan bintang lima ya gan.Thanks for reading and have a nice day !


VISIT MY ANOTHER THREAD :










Comments