4 Hal Yang Harus Pemuda Indonesia Lakukan Untuk Memajukan Bangsa


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini akhirnya ane kembali memiliki waktu untuk menulis thread. Kali ini ane akan menulis thread tentang pemuda pemudi Indonesia untuk mengikuti kompetisi menulis Apa Sumpah Pemuda Versi GanSist ? Nah maka dari itu ane akan menulis tentang 4 Hal Yang Harus Pemuda Indonesia Lakukan Untuk Memajukan Bangsa versi ane !


Pertama tama, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda pemudi dari seluruh penjuru bangsa Indonesia berkumpul untuk menetapkan Sumpah Pemuda pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 di Jakarta. 


Nah, menurut ane Pemuda/Generasi Muda adalah penentu kemajuan sebuah bangsa di masa yang akan datang. Karena para generasi muda masa kini akan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Maka dari itu kenapa ane mengatakan bahwa Generasi Muda suatu bangsa adalah penentu kemajuan sebuah bangsa di masa depan. Nah untuk mewujudkan hal itu, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan sebagai pemuda bangsa.

1. Tumbuhkan Kejujuran


Hal pertama dan hal paling dasar yang perlu kita lakukan sebagai generasi muda untuk memajukan bangsa adalah "Jujur". Satu kata yang sederhana namun sangat langka di negeri ini. Ada kutipan kalau negara ini tak kekurangan orang pintar tapi kekurangan orang jujur. Nah hal itu yang perlu kita perbaiki sejak hari ini. Karena bagaimana negara kita mau maju apabila kita sebagai pemimpin masa depan tidak bisa menjadi individu yang jujur. Contoh dari "Langkanya Kejujuran" di negara ini adalah tingkat Korupsi yang teramat tinggi. Jika kita sebagai generasi muda masih tidak bisa belajar jujur, kita bukannya membuat negara kita semakin maju melainkan semakin korup. Berikutnya ada contoh "Langkanya Kejujuran" di tingkat generasi muda atau pelajar di negara kita yang menurut ane sangat mendarah daging yaitu "Menyontek/Curang" saat ujian. Hal hal buruk seperti itu adalah hal yang harus kita hentikan agar ketidakjujuran itu tidak sampai bertambah parah.

2. Tingkatkan Toleransi Antar Golongan


Point kedua yang akan ane bahas ini berhubungan dengan bagaimana manusia memperlakukan sesama manusia yang bisa dibilang "Berbeda Golongan". Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat beragam suku dan agamanya. Namun bisa dibilang kasus intoleransi antar golongan masih tinggi. Nah kita sebagai generasi muda harus mulai memangkas kebiasaan buruk itu dengan menghargai sesama kita yang berbeda golongan. Kita harus bisa berteman tanpa membeda bedakan suku dan agama. Karena jika kita hidup berdampingan secara damai dan tentram negara ini pun akan semakin bahagia dan sejahtera.

3. Jangan Suka Menyalahkan Negara Lain


Nah hal ketiga ini adalah hal yang bisa di bilang menghambat kemajuan negara kita juga gan. Mungkin kalau di point ke tiga ini lebih sering dilakukan oleh generasi yang lebih tua. Sikap menyalahkan negara lain ini tanpa sadar membuat kita hanya menghabiskan waktu untuk "nge blame" daripada memperbaiki negara sendiri. Contohnya, orang orang Indonesia sering sekali menyalahkan kalau negara negara Barat adalah perusak moral remaja remaja kita saat ini / menyalah artikan gaya hidup kebarat baratan yang dianggap negatif. Nah disini kesalahannya, kalau negara negara barat tersebut "Mayoritas" pemudanya rusak secara moral bagaimana mereka bisa maju. Yang ada malah "Mayoritas" pemuda kita yang moral nya rusak makanya negara ini belum bisa maju. Maka dari itu kebiasaan ini harus dihilangkan dan para generasi muda Indonesia mulai memperbaiki diri sendiri tanpa menyalahkan negara lain agar negara ini bisa maju. Karena "kemajuan suatu negara di masa depan ditentukan oleh generasi mudanya." Kalau moral mayoritas pemuda bangsa ini rusak, mustahil negara ini bisa maju.

4. Lebih Rajin Dan Produktif Di Usia Muda


Point ke empat ini lebih ke masing masing Individu. Sebuah negara bisa maju apabila penduduk nya produktif secara ekonomi ataupun ilmu pengetahuan. Generasi muda di negara kita ini cenderung kurang rajin dan kurang produktif. Contohnya pemuda kita lebih gemar memakai produk buatan asing daripada mulai berkreasi menemukan hal hal baru. Memakai produk barang asing itu tidak buruk namun alangkah baik kalau kita bisa berkreasi membuat produk dari dalam negeri. Sebagai contoh, buah dari keproduktifan orang orang di negara maju bisa membuat produk yang bagus dan dikonsumsi oleh orang di berbagai negara. Nah, kalau para pemuda Indonesia bisa melakukan hal yang sama dalam hal produktivitas, perlahan lahan ekonomi negara kita akan semakin bertumbuh dan negara kita juga akan semakin maju. Karena ada satu kutipan yang ane dengar yaitu "Orang Indonesia kalah dengan orang orang di negara maju karena orang orang Indonesia paling sulit untuk menghasil menghasilkan ide baru dan lebih gemar mengikuti apa yang sudah ada". Untuk para pelajar, mungkin produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara lebih rajin belajar.

Sekian aja thread dari ane. Maaf bila banyak kata kata yang kurang tepat. Semoga kita sebagai generasi muda Indonesia dapat memajukan bangsa kita ini di masa yang akan datang. Thanks For Reading agan agan.

Sumber : Opini Pribadi Ane

Kenalan Sama TS :

This Is Me (Perkenalan TS)

Some Of My Opinions And Arguments :





Comments