Mengenal 4 Kota "Melting Pot" Di Indonesia



Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES ! Hari ini ane kembali menulis thread lagi nih gan ! Pada thread ane yang satu ini ane akan menulis tentang negara kita tercinta, Indonesia. Ane akan membahas suatu hal yang sangat lekat dengan bangsa kita ini yaitu "Keberagaman". Maka dari itu mari kita Mengenal 4 Kota "Melting Pot" Di Indonesia.



Sebenernya apa sih itu Kota Melting Pot ? Kota melting pot adalah kota dimana berbagai kebudayaan mulai dari suku dan agama yang berbeda melebur menjadi satu di dalam sebuah kota. Kota kota yang dijuluki melting pot ini juga adalah kota yang dianggap memiliki banyak budaya yang berbeda dan hampir tidak memiliki golongan "mayoritas".

Terus kenapa cuma 4 kota yang agan masukin ke dalam list ini ? Kan kota kota di Indonesia banyak yang beragam. Nah ane cuma memasukkan 4 kota ke dalam list ini karena ketiga kota ini memiliki keberagaman yang lebih tinggi alias persentase antar suku dan agama di ketiga kota ini bisa dibilang merata. Dan acuan ane dalam membuat thread ini adalah data dan statistik dari Wikipedia. So ane mulai aja ya gan !

1. Jakarta



Kota pertama di list ini yang akan ane bahas yaitu kota kelahiran dan kota asal ane yaitu Jakarta ! Jakarta adalah ibukota negara kita dan juga kota terbesar dan termegah di negara kita. Jakarta dikenal sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian serta bisnis di Indonesia. Jakarta juga dikenal dengan kemegahannya. Kota ini juga sangat terkenal akan keberagaman suku bangsa dan agama nya. Jakarta adalah tujuan utama perantau dari seantero wilayah Indonesia untuk mengadu nasib. Nah oleh karena itu, suku bangsa di Jakarta sangat beragam, merata dan bahkan tidak ada yang mayoritas. Dari sektor suku bangsa, suku di Jakarta antara lain Jawa (35%), Betawi (28%), Sunda (15%), Tionghoa (5%), dan Batak (4%). Dari sektor agama, kota Jakarta ini juga bisa dibilang lebih heterogen ketimbang kota kota lain di Indonesia. Agama di kota Jakarta antara lain Islam (83%), Kristen (13%), Buddha (4%). Beberapa daerah di Jakarta juga memiliki ciri khas suku bangsa nya masing masing. Seperti Jakarta Timur yang mayoritas diisi oleh etnis Betawi, Jakarta Utara yang mayoritas diisi oleh Etnis Tionghoa, dan Jakarta Selatan yang mayoritas diisi oleh Etnis Jawa.

2. Medan



Kota berikutnya merupakan kota terbesar di Sumatera yaitu Medan ! Medan adalah kota yang terletak di Sumatera Utara. Medan juga merupakan kota terbesar ke 3 di Indonesia. Medan sangat dikenal akan keberagamannya. Bukan hanya beragam suku bangsa dalam negeri tetapi juga beragam dari suku bangsa pendantang. Sebut saja komunitas Tionghoa, Arab, dan India Tamil yang cukup besar di Kota Medan ini gan ! Maka dari itu kota ini juga termasuk cukup heterogen serta beragam. Dari sektor suku bangsa, suku di Medan antara lain Jawa (33%), Batak (21%),  Tionghoa (11%), dan Mandailing (9%). Dari sektor agama, kota Medan ini juga bisa dibilang lebih heterogen ketimbang kota kota lain di Indonesia. Agama di kota Medan antara lain Islam (60%), Kristen (28%), Buddha (10%). 

3. Pontianak



Kota di nomor tiga ini berada di pulau Kalimantan, Pontianak ! Pontianak adalah kota yang terletak di Kalimantan Barat. Kota ini juga dikenal sebagai kota khatulistiwa. Kota ini juga salah satu kota terbesar di Kalimantan. Sama seperti kedua kota di atas, Pontianak juga adalah salah satu kota paling beragam di Indonesia. Pontianak terkenal sebagai kota yang banyak diisi Etnis Tionghoa, bahkan suku bangsa terbesar di kota ini adalah Tionghoa. Dari sektor suku bangsa, suku di Pontianak antara lain Tionghoa (31%), Melayu (26%), Bugis (13%), dan Jawa (12%). Dan dari sektor agama, kota ini juga merupakan kota yang beragam. Agama di Pontianak antara lain, Islam (75%), Buddha (12%), Kristen (11%).

4. Batam


Dan kota terakhir di list ini adalah Batam ! Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau. Batam juga adalah salah satu kota terdekat dengan Singapura. Kota ini juga terkenal sebagai kota Industri. Meskipun terletak di Kepulauan Riau, kota ini juga merupakan melting pot yang diisi banyak oleh para pendatang. Kota ini memiliki keberagaman suku bangsa dan agama yang cukup besar. Dari sektor suku bangsa, suku di kota Batam antara lain Jawa (27%), Melayu (18%), Batak (15%), dan Minangkabau (14%). Dari sektor agama pun kota Batam juga termasuk beragam. Agama di kota Batam antara lain, Islam (71%), Kristen (22%), dan Buddha (7%).



Comments