4 Klub Kejutan Pada Liga Champions (3 Musim Terakhir)


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan. Ane kali ini akan membahas tentang kompetisi Sepakbola antar klub paling bergengsi di benua Eropa yaitu Champions League ! Champions League adalah kompetisi yang mempertemukan berbagai tim terbaik di Benua Eropa, dimana mereka semua saling bersaing untuk merebut trofi Liga Champions.


Liga Champions memang identik dengan klub klub raksasa. Hampir setiap tahun trofi dan persaingan di Liga Champions ini dikuasai klub klub besar seperti Real Madrid, Bayern Munchen, Juventus, dan Barcelona. Namun, ada beberapa klub yang bisa disebut kurang diunggulkan tetapi mereka dapat melangkah cukup jauh di Liga Champions dalam 3 musim kebelakang. Maka dari itu, 4 Klub Kejutan Pada Liga Champions (3 Musim Terakhir) !

1. AS Monaco


Klub pertama di list ini merupakan klub papan atas Liga Perancis yang kini sedang terpuruk yaitu AS Monaco. AS Monaco adalah klub sepakbola yang bermain di Ligue 1. AS Monaco bisa disebut sebagai salah satu klub terbaik di Ligue 1 bersama PSG, Olympique Lyon, dan Olympique Marseille. Meskipun berstatus sebagai "unggulan" di Ligue 1, AS Monaco malah sering disebut tim lemah di Champions Legaue karena AS Monaco jarang melangkah jauh di Liga Champions. Namun, pada musim 16/17 AS Monaco berhasil membuat kejutan. Saat itu AS Monaco yang memang sedang diperkuat banyak pemain hebat serta sedang on fire di Ligue 1 berhasil mencapai babak Semi Final UCL 16/17.  Bahkan, AS Monaco berhasil menyingkirkan 3 klub besar lainnya di babak sebelumnya. Mereka berhasil menyingkirkan Tottenham Hotspur (Grup), Manchester City (16 Besar), & Borussia Dortmund (8 Besar). Sayangnya, langkah mereka terhenti pada babak Semi Final karena dikalahkan oleh Juventus dengan agregat skor 4 - 1.

2. VfL Wolfsburg


Selanjutnya ada klub asal Jerman bagian timur yang juga kerap memberikan kejutan di Bundesliga yaitu VfL Wolfsburg. VfL Wolfsburg adalah salah satu klub yang bermain di Bundesliga Jerman. VfL Wolfsburg belum bisa dibilang sebagai klub papan atas Jerman sebab mereka belum konsisten untuk menempati 4 Besar. Namun, beberapa kali Wolfsburg berhasil membuat kejutan di Bundesliga dengan menjadi Runner Up (14/15) & Juara (08/09). Bukan hanya di Bundesliga, kejutan pun juga mereka timbulkan di Liga Champions musim 15/16. Saat itu mereka masuk Liga Champions berkat posisi mereka yang menjadi Runnner Up Bundesliga 14/15. Dianggap sebagai klub kuda hitam, Wolfsburg ternyata dapat melangkah cukup jauh. Wolfsburg berhasil mencapai babak Perempat Final Liga Champions 15/16. Bahkan Wolfsburg sempat menumbangkan Manchester United  di Fase Grup. Sayangnya, langkah Wolfsburg terhenti oleh Real Madrid dengan aggregat skor yang sangat tipis yaitu 2 - 3.

3. Leicester City


Berikutnya ada klub yang pernah mengukir sejarah bak dongeng di tanah Inggris yaitu Leicester City. Leicester City adalah klub asal Leicester, Inggris yang bermain di Premier League. Leicester City menjadi klub yang sangat terkenal ketika mereka tanpa diprediksi dapat menjadi Juara EPL 15/16. Karena mereka menjadi pemuncak EPL, mereka dapat berkompetisi di Liga Champions 16/17. Leicester City lagi lagi berhasil membuat kejutan jiid 2 pada Champions League. Meskipun tak menjadi juara, mereka berhasil melangkah cukup jauh. Leicester City berhasil mencapai babak Perempat Final UCL 16/17. Hal ini bisa dibilang tak terduga karena Leicester bukanlah klub besar yang diunggulkan dan bahkan musim 16/17 adalah musim pertama Leicester City di Champions League. Bahkan, sebelum mencapai babak 8 Besar Leicester juga menjadi Juara Grup dan menyingkirkan Sevilla di babak 16 Besar.

4. Sevilla


Dan klub terakhir di list ini adalah klub Spanyol yang bisa dibialng "Jagonya Europa League" yaitu Sevilla. Sevilla adalah klub yang bermain di La Liga. Meskipun sering menjadi juara pada Europa League, bisa dibilang Sevilla sebenarnya tak terlalu berpengalaman dan tangguh di Champions League. Namun, musim lalu yaitu musim 17/18, mereka berhasil melangkah cukup jauh yaitu babak Perempat Final. Sebelum mencapai babak ini mereka berhasil menahan imbang Liverpool di fase grup dan menyingkirkan Manchester United di Fase Grup. Namun, langkah mereka dihetikan oleh Bayern Munchen di babak perempat final.

Kenalan Sama TS :




Comments