7 Tempat Wisata Yang Bagus Untuk Dikunjungi Di Jateng - DIY


Sumber : Dok Pribadi

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES ! Hari ini ane kembali menulis thread nih. Tapi thread ane kali ini akan berbeda. Karena ane akan menulis untuk Event Kaskus Kreator : Free Writing Month. Yap, dan event kaskus kali ini cukup asik tantangannya karena tulisan harus orisinil serta, foto pendukung thread ini gak boleh dari internet gan. Maka dari itu, semua foto yang ane masukin disini orisinil dan tidak diambil dari website mana pun. 

Di thread ane yang satu ini ane kembali membahas soal pariwisata gan. Karena kemarin ane sudah menulis tentang tempat wisata di kota tempat tinggal ane yaitu Bandung, sekarang ane akan membahas tentang tempat wisata di Daerah asal ane Yogyakarta serta Jawa Tengah. Nah, karena ane asli Jawa ane pun rutin hampir tiap liburan ke Jogja atau Jateng. Di daerah Jateng dan Jogja pun terkenal dengan banyaknya objek wisata yang bagus dan juga murah. Maka dari itu, berikut 7 Tempat Wisata Yang Bagus Untuk Dikunjungi Di Jateng - DIY !

1. Lawang Sewu


Sumber : Dok Pribadi

Objek wisata pertama di list ini adalah objek wisata yang disebut sebut menjadi Landmark Kota Semarang yaitu Lawang Sewu. Lawang Sewu ini adalah gedung bersejarah yang terletak di Semarang. Gedung yang merupakan bekas gedung KAI ini terkenal dengan banyaknya pintu, maka dari itu tempat ini disebut Seribu Pintu atau Lawang Sewu. Gedung ini juga merupakan museum yang banyak memiliki koleksi berhubungan dengan kereta api. Selain bersejarah, gedung ini juga bagus banget untuk foto foto. Apalagi untuk orang yang lebih suka berfoto di gedung gedung bersejarah / berarsitektur Eropa daripada di Alam. Tempat ini juga terletak di dekat tugu muda serta dekat dari pusat kota Semarang, Simpang Lima. Harga tiket masuk Lawang Sewu ini sekitar 10 Ribu per orang.

2. Candi Plaosan


Sumber : Dok Pribadi

Jika sudah bosan mengunjungi Candi kelas dunia macam Borobudur dan Prambanan, kita juga bisa meng-explore Candi lain yang gak kalah bagus di dekat Yogyakarta yaitu Candi Plaosan. Candi Plaosan memang tidak sebesar Prambanan atau Borobudur. Candi Plaosan ini adalah Candi bercorak Hindu dan juga Buddha yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Jadi dalam 1 Komplek Candi ini ada terletak Candi Hindu dan juga Buddha. Menurut ane, Candi ini juga layak dikunjungi karena kita bisa lebih mudah meng explore seluruh candi tanpa terlalu lelah. Candi ini juga cukup photogenic kok. Kalau gak salah, waktu ane ke sana bulan lalu tiket masuknya hanya seharga 3 Ribu per orang loh gan. 

3. Gereja Ayam


Sumber : Dok Pribadi

Nah, di nomor ketiga ini ada rumah ibadah yang unik banget dan juga populer berkat film AADC 2. Agan pasti sudah bisa nebak, yap Gereja Ayam ! Sebenarnya sekarang Gereja Ayam sudah bukan Gereja lagi, namum sudah dikelola menjadi tempat wisata dan Rumah Doa. Bangunan ini terletak di Magelang, Jawa Timur. Ane ke tempat ini pada tahun 2017 yang lalu. Tempat ini juga termasuk ramai pengunjung, padahal akses masuk Gereja Ayam (yang ane tempuh) cukup sulit. Saat itu ane harus melewati hutan, namun dengan jalan menurun yang cukup terjal. Di dalam Gereja Ayam selain ada spot foto tinggi dimana kita bisa melihat Borobudur dari atas, terdapat juga mini resto yang menjual nasi kucing dan minuman minuman dengan harga murah. Fyi, untuk mencapai puncak Gereja Ayan (untuk foto) kita harus melewati tangga kecil dan tidak bisa terlalu banyak berfoto karena banyak orang yang juga mengantri. Harga tiket masuk Gereja Ayam ini hanya sekitar 10 - 15 Ribu per orang saat itu.

4. Bali Ndeso


Sumber : Dok Pribadi

Tempat selanjutnya ini merupakan wisata kuliner gan, namanya Bali Ndeso. Meskipun namanya Bali Ndeso, tempat ini masih di Jawa Tengah kok. Bali Ndeso adalah restoran yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. Bali Ndeso sendiri katanya memiliki arti Balik Kampung. Nah, disini selain kita bisa membeli makanan enak kita juga disediakan banyak spot foto yang bagus bagus. Serta kita juga disuguhkan pemandangan alam kabupaten Karanganyar dan Kota Solo yang indah. Tempat ini juga sejuk karena terletak di dataran tinggi. Makanan yang kita bisa beli disini beragam, dari makanan tradisional Jawa hingga makanan barat seperti Steak. Meskipun memiliki view yang bagus dan menu yang beragam, harga makanan disini gak getok harga kok gan. Harga makanan berat disini berkisar antara 15 Ribu - 30 Ribu per porsi. Ane ke tempat ini pada tahun 2017 akhir.

5. Umbul Sidomukti


Sumber : Dok Pribadi

Kini kita ke tempat wisata yang mirip mirip dengan Bali Ndeso, tapi versi Semarang yaitu Umbul Sidomukti ! Umbul Sidomukti itu adalah objek wisata yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Umbul Sidomukti ini adalah wisata alam pegunungan gan, bentuknya kayak bertingkat gitu. Bukan hanya menawarkan pemandangan gunung, tempat ini juga memiliki kolam renang dan juga restoran. Jadi tingkat satu yaitu paling atas ada restoran, tingkat dua ada tempat foto foto dengan pemandangan gunung, dan tingkat tiga ada Kolam Renang. Jadi kita bisa merasakan sensasi berenang di pegunungan gitu gan. Tiket masuk ke tempat ini mematok harga 25 Ribu per orang gan. Sama seperti Bali Ndeso, restoran di tempat ini juga menjual berbagai makanan yang enak tapi dengan harga standar gan. Akses ke tempat ini bisa ditempuh menggunakan mobil, namun jalan yang dilewati cukup menanjak dan terjal nih gan.

6. Punthuk Setumbu


Sumber : Dok Pribadi

Objek wisata yang satu ini ada hubungan dengan objek wisata nomor tiga yaitu Gereja Ayam. Objek wisata ini bernama Punthuk Setumbu. Tempat ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini juga menyuguhkan wisata pemandangan gunung. Tempat ini juga menyediakan spot spot berfoto dengan view dikelilingi pegunungan. Dari tempat ini kita juga dapat melihat Sunrise dan Sunset disekitar Candi Borobudur. Nah, mengapa ane bilang tempat ini memiliki kaitan dengan Gereja Ayam ? Karena dari tempat ini juga kita dapat jalan masuk ke Gereja Ayam tadi. Tapi kekurangan dari objek wisata ini adalah, akses untuk mengelilingi tempat ini cukup sulit karena jalan masih tanah yang terjal serta cuaca yang cukup terik. Harga tiket masuk Punthuk Setumbu ini hanya 15 Ribu Rupiah gan. Btw itu fotonya ane timpa sticker karena disitu ada foto ane yang lagi kucel gan ehehe.

7. Gereja Blenduk


Sumber : Dok Pribadi

Dan objek wisata terakhir ini juga terletak si Kota Semarang, Gereja Blenduk. Berbeda dengan objek wisata lain, sebenarnya tempat ini merupakan rumah ibadah. Gereja ini adalah Gereja tertua di Jawa Tengah. Namun, banyak pengunjung yang datang untuk berfoto di depan Gedung Gereja termasuk ane. Gedung gereja ini menurut ane keren karena memiliki arsitektur khas Belanda serta terlihat seperti Istana. Selain itu, tempat ini juga terletak dengan Simpang Lima dan Lawang Sewu gan. Sama disekitar Gereja Ini ada Ice Cream World, objek wisata foto 3D di semarang.

Sekian thread dari ane, semoga bisa memberi Informasi untuk agan agan yang tertarik untuk Explore Jateng. Thanks for reading and Have a nice day !

Comments