4 Hasil Penemuan Terbesar Louis Pasteur


Sumber : Dok Pribadi

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane menulis thread untuk kompetisi dari Kaskus Kreator yaitu 5 Threads Challenge. Jadi tulisan ane untuk kompetisi ini akan berisi konten full original dari segi gambar gan, mengikuti aturan kompetisi.

Hari ini ane kembali membahas tentang seorang Ilmuan Besar. Ilmuan ini merupakan salah satu ahli biologi terbesar sepanjang sejarah. Bahkan namanya diabadikan menjadi nama jalan di Bandung. Ilmuan ini adalah Louis Pasteur. Louis Pasteur adalah ilmuan yang merupakan ahli di bidang Bioteknologi. Louis Pasteur adalah ilmuan asal Perancis yang lahir pada tahun 1822. Ia banyak menghasilkan banyak penemuan yang sangat berpengaruh di dunia medis. Maka dari itu, berikut 4 Hasil Penemuan Terbesar Louis Pasteur !

1. Pasteurisasi


Sumber : Dokumen Pribadi

Penemuan pasteur yang paling terkenal hingga kini adalah Pasteurisasi. Hasil temuan nya ini sangat berpengaruh terhadap produksi makanan dan minuman saat ini. Pasteurisasi itu adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh mikroorganisme merugikan untuk memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan. Simple nya proses Pasteurisasi ini berfungsi untuk meminimalisir / membunuh bakteri yang terkandung dalam makanan. Ia menemukan hal ini pada tahun 1862. Louis Pasteur pertama kali tergerak untuk melakukan penemuan ini karena ia banyak melihat banyak masalah yang terjadi pada perkebunan anggur di negara nya yang banyak diserang bakteri. Ia pun melakukan penelitian ini untuk menyelamatkan mata penceharian orang Perancis di masa lalu yaitu berkebun anggur. Ia berusaha  "mengawetkan" anggur dengan tidak menghilangkan aroma anggur. Jadi, untuk membunuh  sebagian besar mikroba dalam anggur ia hanya mendidihkan anggur secukupnya. Lalu pendinginan membuat sisa mikroba tidak bisa berkembang biak. Lebih hebatnya lagi, Louis Pasteur tidak mengambil keuntungan besar dari hasil penemuannya ini. Ia membiarkan semua orang memakai hasil penemuan nya agar makanan dapat diawetkan. Dan hingga kini, proses Pasteurisasi hasil temuannya masih dipakai banyak orang dan perusahaan makanan, terutama Susu dan makanan Kaleng.

2. Suntik Rabies 


Sumber : Dok Pribadi

Hasil penemuan Louis Pasteur selanjutnya juga sangat penting, terutama di bidang medis dan pengobatan. Dahulu, penyakit rabies yang berasal dari anjing ini sangat mematikan. Banyak orang yang sampai meninggal karena tidak adanya obat rabies. Namun, Louis Pasteur pun menemukan suntik rabies yang bukan hanya berfungsi sebagai mencegah penyakit dari gigtan anjing gila, namun juga dapat menyembuhkan secara total. Ia mulai mempelajari rabies pada tahun 1882. Awalnya, ia melakukan percobaan untuk menemukan obat rabies melalui hewan. Ia meneliti jangka waktu antara terjadi nya gigitan anjing gila hingga kuman hasil gigitan tersebut sampai ke otak sang korban. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, penelitian ini membuat Pasteur tahu perlu nya penanganan berbeda terhadap penyakit rabies. Dari hasil penelitiannya, lahirlah vaksin rabies buatan Pasteur. Vaksin Rabies ini adalah obat khusus untuk orang yang kena gigitan anjing gila. Karena Vaksin Rabies ini telah ditemukan, orang orang korban gigitan anjing gila sudah tidak perlu memakai vaksin biasa. Keberhasilan nya dalam membuat Vaksin Rabies terjadi pada tahun 1885. Pada saat itu, seorang anak kecil yang tergigit anjing gila datang kepada nya untuk minta diobati. Awalnya, pasteur belum yakin akan hasil penemuannya ini. Namun, setelah ia menyuntikkan Vaksin Rabies pada anak tersebut, perlahan lahan anaki itu mulai sembuh dan racun belum sampai merenggut nyawanya.

3. Cabang Ilmu Mikrobiologi 


Sumber : Dokumen Pribadi

Penemuan selanjutnya berupa teori. Louis Pasteur juga pernah menemukan cabang ilmu baru dalam Biologi yaitu Mikrobiologi. Mikrobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme seperti Virus dan Bakteri. Ilmu ini juga mempelajari bagaimana mikroorganisme dapan hidup, berkembang biak, hingga masuk ke dalam tubuh manusia. Ia melakukan penelitian nya soal mikroba pada tahun 1857. Penelitiannya tersebut berpusat pada fermentasi. Pasteur membuktikan bahwa fermentasi terjadi hanya bila ada mahluk hidup kecil yang disebut mikroba. Bila ada mikroba yang cocok, maka akan diperoleh hasil yang diharapkan. Tapi  mikroba yang tidak cocok akan membuat susu menjadi asam. Temuan Pasteur ini membantu terbentuknya cabang ilmu Mikrobiologi. Pasteur juga berhasil mematahkan penemuan sebelum nya yang berkata bahwa mikroba lahir secara spontan melalui cacing atau belatung. Pasteur menjelaskan bahwa mikroba itu berasal dari kehidupan sebelumnya / memiliki induk dan bukan hasil dari spontanitas organisme lain. Dengan ini, Pasteur berhasil mengubah pemikiran banyak orang soal muncul dan lahirnya mikroba.

4. Vaksinasi / Imunisasi


Sumber : Dokumen Pribadi

Dan penemuan terakhir Pasteur di list ini merupakan salah satu penemuan terbesarnya. Penemuan yang sangat bermanfaat bagi manusia maupun hewan. Penemuan ini bernama Vaksinasi atau bisa disebut imunisasi. Imunisasi banyak diberikan untuk anak anak guna memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Awal mula Pasteur menemukan vaksinasi adalah ketika ia tertarik pada hasil penemuan Edward Jenner soal penyakit pada sapi. Dari saat itu, ia mulai mengembangkan teori tersebut menjadi lebih besar. Pasteur berupaya mengembangkan karya Jenner untuk menghasilkan vaksin buatan dengan cara melemahkan kuman penyakit yang mematikan pada hewan awalnya. Proses penemuan vaksinasi ini sangat rumit dan memerlukan kesabaran. Namun, Pasteur pun berhasil membuat vaksin untuk kolera ayam dan juga penyakit anthrax. Setelah vaksinasi untuk hewan buatannya berhasil, ia juga mulai mengembangkan lagi penemuannya untuk membuat vaksinasi manusia yang kini kita kenal sebagai Imunisasi.

Sumber Ane Untuk Thread Ini :


Sumber : Dok Pribadi

Sekian aja thread dari ane, maaf bila banyak kesalahan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan agan agan. Thanks for reading and have a nice day ! 

Comments