4 Hasil Penemuan Terbesar Michael Faraday


Sumber : Dok Pribadi

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane menulis thread untuk kompetisi dari Kaskus Kreator yaitu 5 Threads Challenge. Jadi tulisan ane untuk kompetisi ini akan berisi konten full original dari segi gambar gan, mengikuti aturan kompetisi.


Sumber : Dok Pribadi

Kali ini ane akan membahas salah satu ilmuan terbesar di dunia. Ia merupakan ilmuan yang ahli di bidang fisika dan juga dianggap sebagai "Bapak Listrik". Ilmuan yang ane maksud adalah Michael Faraday. Michael Faraday adalah ilmuan asal Inggris yang lahir pada tahun 1791. Ia hingga kini dikenal sebagai penemu listrik. Nah, pada thread ini ane akan mengupas 4 Penemuan Terbesar Michael Faraday berdasarkan buku "Para Ilmuan Yang Mempercayai Illahi" karya Ann Lamont.

1. Benzena


Sumber : Dok Pribadi

Benzena adalah salah satu senyawa organik di dunia kimia. Benzena ini berbentuk cairan tak berwarna dan mudah terbakar. Nah, meskipun Michael Faraday merupakan seorang Ilmuan Fisika, ternyata ia juga berkontribusi dalam ilmu kimia gan. Jadi ceritanya, di tahun 1815 Michael Faraday kembali ke Inggris dan bekerja di Royal Institution. Di pekerjaan nya itu, ia mulai banyak terlibat di dalam riset kimia. Dia mengadakan riset mengenai baja, dan berhasil memperbaiki campuran baja. Michael Faraday ini juga menjadi orang pertama yang dapat mencairkan klorin. Selain menjadi orang pertama yang mencairkan klorin, ia menemukan zat baru yang bernama benzena. Zat benzena ini memiliki rumus kimia C6H6 dan Benzena ini berfungsi untuk membuat sanyawa organik seperti bahan pewarna, nilon, dan plastik gan.

2. Generator Listrik


Sumber : Dok Pribadi

Hasil penemuan kedua dari Michael Faraday ini adalah Generator Listrik gan. Jadi Generator Listrik ini adalah alat yang berfungsi untuk memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik. Proses yang terjadi di dalam Generator Listrik ini disebut juga sebagai pembangkit listrik. Michael Faraday menemukan Generator Listrik ini pada sekitaran tahun 1831 - 1832. Awalnya ia melakukan percobaan dengan cara menghasilkan listrik dari magnet tanpa mulai dengan listrik. Dia menciptakan medan magnet yang berubah ubah dengan menggerakan balok magnet masuk dan keluar dari kumparan kawat terisolasi. Jadi, hasil penemuannya ini yaitu Generator Listrik memungkinkan dihasilkannya daya listrik yang kita pakai sehari hari.

3. Hukum Elekstrolisis


Sumber : Dok Pribadi

Penemuan ketiga Michael Faraday ini berupa teori gan yang kini kita kenal sebagai Hukum Elektrolisis. Jadi, Michael Faraday menciptakan hukum ini pada abad ke 19. Ia memadukan kimia dengan kelistrikan dalam penelitiannya. Dia mempelajari elektrolisis, yaitu perubahan kimiawi dari zat zat tertentu yang berada dalam cairan dengan mengalirkan listrik. Dalam proses ini dilakukan elektroplating, yaitu pelapisan logam dengan logam lain. Jadi dari hasil penelitiannya, inti dari bunyi hukum faraday 1 mengenai elektrolisis adalah Massa Zat = Muatan Listrik Pada Elektron. Selain itu, ia juga memperkenalkan istilah baru seperti elektrolit, andoda, dan katoda.

4. Transformator


Sumber : Dok Pribadi

Dan penemuan Faraday yang paling terkenal adalah Transformator. Transformator adalah alat yang berfungsi untuk memindahkan tenaga listrik antar dua rangkaian listrik atau lebih melalui induksi elektromagnetik. Faraday menemukan Transformator pada tahun 1831. Ia melakukan percobaan dengan membentuk besi menjadi berbentuk cincin dan melilitkan gulungan kawat terisolasi pada sisi lainnya, akhrinya Faraday pun menghasilkan salah satu penemuan terbesarnya yaitu Transformator. Cara kerja nya adalah, apabila arus listrik dinyalakan dan dipadamkan pada salah satu rangkaian, maka akan terjadi perubahan pada medan magnet yang menghasilkan arus listrik dengan voltase yang berbeda beda di rangkaian lainnya.

Sekian thread ane mengenai Michael Faraday. Beliau juga merupakan salah satu Ilmuan favorit ane meskipun ane benar benar gak bisa Fisika hehe. Penemuan nya juga sangat bermanfaat dari zaman ke zaman. Maaf bila banyak kesalahan, thanks for reading and have a nice day agan agan !

Sumber Ane Untuk Thread Ini :


Comments