4 Negara Yang Belum Merdeka Di Eropa

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan. Kali ini ane akan membahas tentang negara negara di Eropa. Tetapi, yang hari ini akan ane bahas bukan lah negara negara Eropa yang agan agan sudah tahu. Melainkan, ane akan membahas negara negara di Eropa yang belum diakui alias Belum Merdeka.


Jadi, beberapa negara di list ini merupakan negara negara yang ingin memisahkan diri dari negara yang sudah merdeka dan menjadi negara baru. Namun, negara negara ini belum bisa menjadi negara merdeka karena belum mendapat pengakuan dari negara lain. Beberapa negara di list ini juga merupakan daerah sengeketa antara dua negara. Maka dari itu, berikut 4 Negara Yang Belum Merdeka Di Eropa.

1. Kosovo


Negara pertama di list ini merupakan suatu wilayah yang terletak di Eropa Tenggara. Wilayah ini bernama Kosovo. Kosovo menjadi salah satu daerah "terpanas" di benua Eropa. Sering terjadi perlawanan dari masyarakat dari daerah Kosovo ini terhadap negara yang memiliki daerah Kosovo saat ini yaitu Serbia. Kosovo adalah daerah mayoritas Islam yang berada di dalam Serbia. Dari beberapa sumber, sudah banyak pemberontak asal Kosovo yang dipenjara bahkan dihukum mati oleh Serbia karena ingin memisahkan diri. Seorang menteri Serbia juga pernah ditembak mati ketika berkunjung ke Kosovo. Status wilayah ini saat ini termasuk "disengketakan". Di satu sisi 103 negara telah mengakui kedaulatan negara ini, namun Serbia juga masih mengkalim dengan kuat bahwa Kosovo belum merdeka dan masih menjadi milik mereka. Ibukota dari Kosovo adalah Prstina dan Kosovo sendiri memiliki 1,9 Juta Penduduk.

2. Transnistria


Negara kedua di list ini masih terletak di daerah Balkan. Wilayah ini bernama Transnistria. Transnistria kini merupakan wilayah milik negara Moldova. Namun, wilayah ini memilih untuk memisahkan diri dari Moldova. Tapi, Transnistria ini juga belum diakui sebagai negara dan masih termasuk wilayah Moldova. Hal unik dari Transnistria ini adalah, negara ini memakai sistem Komunisme sebagai ideologi negara. Transnistria juga menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa utama, berbeda dengan negara pemilik wilayah ini yaitu Moldova. Berbeda dengan Kosovo, sampai saat ini belum ada satu negara pun yang mengakui kedaulatan Transnistria.

3. Nagorno Karabakh


Berikutnya di nomor tiga juga ada wilayah "panas" di perbatasan Eropa dan Asia. Wilayah ini bernama Nagorno Karabakh. Nagorno Karabakh adalah wilayah yang terletak di perbatasan Eropa dan Asia. Sama seperti Kosovo, Nagorno Karabakh juga menjadi salah satu tempat "terpanas" di Eropa karena masih menjadi wilayah sengketa. Nagorno Karbakh sebenarnya merupakan wilayah yang diperebutkan oleh dua negara. Armenia dan Azerbaijan sama sama mengklaim bahwa Nagorno Karabakh merupakan wilayah dari negara mereka masing masing. Namun, negara Nagorno Karabakh sendiri malah berusaha berdiri sendiri. Namun, negara ini juga masih berstatus sengketa dan belum diakui sebagai negara. Meskipun ada 3 negara yang mengakui kedaulatannya. 

4. Northern Cyprus


Dan negara terakhir di list ini juga merupakan negara yang berada di perbatasan Eropa dan Asia. Wilayah ini bernama Siprus Utara. Sebenarnya, Siprus Utara masih merupakan bagian dari negara Siprus, namun mereka ingin memisahkan diri. Siprus dan Siprus Utara sendiri memang memiliki perbedaan yang mencolok. Siprus memiliki budaya Yunani dan Kristen Orthodox yang sangat kental. Sementara Siprus Utara memiliki mayoritas rakyat beragama Islam dan berbudaya mirip Turki. Perbedaan budaya dan agama yang cukup drastis ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Siprus Utara ingin memisahkan diri. Namun, sayangnya negara ini belum merdeka hingga kini dan masih menjadi bagian dari Siprus karena hanya ada 1 Negara yang mengakui kedaulatannya yaitu Turki.

Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Europe

Kenalan Sama TS :


4 Rekor Indonesia Di Dunia


Comments