5 Orang Polandia Paling Terkenal Di Dunia

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan kembali menulis tentang para orang orang terkenal dari suatu negara. Negara yang akan ane bahas hari ini memiliki kesamaan dengan Indonesia, yaitu warna bendera nya. Yap sudah pasti tertebak, hari ini ane akan membahas tentang Polandia !



Polandia adalah negara yang terletak di Eropa Tengah. Orang orang Polandia termasuk ke dalam suku bangsa Slavia, sama seperti Rusia. Meskipun Polandia tidak se maju negara Eropa lainnya seperti Jerman dan Inggris, Polandia juga menghasilkan beberapa orang yang terkenal di dunia ini. Maka dari itu, berikut 5 Orang Polandia Paling Terkenal Di Dunia.

1. Nicolaus Copernicus



Pada posisi pertama ada tokoh asal Polandia yang juga merupakan ilmuan besar. Beliau adalah Nicolaus Copernicus. Nicolaus Copernicus adalah ilmuan asal Polandia yang lahir pada tahun 1473. Copernicus kini dikenal sebagai ilmuan yang juga merupakan ahli astronomi. Sudah banyak teori dan pemikirannnya yang kini diakui dunia dan dipelajari di pelajaran Fisika. Copernicus juga menjadi ilmuan yang paling terkenal di Polandia. Salah satu teori hasil pemikirannya yang paling terkenal hingga saat ini adalah Heliosentrism. Heliosentris adalah teori yang mengatakan bahwa bumi bergerak mengitari matahari. Teori nya ini juga mematahkan pemikiran dari ilmuan zaman dahulu yang menganggap bahwa matahari lah yang mengelilingi bumi / Geosentrism.

2. Marie Curie


Berikutnya di nomor dua ada salah satu ilmuan wanita terhebat di dunia. Beliau adalah Marie Curie. Marie Curie adalah ilmuan asal Polandia yang lahir pada tahun 1867. Nama asli nya merupakan Marie Sklodowska, namun pada saat dewasa ia juga memiliki kewarganegaraan Perancis karena ia menikah dengan orang Perancis. Nama Curie juga ia dapat dari marga suami nya yang bernama Piere Curie. Marie Curie ini merupakan ahli di bidang kimia. Salah satu hasil penemuan nya yang paling terkenal adalah Radioaktif. Meskipun kadang dianggap berbahaya, Radioaktif juga merupakan salah satu zat yang paling bermanfaat. Radioaktif bermanfaat untuk meneliti fotosintesis dan terapi penyakit kanker darah.

3. Robert Lewandowski



Di nomor tiga ada orang terkenal dari bidang olahraga. Beliau adalah Robert Lewandowski. Robert Lewandowski adalah pesepakbola asal Polandia yang kini berusia 30 Tahun. Robert Lewandowski kini bermain untuk Bayern Munchen. Kini, Robert Lewandowski juga merupakan striker terbaik di dunia. Ia merupakan pemain yang sudah mencetak ratusan gol. Lewandowski juga merupakan pesepakbola terbaik yang dimiliki negara Polandia. Ia merupakan kapten timnas Polandia dan berhasil membawa negara nya menembus Perempat Final Piala Euro 2016. Lewandowski juga merupakan salah satu pesepakbola favorit ane.

4. Paus John Paul II



Selanjutnya ada tokoh besar dari bidang keagamaan. Beliau adalah Paus John Paul II. Ia adalah mantan Paus atau pemimpin tertinggi agama Katolik. Ia meninggal pada tahun 2005 pada usia nya yang ke 84. Beliau memiliki nama asli Karol Josef Wojtlya. Ia mulai memimpin Gereja Katolik Roma sejak tahun  1978 hingga tahun 2005. Ia juga merupakan satu satu nya Paus yang berasal dari Polandia. Setelah masa kepemimpinannya, ia digantikan oleh Paus Benedictus XVI yang merupakan orang Jerman. Dan kini Gereja Katolik Roma dipimpin oleh Paus Fransiskus asal Argentina.

5. Roman Polanski



Dan tokoh besar terakhir di list ini adalah salah satu sutradara film terbaik milik Polandia. Beliau adalah Roman Polanski. Roman Polanski adalah Sutradara papan atas Holywood asal Polandia. Kini ia telah berusia 85 Tahun. Sama seperti Marie Curie, ia juga merupakan orang Polandia yang memiliki kewarganegaraan Perancis. Ia memulai karir nya sebagai sutradara pada tahun 1955 dengan film pertama nya yang berjudul Zaczarowarny Owner. Ia juga masih aktif membuat film hingga tahun 2017. Film terbaru nya berjudul D'apres Une Historie Vraire yang rilis pada tahun 2017. Beberapa hasil karya nya juga banyak yang menjadi nominasi pada OSCAR seperti Tess (1979), Chinatown (1974), dan The Pianist (2002). Film The Pianist menjadi puncak kejayaan nya dimana ketika itu ia berhasil menerima trofi OSCAR sebagai sutradara terbaik lewat film The Pianist.


Kenalan Sama TS :


4 Rekor Indonesia Di Dunia



Comments