Review Buku Anak : Halo Dino ! Tyranosaurus


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane menulis thread untuk kompetisi dari Kaskus Kreator yaitu 5 Threads Challenge. Jadi tulisan ane untuk kompetisi ini akan berisi konten full original dari segi gambar gan, mengikuti aturan kompetisi.


Sumber : Dok Pribadi

Kali ini ane akan menulis tentang Review Buku Anak. Namun jangan salah gan, buku anak ini cukup spesial karena memuat banyak informasi penting. Yap, buku ini adalah buku ane ketika SD. Buku ini membahas tentang suatu jenis Dinosaurus mulai dari asal usul, kebiasaan, pola makan, rangka tubuh, dan cara punahnya. Buku ini adalah buku tentang Tyranosaurus ! Jadi kali ini ane akan buat ringkasan isi buku dan reviewnya.

Ringkasan Isi :


Sumber : Dok Pribadi

Tyranosaurus adalah dinosaurus yang paling terkenal sejak dulu. Dinosaurus ini dikenal sebagai dinosaurus karnifora yang sangat ganas dan kuat. Jadi Tyranosaurus atau yang kita kenal sebagai T-Rex ini hidup pada 68 - 66 Juta tahun yang lalu. TRex juga termasuk jenis dinosaurus yang hidup nya paling "baru" atau dekat dengan masa kepunahan tepatnya di Zaman Kapur. Trex juga banyak ditemukan di daerah Amerika Utara.


Sumber : Dok Pribadi

Secara anatomi, Trex termasuk kedalam dinosaurus Therapoda. Trex memiliki panjang hingga 12,8 meter dan tinggi hingga 4 meter. Beratnya juga dapat mecapai lebih dari 6 Ton. Trex juga memiliki 59 gigi yang sangat kuat untuk mengoyak mangsa nya.


Sumber : Dok Pribadi

Trex berkembang biak dengan cara bertelur. Telur Trex memiliki bentuk yang lonjong. Jika telah menetas, bayi Trex akan terlihat seperti kadal. Trex juga membesarkan anak anaknya secara "mandiri". Jika anak anak Trex tersebut telah tumbuh cukup besar, sang induk akan melepas anak anak nya kehutan untuk berusaha mencari makanananya sendiri.


Sumber : Dok Pribadi

Mengenai pola makannya, Trex terkenal sebagai karnivora dan juga pemangsa paling berbahaya di masa nya. Trex memburu mangsa dengan cara penyergapan, bukan dengan pengejaran. Jadi sambil bersembunyi di belakang semak semak, Trex menunggu mangsanya sampai lewat lalu menyergap nya tiba tiba. Trex langsung mencengkram mangsanya dengan kuat dan menggoyangkan kepala nya untuk merobek daging mangsa nya. Bukan cuma berburu, kadang Trex juga mencari makan dengan cara memakan bangkai binatang dan dinosaurus lain.


Sumber : Dok Pribadi

Trex juga dikenal memiliki rangka tubuh yang sangat kuat. Bahkan, Trex mampu berlari hingga 40 Km per jam samapai 72 Km per jam.


Sumber : Dok Pribadi

Kerangka Tyranosaurus sendiri baru ditemukan pada tahun 1902 di Montana, Amerika Serikat yaitu Barnum Brown. Lalu pada tahun 1905 ahli paleontologi bernama Herny F Osborn menamai fossil tersebut sebagai "Tyranosaurus Rex" yang artinya Raja Kadal Yang Kejam. 

Review Buku :

Buku ini ditujukan untuk anak usia 6 - 10 Tahun, namun isi nya cukup berbeda. Hal yang membuat buku ini cukup spesial menurut ane adalah informasi nya yang cukup berat untuk anak SD. Tapi karena saat itu ane memang sangat suka membaca buku pengetahuan sejak kecil ane pun enjoy dan mengerti isi buku ini. Tapi, buku ini juga dibuat dengan full printed dan penuh gambar. Jadi informasi yang padat ini divisualisasikan oleh buku ini dengan menarik. Sehingga anak anak lebih mudah mengerti tentang Trex melalui buku ini. Kertas yang dipakai di buku ini juga termasuk mahal. Kekurangan dari buku ini menurut ane hanya dari harga nya yang cukup mahal. Harga buku ini sekitar 80 Ribu rupiah untuk buku 32 Halaman.

Sekian aja thread dari ane. Maaf bila banyak kesalahan kata. Thank you for reading and Have A Nice Day agan agan !

Comments