Review Smartphone : Xiaomi Mi A1

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane menulis thread untuk kompetisi dari Kaskus Kreator yaitu 5 Threads Challenge. Jadi tulisan ane untuk kompetisi ini akan berisi konten full original dari segi gambar gan, mengikuti aturan kompetisi.


Sumber : Dok Pribadi

Pada thread yang satu ini ane akan mereview suatu barang lagi gan. Barang ini berkaitan dengan teknologi. Bisa dibilang barang ini menjadi "nyawa dan pikiran kedua" orang banyak saat ini. Yap, barang yang akan ane review hari ini adalah Smartphone. Mengapa ane bilang Smartphone menjadi "nyawa dan pikiran kedua" manusia saat ini. Karena hampir semua orang tak bisa hidup tanpa smartphone serta mayoritas pekerjaan manusia saat ini dibantu oleh smartphone.

Kali ini smartphone yang akan ane bahas saat ini adalah salah satu smartphone "kelas menengah" paling HYPE pada tahun 2017 gan. Smartphone ini juga ditelurkan oleh salah satu brand yang kini menjadi raksasa teknologi dengan smartphone murah khas nya yaitu Xiaomi. Dan smartphone ini adalah daily driver ane saat ini yaitu Xiaomi Mi A1.

Handphone ini sempat sangat booming pada tahun 2017. Saat itu, kamera merupakan nilai jual utama handphone, bahkan beberapa reviewer HP di Youtube sampai membuat komparasi nya dengan kamera Iphone 7 dan Samsung Galaxy S8. Namun, apakah Smartphone ini bener bener sebagus yang di-ekspektasikan orang? Pertama tama ane tampilkan dulu sekilas spesifikasi

Brand : Xiaomi
Ram : 4GB
Internal Storage : 64 GB
External Storage : Support Up To 128 GB
Processor / Chipset : Snapdragon 625
Resolusi Kamera Belakang : 12 MP dual camera (2160 P)
Resolusi Kamera Depan : 5MP
Kapasitas Baterai : 3080 mAh

Sumber : GSMarena.com

Nah, di bagian ini ane akan memberikan ulasan dari pandangan pribadi dan kesan pemakaian ane sendiri berbentuk kelebihan dan kekurangan handphone ini gan.

Kelebihan pertama dari HP ini, tentu saja Internal Storage nya. Menurut ane internal storage yang diberikan oleh HP ini sudah mantep pol gan untuk HP Kelas menengah. Dengan harga 3 Jutaan kita bisa dapat memori internal 64 GigaByte. Menurut ane ini merupakan keunggulan yang cukup krusial. Kini para konsumen tidak perlu khawatir untuk kehabisan space karena kebanyakan data dan aplikasi. Namun, jika masih belum puas juga HP ini masih support kok gan micro SD sampai 128 gb.


Sumber : Dok Pribadi

Kelebihan kedua menurut ane adalah User Interface yang dipakai HP ini. Jika mayoritas HP Xiaomi memakai MiUI, hp ini menjadi HP Pertama Xiaomi yang menggunakan UI Android One. Yap, UI ini merupakan UI keluaran android. Menurut ane, hal ini merupakan langkah yang cukup bagus. Sudah banyak orang yang bilang bahwa MIUI itu boros rom dan berpengaruh ke kinerja HP yang melambat. Nah, berdasarkan pengalaman ane sendiri, Meskipun Android One ini terkesan polos, UI ini malah membuat HP menjadi lebih cepat dan bersih karena jarang dipasang aplikasi bawaan. Tampilan HP Juga menjadi minimalis.

Dan kelebihan terakhir dari HP ini menurut ane adalah kelebihan paling spesial dari HP ini. Yaitu jualan utama HP ini yaitu "Dual Kamera Belakang" nya. Yap, kualitas dua kamera belakang HP ini mantap gan untuk HP kelas menengah. Tapi dengan catatan, saat cahaya cukup. Tapi jika di malam hari, hal ini menjadi kekurangan. Mode potrait dari dual kamera HP ini menurut ane benar benar bagus dan menghasilkan foto bokeh yang rapih. Gambarnya juga terlihat tajam dengan saturasi warna yang gak berlebihan. Intinya menurut ane hasil foto nya udah keren lah kalau mau dipamerin. Mode HDR nya pun yang biasanya dipakai untuk memotret pemandangan juga sudah cukup tajam kok. Ini ada beberapa contohnya gan. Maaf ya harus dikit narsis hehe.


Sumber : Dok Pribadi


Sumber : Dok Pribadi


Sumber : Dok Pribadi

Kini, ane akan membahas mengenai kekurangan nya gan. Kekurangan pertama ada di "designnya". Design dari HP ini tidak jelek sama sekali gan. Namun, menurut ane pribadi design HP ini terlalu copycat design iPhone 7 dibagian belakang dan dikombinasikan dengan design HP China pada umumnya. Menurut ane, kombinasi dua design tersebut tidak terlalu bagus saat diterapkan pada Handphone ini.


Sumber : Dok Pribadi


Sumber : Dok Pribadi

Kekurangan kedua di HP ini berada pada kamera depan nya. Jujur aja gan, kualitas kamera depan dan belakang HP ini timpang banget. Kualitas kamera belakang HP ini yang jempolan cukup ternodai karena kualitas kamera depan nya yang bisa ane bilang buruk. Kamera depan HP ini menurut ane tidak bisa menangkap cahaya dengan baik serta detailnya juga banyak yang kurang jelas, alias tidak tajam. Selain itu, gambar hasil kamera depan HP ini cukup buram meskipun sudah dipegang sestabil mungkin. Ini contoh foto nya gan, maaf banget nih narsis lagi bre hehe.


Sumber : Dok Pribadi

Dan kekurangan ketiga dan yang terakhir di HP ini kembali berasal dari sektor Kamera. Yaitu kualitas kamera belakang saat malam hari dan juga kualitas perekaman videonya gan. Berbeda jauh dengan kualitas foto saat terang, seakan akan ketajaman, detail berkurang di hasil foto malam hari serta banyak nya noise pada foto yang cukup menggangu. Jadi kamera HP ini kurang pas untuk mengabadikan momen pada malam hari. Lalu, kualitas perekaman di video ini dari segi gambar dan audio juga tergolong buruk.


Sumber : Dok Pribadi

Jadi apakah HP ini recommended untuk agan agan beli. Yap, kalau agan gak suka selfie dan rekam video pakai HP. Tahun 2017 akhir ane beli HP ini dengan harga 3,5 Juta Rupiah. Mungkin kini HP ini sudah termasuk "basi". Namun, harganya yang sudah cukup turun sudah bisa menjadi pilihan agan yang memiliki budget "hemat"

Sumber : Pengalaman Pribadi Ane Selama Memakai Mi A1

Sekian aja thread dari ane, maaf bila banyak kesalahan. Thanks For Reading and Have A Nice Day Gan !

Comments