4 Cara Wanita Untuk Menghindari Kekerasan


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan menulis untuk Kompetisi Kaskus Kreator : Stop The Violence. Yap, ane akan menulis untuk kampanye anti kekerasan terhadap kaum wanita. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menjadi negara yang kurang ramah pada wanita. Banyak sekali kasus kekerasan yang terjadi kepada wanita. Maka dari itu, hari ini ane akan membahas tentang 4 Cara Wanita Untuk Menghindari Kekerasan.

1. Menjaga Omongan


Terkadang, konflik yang berujung kekerasan pada wanita terjadi karena hal ini yaitu "omongan". Banyak wanita yang kadang omongan nya pedas dan menusuk pihak lain. Sehingga terjadilah kekerasan karena orang yang di bentak atau kena omongan yang pedas itu sakit hati. Alhasil, wanita kembali menjadi korban secara fisik. Nah, hal ini biasanya terjadi pada kasus KDRT atau masalah rumah tangga. Menurut ane, menjaga omongan untuk para wanita menjadi salah satu tindakan preventif yang cukup baik. Karena dengan cara itu, kita dapat meminimalisir konflik yang menyebabkan kekerasan itu terjadi.

2. Belajar Pertahanan Diri


Hal kedua yang akan ane bahas adalah cara yang lebih ke ranah fisik. Biasanya, wanita yang menjadi korban kekerasan yang dilakukan pria pasrah karena kalah dari segi kekuatan. Alhasil, banyak dari korban kekerasan tersebut terluka secara fisik. Menurut ane, tidak salah jika wanita belajar pertahanan diri untuk melawan kekerasan yang sewaktu waktu terjadi kepada mereka. Jadi, misalnya ada jambret yang akan merampas barang dan melukai wanita tersebut, setidaknya wanita yang sudah belajar pertahanan diri bisa melawan orang tersebut agar dirinya tidak makin terluka.

3. Kalau Sedang Keluar Di Malam Hari, Sebaiknya Tidak Sendiri


Kekerasan pada wanita banyak terjadi pada malam hari di luar rumah. Biasanya hal hal tersebut murni bermotif kriminal. Para kriminal tersebut biasanya melakukan kekerasan pada target yang dinilai lemah, contohnya wanita yang sendirian pada malam hari. Menurut ane, jika ingin pergi ke luar di malam hari baiknya jangan sendiri. Kalau sudah berkeluarga bisa bersama suami agar bisa dilindungi dari hal hal yang tak diinginkan. Kalau masih lajang bisa dengan banyak teman agar ada bantuan dari pihak lain jika terjadi kekerasan pada wanita tersebut.

4. Jangan Takut Untuk Meminta Pertolongan


Dan hal terakhir ini adalah hal yang bisa digunakan jika kekerasan itu sedang berlangsung. Biasanya, wanita yang sedang terkena kekerasan memilih sikap berpasrah karena terintimidasi oleh sang pelaku kekerasan yang menakuti mereka. Menurut ane, meskipun agak sedikit beresiko wanita lebih baik meminta pertolongan atau teriak jika sedang terancam. Hal ini bisa membuat konsentrasi sang pelaku kekerasan buyar, dan suara dari teriakan minta tolong akan menarik perhatian orang untuk menolong anda.

Nah, sekian aja thread dari ane gan. Ngomong ngomong soal Pilpres 2019, ane yakin pasti kedua paslon sangat mendukung gerakan anti kekerasan pada wanita. Namun, yang harus benar benar dilakukan para paslon jika terpilih adalah, memperkuat dan memperbanyak UU perlindungan untuk para wanita. Selain itu, paslon yang terpilih harus benar benar memberikan hukuman yang sangat berat untuk pelaku kekerasan pada wanita, karena hal itu akan membuat orang berpikir lagi untuk melakukan kekerasan pada wanita gan.

Sumber : Opini Pribadi + Google Images

Comments