4 Hal Yang Dapat Merusak Toleransi Antar Sesama Di Musim Pilpres


Hai agan agan. Izzy vgnc disini. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Namun, thread ane untuk hari ini adalah thread untuk mengikuti Kompetisi Kreator Kaskus : Beda Pilihan Tetap Toleran. Tepatnya, hari ini ane akan membahas beberapa perilaku negatif yang sering terjadi pada musim pilpres. Maka dari itu, berikut 4 Hal Yang Dapat Merusak Toleransi Antar Sesama Di Musim Pilpres !

1. Terlalu Sering Berdebat Politik Dengan Teman


Yang ane maksud debat politik disini bukan debat resmi yang ada di TV. Tapi, yang ane maksud disini adalah perbincangan politik dengan teman kita yang berbeda pilihan. Terkadang, ketika kita berbincnag soal pilihan presiden kita dengan orang yang berbeda pilihan, secara tidak sadar perbincangan itu bisa memanas dan mengarah menjadi debat. Nah, menurut ane kalau kita sering melakukan hal itu kita bisa merusak toleransi kepada teman yang berbeda pilihan politik. Karena saat berdebat mungkin kita secara tak sadar kerap meledek paslon lain dan membuat teman kita sensi gan.

2. Menghina Paslon / Pilihan Politik Orang Lain


Nah, hal kedua ini mungkin adalah pemicu terbesar rusak nya tolerasi pada musim pilpres. Terkadang, karena kita tidak suka dengan paslon yang tidak kita pilih, kita jadi menjelek jelekan paslon tersebut. Nah, masalahnya jika teman kita memilih paslon yang berbeda dan kita tetap hina paslon itu bisa bisa hubungan pertemanan bisa retak. Karena kadang orang bisa marah karena dihina pilihan politiknya. Maka dari itu, untuk menjaga toleransi jangan lah menghina paslon lain.

3. Menyebarkan Berita Hoax Terkait Pilpres


Hal buruk ketiga ini juga sedang trending dan hangat pada musim pilpres di negara ini. Banyak orang yang menyebar berita hoax terkait kedua belah paslon. Berita bohong tersebut bisa memicu kemarahan publik karena itu sama saja menipu orang lain dan bisa menyinggung salah salu paslon dan tentu saja itu merugikan. Menurut ane, kita harus berhenti menyebarkan berita yang tidak terbukti kebenarannya agar kita dapat menjaga toleransi gan.

4. Merusuhi Kampanye Orang Lain


Dan hal buruk terakhir ini merupakan salah satu hal yang paling annoying gan. Sebagai simpatisan, relawan, atau timses salah satu paslon pasti kita diperbolehkan untuk berkampanye di jalan. Namun, ada saja beberapa kasus yang diberitakan bahwa ada oknum yang mengacaukan salah satu kampanye oleh timses salah satu paslon. Dan akhirnya, kedua belah kubu menjadi ricuh. Hal hal tersebut tentunya dapat merusak toleransi antar sesama. Maka dari itu, kampanye lah dengan damai dan jangan menggangu orang lain.

Sumber : Opini Pribadi + Google Images

Sekian thread dari ane, maaf bila banyak salah kata. Thanks for reading

Comments