4 Hal Yang Memicu Seorang Pejabat Pemerintahan Untuk Melakukan Korupsi

Sebarkan Semangat "Generasi Anti Korupsi", Dapatkan Bonus 4000 Poin!

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan menulis untuk kompetisi Kaskus Kreator : Generasi Antar Korupsi. Nah, tentu saja di thread ini ane akan membahas tentang korupsi. Korupsi juga merupakan salah satu hal yang sudah sangat sangat sering terjadi dan umum di negara kita. Banyak oknum yang melakukan nya, namun yang paling mencolok berasal dari kalangan pejabat di pemerintahan. Nah, maka dari itu ane akan membahas mengapa sih pejabat pejabat pemerintahan bisa melakukan korupsi ?

1. Membayar Utang Pasca Kampanye


Sudah banyak kita ketahui bahwa seorang anggota DPR / Kepala Daerah / Kepala Negara pasti membutuhkan dana yang sangat besar untuk melakukan kampanye. Kampanye tersebut mereka lakukan agar dipilih banyak orang dan terpilih untuk masuk ke dalam pemerintahan. Nah, namun ada juga beberapa oknum yang sebenarnya melakukan kampanye dari uang hasil pinjaman bank yang banyak jumlahnya dan tentunya harus dikembalikan dalam waktu yg ditentukan. Kalau tidak denda besar akan terus bertambah. Salah satu cara mereka untuk membayar utang dan balik modal setelah terpilih itu ya korupsi. Jadi mereka korupsi agar mendapatkan uang untuk membayar uang pinjaman kampanye mereka.

2. Ingin Hidup Mewah


Alasan kedua ini juga cukup banyak kita temui. Banyak sekali pejabat yang hartanya luar biasa wah padahal jika kita selidiki gaji nya tak sebesar itu. Bahkan mereka tega melihat rakyatnya hidup miskin. Beberapa oknum tersebut banyak yang melakukan korupsi untuk memperkaya diri mereka bahkan untuk hidup mewah. Makanya, jika KPK sedang menggerebek terduga korupsi bisa kita lihat banyak rumah mewah hingga mobil mewah yang tersita oleh KPK. Mungkin alasan ini juga menjadi alasan ter umum untuk korupsi ya gan.

3. Tuntutan Istri


Nah, alasan ketiga ini juga tidak jauh beda dengan alasan kedua. Mungkin, ada beberapa pejabat yang sebenarnya ingin hidup apa adanya. Namun dilain sisi mereka memiliki istri yang konsumtif serta ingin terlihat mewah. Kasus ini cukup banyak terjadi, dimana banyak bertebaran istri pejabat yang hidupnya mewah. Nah, akhirnya para pejabat ini melakukan korupsi untuk memenuhi kebutuhan istrinya seperti untuk membeli tas mewah hingga barang barang branded lainnya. Nah, hal ini juya membuat suami menjadi menderita karena kelakuan istri nya.

4. Ikut Ikutan Pejabat Lain


Dan alasan terakhir adalah pengaruh dari lingkungan itu. Ada kutipan bahwa, jika seorang jujur masuk ke dalam politik ia tidak akan selamat kalau masih mempertahankan kejujuran nya. Ada banyak pejabat yang baru masuk politik dan sebenarnya jujur. Tapi saat mereka masuk ke dunia tersebut, merka melihat mayoritas rekan kerjanya melakukan korupsi dan ia diajak. Kalau pejabat yang tidak kuat pada pendiriannya tentu saja ia akan kebawa untuk melakukan korupsi. Mungkin untuk yang satu ini termasuk sulit untuk dihindari, karena kalau kita tidak ikut ikutan mungkin kita akan jadi bahan omongan.

Sumber : Opini Pribadi dan Media Berita lainnya

Nah, itu saja 4 Alasan / Pemicu terjadi nya korupsi di kalangan pejabat. Untuk agan agan yang sudah atau akan masuk ke dalam dunia pemerintahan dan politik ane harap bisa menghindari atau menahan diri dari 4 Hal diatas ya. Karena korupsi adalah dosa besar yang bukan hanya merugikan banyak orang tapi juga akan merugikan diri sendiri jika tertangkap.

Comments