Motif Motif Penyebab Kekerasan Pada Wanita + Cara Mengatasinya

Tuliskan Kepedulianmu untuk Stop Kekerasan Pada Wanita, Bonus 4000 Poin!

Hai internet, Havertz disini. Hari ini ane akan menulis thread lagi gan. Thread ini juga ane tulis untuk Kompetisi Kaskus Kreator : Stop The Violence. Tentunya, thread ini akan bertopik "Kekerasan Pada Wanita". Setiap kejadian buruk pasti ada motif penyebabnya. Maka dari itu, berikut Motif Motif Penyebab Kekerasan Pada Wanita.

1. Motif Permasalahan Rumah Tangga


Motif pertama ini mungkin menjadi motif "kekerasan pada wanita" yang paling banyak di temui. Yap, banyak sekali para suami yang emosi saat terjadi konflik di rumah tangga, salah satu contoh kasus nya adalah KDRT. KDRT sering sekali terjadi saat suami bermasalah dengan istrinya. Kadang karena istrinya membuat suami nya kesal gara gara ucapan. Kadang juga terjadi karena sikap suami yang tempramental. Untuk motif yang satu ini, cara mengatasi nya adalah saling merubah diri. Baik untuk suami maupun istri. Karena jika kedua belah pihak saling berubah, maka konflik macam KDRT bisa ditekan.

2. Motif Kriminal Ekonomi


Motif kedua ini biasanya sering kita temui saat kita berada di masyarakan secara umum. Kekerasan pada wanita juga banyak ditemui di tempat umum. Kekerasannya berupa tindak kriminal seperti penjambretan dan penodongan. Hal ini dilakukan para pelaku dengan motif ekonomi untuk mendapatkan harta sang korban. Para pelaku kekerasan tersbut juga tidak segan menyakiti wanita korbannya kalau melawan. Untuk motif yang satu ini cara menekannya adalah memperketat penjagaan oleh polisi di tempat umum. Jika polisi semakin berjaga di tempat umum, maka pelaku pelaku kekerasan ini bisa langsung diringkus.

3. Motif Dendam


Motif selanjutnya ini biasanya terjadi di lingkungan kerabat. Yap, kadang secara sadar atau tidak perbuatan kita bisa membuat hati orang lain terluka. Dan tidak jarang juga orang yang kita lukai hatinya menjadi dendam. Nah, dendam itu juga menjadi salah satu faktor yang paling berbahaya dalam terjadinya kekerasan. Karena, jika orang melakukan kekerasan, terutama pada wanita karena motif dendam, orang itu akan gelap mata bahkan bisa membunuh korbannya dengan kekerasan. Kalau yang satu ini cara menekannya harus dari diri sendiri gan yaitu mulai menjaga kata kata kita agar tidak menyakiti orang lain sehingga tidak terjadi dendam pada kita.

4. Motif Kriminal Asusila


Dan motif terakhir ini juga merupakan motif kriminal namun jauh lebih parah, yaitu Asusila. Yap, sudah sangat sering terjadi di negara ini kasus pemerkosaan yang berujung kekerasan dan pembunuhan. Pelaku pelaku kekerasan dalam motif ini mungkin sudah bisa dibilang sebagai yang paling jahat. Faktor terjadi nya motif yang satu ini adalah nafsu jahat sang pelaku. Cara menekan kasus dari motif ini adalah memperberat hukuman untuk sang pemerkosa, kalau bisa dibuat hukuman mati. Sehingga orang akan berpikir ulang jika ingin melakukan itu. 

Berhubung, sekarang sedang musim pilpres mungkin ane akan menghubungkannya dengan kasus kekerasan pada wanita yang cukup marak ini. Menurut ane, siapapun paslon yang akan memenangkan pilpres ini sangat wajib untuk memerhatikan kasus yang satu ini. Cara nya adalah, membuat perlindungan kaum wanita agar lebih kuat. Hukuman untuk pelaku kekerasan pada wanita juga harus semakin ditambah oleh para pemerintah.

Sumber : Opini Pribadi

Comments