"Saatnya Impian Jadi Nyata" : 4 Jenis Keberagaman Budaya Yang Ada Di Singapura


Source Gambar : https://www.newsbtc.com/2018/11/01/singapore-launches-token-day-to-bring-crypto-to-the-masses/

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan menulis untuk kompetisi Kaskus Kreator : Saatnya Impian Jadi Nyata tentang Singapura. Kali ini ane cukup senang gan, karena topik thread kompetisi nya cocok dengan topik favorit ane yaitu negara negara. Apalagi thread ane hari ini akan berbicara tentang negara yang ane sangat kagumi yaitu Singapura.


Singapura adalah negara yang terletak di Asia Tenggara. Singapura juga merupakan negara Termaju di Asia bersama Jepang dan Korea Selatan. Singapura juga menjadi panutan banyak negara di dunia soal kemajuan, kerapihan, dan juga toleransi antar golongan nya. Singapura juga sudah dikenal sebagai "melting pot" nya asia tenggara. Dimana di dalam negara ini diisi oleh orang dari berbagai negara. Maka dari itu, berikut 4 Jenis Keberagaman Budaya Yang Ada Di Singapura.

1. Keberagaman Suku Bangsa


Source Gambar : http://spj.hkspublications.org/2015/10/04/should-singapore-retain-or-stop-using-the-chinese-malay-indian-others-framework/

Nah, keberagaman pertama ini merupakan keberagaman yang paling terkenal dari Singapura. Singapura merupakan pusat dari melting pot di benua Asia. Artinya, Singapura menjadi negara bercampurnya kultur dari suku bangsa dan ras yang datang dari berbagai negara di dunia. Singapura diisi oleh orang orang dari Etnis Chinese yang datang dari China, Etnis Indian yang datang dari India, Etnis Melayu yang merupakan penduduk asli Singapura, Etnis Arab yang datang dari timur tengah, dan sedikit Etnis Kulit Putih yang datang dari negara negara Eropa dan Amerika. Hal ini terjadi karena banyak orang yang ingin hidup di Singapura dan pindah ke negara ini yang memiliki banyak daya tarik. Maka dari itu, orang dari berbagai negara ini bercampur menjadi satu, menjadi orang Singapura.

https://en.wikipedia.org/wiki/Demographics_of_Singapore

2. Keberagaman Agama


Source Gambar : http://www.sepaastravel.com/Page.aspx?src=41

Keberagaman berikutnya juga cukup spesial dan mungkin bisa menjadi teladan untuk negara kita. Singapura menjadi negara dengan "Keberagaman Agama" tertinggi di dunia. Artinya, tidak ada agama yang benar benar mayoritas di negara ini. Tercatat, Budha menjadi agama terbesar dengan 34%, Kristen dengan 18%, Ateis dengan 16%, Islam dengan 14%, dan Hindu dengan 5%. Dihuni oleh orang orang dari banyak agama yang jumlah nya yang cukup merata membuat toleransi beragama di negara ini cukup tinggi. Orang dari agama nya masing masing saling menghormati orang dari agama lain. Hal ini menurut ane cukup baik ditiru oleh Indonesia, dimana meskipun diisi oleh orang dari banyak agama kehidupan beragama di negara ini tetap toleran. Bahkan, setiap umat agama mulai dari Kristen, Buddha, Hindu, Islam, dan Ateis masing masing pernah menjabat menjadi presiden / perdana menteri Singapura.

https://en.wikipedia.org/wiki/Religion_in_Singapore

3. Keberagaman Bahasa


Source Gambar :  https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7e/MRT_emergency_plunger_warning_sign.jpg

Keberagaman ketiga ini ada kaitannya dengan keberagaman pada point pertama. Sama seperti Indonesia, banyak bahasa yang digunakan dan terdapat di negara Singapura. Namun, bedanya jika di Indonesia banyak terdapat bahasa daerah, di Singapura sendiri banyak terdapat bahasa dari berbagai negara. Bahkan bahasa bahasa ini menjadi bahasa sehari hari. Mulai dari Bahasa Mandarin yang dipakai paling banyak di negara ini yaitu sekitar 33%, lalu ada bahasa Inggris, Melayu, Hokkien, Tamil, dan bahasa India dan Arab. Maka dari itu, berkat keberagaman bahasa yang dimiliki negara ini, banyak orang Singapura yang fasih dalam lebih dari 1 Bahasa.

https://en.wikipedia.org/wiki/Languages_in_Singapore

4. Keberagaman Kuliner


Source Gambar : https://www.citynomads.com/5-unique-local-food-experiences-singapore/

Dan keberagaman terakhir merupakan keberagaman paling lezat yaitu keberagaman kuliner. Seperti yang telah ane jelaskan di awal. Sebagai negara melting pot, Singapura menjadi negara yang memiliki banyak budaya. Banyak orang yang datang dari negara asalnya membawa makanan khas dari berbagai negara. Maka dari itu, makanan khas Singapura bisa dibilang seperti makanan khas yang bercampur dari berbagai negara. Beberapa makanan khas Singapura diantaranya adalah : Nasi Hainan, Roti Prata, Char Kway Teow, Laksa, Popiah, Rojak, dan banyak lagi. Beberapa makanan tersebut ada yang diadaptasi dari makanan khas China, Arab, India, Melayu, dan lain lain.

https://www.sunburstadventure.com/makanan-khas-singapura-yang-lezat-dan-menggoda-selera.html

Sumber :

https://www.sunburstadventure.com/makanan-khas-singapura-yang-lezat-dan-menggoda-selera.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Languages_in_Singapore
https://en.wikipedia.org/wiki/Demographics_of_Singapore
https://en.wikipedia.org/wiki/Demographics_of_Singapore

Kenalan Sama TS :



4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments