"Saatnya Impian Jadi Nyata" : Singapura, Negara Dengan Keberagaman Agama Tertinggi


Source

Hai agan agan, izzy vgnc balik disini. Kali ini ane kembali menulis thread nih. Tapi, thread ini cukup spesial karena ane akan menulis untuk Kompetisi Kaskus Kreator : Saatnya Impian Jadi Nyata yang membahas tentang Keberagaman di negara Singapura. Kali ini, ane akan membahas suatu keberagaman yang cukup mencolok dari negara ini yaitu keberagman Agama.

Singapura kini menjadi contoh baik mengenai Toleransi Beragama. Bahkan, dilansir dari Pew Research Center bahwa Singapura merupakan salah stau negara dengan keberagaman Agama tertingi di dunia. Apa yang dimaksud dengan keberagaman Agama yang tinggi ?

Yang dimaksud dengan keberagaman agama yang tinggi adalah, hampir semua agama yang ada di Singapura memiliki jumlah yang merata. Alias, hampir tidak ada agama mayoritas di Singapura. Dan hebatnya, meskipun ada banyak orang yang berbeda beda agama di Singapura, kehidupan antar umat agama yang berbeda ini bisa dibilang cukup tentram.


Source

Kita mulai dari agama yang bisa dibilang terbesar di Singapura. Saat ini, agama terbesar di Singapura adalah Buddha. Agama Buddha datang ke Singapura dari orang orang China yang berpindah ke Singapura dan kini menjadi mayoritas disana. Sekitar 33% orang Singapura memeluk agama Buddha. Meskipun yang terbesar, agama Buddha belum bisa dibilang sebagai agama mayoritas karena persentase nya dibawah 50%. Rata rata pemeluk agama Buddha ini berasal dari Etnis China.


Source

Agama terbesar kedua di Singapura adalah Kristen. Agama Kristen dibawa oleh orang orang dari Eropa yang pindah ke Singapura ataupun yang menginjil. Singapura pun menjadi basis Kristen yang cukup kuat di Asia lantaran Singapura menjadi rumah dari Gereja pusat Protestan aliran Anglikan (Church Of England). Sekitar 19% orang Singapura beragama Kristen. Rata rata pemeluk agama Kristen ini berasal dari Etnis Eropa Pendatng dan Etnis China.


Source

Aliran kepercayaan terbesar ketiga di Singapura adalah Tak Beragama. Sebagai negara Sekuler, Singapura memperbolehkan orang untuk tidak beragama. Maka dari itu, cukup banyak orang yang memilih untuk tak beragama di Singapura bahkan menjadi yang terbanyak ke 3. Sekitar 18% orang Singapura tak memiliki agama. Salah satu tokoh terkenal Singapura yang dikenal tak memiliki agama adalah PM pertama mereka, Lee Kuan Yew.


Source

Agama terbesar ke empat adalah Islam. Islam yang merupakan agama terbesar di Indonesia juga memiliki pengikut yang cukup banyak di Singapura. Islam dibawa oleh orang Arab yang pindah ke Singapura serta kepercayaan asli orang Melayu di Singapura. Kini, sekitar 14% orang Singapura beragama Islam. Bahkan, presiden Singapura yaitu Halimah Yacob merupakan seorang Muslimah.


Source

Dan agama terbesar ke 5 dan ke 6 adalah Taoisme dan Hindhu. Agama Taoisme biasanya dipeluk orang dari Etnis China dan Etnis Myanmar. Sekitarr 11% orang Singapura bergama Taoisme. Dan Hindhu adalah agama yang dibawa dan banyak dipeluk oleh orang orang dari Etnis India yang jumlah nya cukup banyak di Singapura. Sekitar 5% orang Singapura beragama Hindu.

Toleransi beragama di Singapura dengan keberagaman yang tinggi ini baik untuk diconton Indonesia. Karena kita bisa hidup tentram secara berdampingan dengan orang orang yang berbeda agama. Bahkan, menurut pengakuan teman ane yang tinggal di Singapura, salah satu cara Singapura untuk menjaga kerukunan bergama adalah membatasi kegiatan keagamaan. Yang ane maksud bukan melarang dan mengekang, tapi kegiatan agama di Singapura hanya bisa dilaksanakan di tempat yang telah diatur.

Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Religion_in_Singapore

#visitsingapore

Comments