"Saatnya Impian Jadi Nyata" : Singapura, Negara Dimana Bahasa Dari Berbagai Negara Becampur

Hal agan agan semua di Kaskus. Ane, Havertz hari ini akan menulis thread gan. Kali ini thread ane akan mengangkat topik tentang negara tetangga kita. Oh iya, ini adalah thread untuk mengikuti kompetisi Kaskus Kreator : Saatnya Impian Menjadi Nyata. Hari ini ane akan membahas tentang Singapura. Tepatnya, ane akan membahas salah satu hal paling beragam di Singapura yaitu Bahasa. Di Singapura, banyak bahasa yang datang dari berbagai negara dan menjadi bahasa resmi di sana. Maka dari itu, Check this out gan !
Singapura kini dikenal sebagai negara imigran atau negara yang diisi oleh pendatang. Dan kini negara ini menjadi sangat maju. Sebagai negara imigran, tentunya kultur dan budaya di negara ini sangat lah beragam. Orang datang dari berbagai negara yang berbeda ke Singapura, membawa budaya asli mereka dan bercampur aduk di sini. Salah satu nya adalah bahasa.



Singapura dikenal sebagai negara multilingual karena ada beberapa bahasa yang menjadi bahasa utama dan banyak dipakai di Singapura. Bahasa bahasa ini datang dari berbagai negara yang berbeda beda. Ane mulai dari bahasa pertama yaitu :

1. Bahasa Inggris



Bahasa Inggris kini menjadi bahasa yang digunakan di seluruh dunia, apalagi Singapura. Sebagai negara yang diisi oleh orang yang berbeda ras bahasa Inggris bisa dibilang sebagai bahasa pemersatu. Karena bahasa inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di Singapura. Jadi, bahasa inggris ini memudahkan orang antar ras seperti China dan Melayu dapat berkomunikasi. Bahasa Inggris ini dibawa oleh Orang Orang dari Inggris yang menjelajah ke Singapura dahulu kala. Tercatat 37% bahasa yang dipakai di Singapura adalah Bahasa Inggris.

2. Bahasa Mandarin



Bahasa terbesar kedua di Singapura ini juga merupakan bahasa yang banyak sekali di pakai yaitu Bahasa Mandarin. Mayoritas orang Singapura saat ini berasal dari Etnis China yang datang dari China. Oleh karena itu banyak sekali orang di Singapura yang memakai bahasa Mandarin sebagai bahasa utama. Biasanya, mayoritas orang orang ini menguasai bahasa mandarin dan inggris. Bukan hanya dipakai untuk berbicara dengan sesama keluarga, bahasa Mandarin juga dipakai untuk berkomunikasi dalam masyarakat. Tercatat 35% bahasa yang dipakai di Singapura adalah Bahasa Mandarin.

3. Bahasa Melayu



Nah, bahasa terbesar ketiga ini bisa dibilang mirip mirip dengan bahasa kita yaitu Bahasa Melayu. Bahasa Melayu adalah bahasa yang dipakai oleh Orang Asli Singapura yang berasal dari Etnis Melayu, masih satu rumpun dengan orang Indonesia dan Malaysia. Karena persentase penduduk Etnis Melayu masih banyak, bahasa ini pun masih menjadi salah satu bahasa utama yang dipakai oleh antar orang Melayu. Tercatat 10,7% bahasa yang dipakai di Singapura adalah bahasa Melayu.

4. Bahasa Tamil



Dan bahasa terbesar keempat di Singapura datang dari India. Di Singapura juga terdapat banyak orang dari Etnis India. Mereka datang dari India dan pindah ke Singapura dan membawa budaya mereka. Kini, bahasa tamil juga menjadi salah satu bahasa utama di sini namun mayoritas pemakai nya hanya orang dari Etnis India saja. Tercatat 3,3% bahasa yang dipakai di Singapura adalah bahasa Tamil. Selain itu masih ada beberapa bahasa lain di negara singapura seperti Kanton dan Arab.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Singapore#Demographics

Sekian Thread Dari Ane. Mohon Kritik Dan Sarannya Gan !

Comments