Mantan Flagship Ter-Hot, Ini 4 Kelebihan Samsung Galaxy S9+ Dari iPhone X

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan membahas tentang smartphone. Yap, tepatnya smartphone yang sempat menjadi Raja Kelas Atas / Flagship tahun lalu. Apalagi kalau bukan 2 Smartphone kasta teratas tahun lalu dari dua Vendor Smartphone terbesar di dunia, Apple & Samsung ! Samsung sendiri memiliki perwakilan yaitu Galaxy S9+ dan iPhone X. iPhone X sendiri dirilis pada akhir 2017 sedangkan S9+ dirilis pada awal 2018. Maka dari itu kedua smartphone sultan ini menjadi dua smartphone yang saling head to head tahun lalu.


 Nah, kedua smartphone ini  juga tak lepas dari kekurangan yang jadi bahan "nyinyiran" dari kedua kubu. Kalau iPhone X dinilai dihargai kemahalan karena saat rilis harganya adalalah 18 Juta (Di Indo) dan gak ada headphone Jack. Selain itu S9+ juga memiliki 1 bahan nyinyiran kubu lawan yaitu design depan yang gak berubah dari S8+. Tapi, ternyata Samsung yang diniliai punya kekurangan minor itu memiliki banyak kelebihan dari sang super kompetitor. Maka dari itu, berikut 4 Kelebihan Samsung Galaxy S9+ Dari iPhone X.

Beberapa Point Disini Ane Ambil Dari Review Beberapa Channel Gadget Di Youtube Dan Pendapat Pribadi Ane

1. Display & Resolusi Layar


Sumber Gambar : Youtube K2 Gadgets

Pada point pertama ini memang udah terkenal banget ya kalo Samsung itu sangat jauh didepan iPhone. Yap, Samsung dikenal memiliki dan memproduksi panel layar yang dinilai terbaik di dunia yaitu "Super Amoled". Yap, tentu saja di Flagship mereka saat itu S9+, ponsel ini sudah dilengkapi dengan layar Super Amoled terbaik dari Samsung. Yang terkenal dengan tampilannya yang kontrasnya tajam dan kecerahannya yang tinggi saat dilihat dibawah direct sunlight. Selain itu, resolusi layar Samsung Galaxy S9+ juga menang jauh karena memiliki resolusi maximal mencapai WQHD+ / 2K. Maka dari itu, pada tahun 2018 layar dari S9+ disebut menjadi layar terbaik smartphone oleh DisplayMate.

Bagaimana dengan iPhone X ? iPhone X juga memakai panel layar buatan Samsung. Tapi, jelas beda nya yang dipakai di iPhone X lebih rendah karena hanya OLED. Masih dibawah Super Amoled. Soal resolusi, juga jelas dibawah karena resolusi maksimal layarnya hanya Full HD+. Memang sih, lebih hemat daya jatuhnya. Tapi, menurut ane seharusnya sebuah Super Flaghsip bisa menawarkan resolusi terbaik dan bisa diatur atur. Nah, pendapat ane juga sama dengan pendapat salah satu channel review gadget di Youtube yaitu K2 Gadgets. Menurut mereka display dari S9+ masih mengungguli iPhone X terutama saat dipakai di bawah direct sunlight. Dan ada additional features yang S9+ punya yaitu Curved Edge Screen yang tentu aja gak semua orang suka tapi tetap menambah kemewahan suatu Flagship.

2. Kamera


Sumber Gambar : Youtube DroidLime

Di point ke dua ane akan membahas soal kamera. Mmm, bisa dibilang kamera adalah salah satu aspek paling vital dalam sebuah flagship. Dan tentunya, kualitas dari kamera itu sendiri harus sangat baik. Secara umum, kamera belakang dari S9+ dan iPhone X sama sama sangat bagus. Tapi kalau ada yang mikir bahwa "kamera iPhone apalagi iPhone X itu paling bagus" mending cek cek internet atau coba sendiri lagi deh. Kalau dari jumlah resolusi dan jumlah lensa kedua smartphone bisa dibilang sama persis. Tapi, hasil tangkapan yang membedakan.


Sumber Gambar : IDNTIMES / CNET

Dari dua patokan yang ane punya, S9+ dinilai memiliki hasil kamera yang melampaui iPhone X. Pertama adalah website review kamera smartphpne yang terkenal banget yaitu DXOMARK. Yap, kalau dilihat dari hasil nilai oleh DXOMARK saja S9+ unggul sedikit dengan mendapat nilai 99. Sementara iPhone X mendapat nilai 97, yang bahkan cuma menang dikit dari iPhone 8 Plus yang dapet nilai 94. Gak mau cuma bandingin dari nilai aja, akhirnya ane nonton video dari Droidlime yang bandingin kedua smartphone ini. Dan overall, hasilnya S9+ unggul lagi terutama di sektor dynamic range, efek bokeh yang bisa diatur ulang, serta low light yang jauh menangnya karena S9+ punya Dual Apperature.

3. Biometrics (Secara Overall)


Sumber Gambar : Youtube K2 Gadgets

Selanjutnya ada salah satu fitur yang gak kalah penting yaitu fitur keamanan atau Biometrics. Sebagai smartphone Flagship, seharusnya opsi biometrics dari Flagship itu harus beragam. Tapi sayangnya, iPhone X cuma punya satu opsi yaitu 3D Face Unlock. Okey okey, agan agan pasti udah tau kalau face unlock di iPhone X lebih aman dari S9+. Tapi kenapa ane tetep bilang soal biometrics S9+ menang ? Ya tentu aja karena S9+ punya lebih banyak opsi daripada iPhone X. Mulai dari fingerprint scanner (yang udah gada di iPhone X), Iris Scanner (yang tentunya lebih aman dari face unlock S9+ tapi iPhone X juga gak punya), serta 2D Face Recognition. Jadi menurut ane keunggulan iPhone X di Face Recognition bisa dilampaui oleh S9+ karena memiliki dua opsi biometrics yang bisa dibilang juga aman.

4. Harga


Oke, bisa dibilang kalau Harga adalah faktor eksternal dari sebuah smartphone. Tapi ingat, harga menjadi hal yang paling menentukan bahkan menjadi deal breaker hampir semua orang dalam membeli smartphone. Oke deh, mungkin banyak yang bilang kalau udah di level flagship, perbedaan harga gak akan jadi masalah. Tapi, bisa dibilang untuk dua smartphone yang sekelas, harga dari iPhone X ini jauh banget dibanding S9+. Yap, bisa dibilang untuk mendapat smartphone yang sekelas bahkan dengan fitur, durability, dan fungsi yang lebih banyak S9+ menang karena menawarkan harga yang lebih murah, setidaknya saat launching.



Saat launching di Indonesia, iPhone X dijual dengan harga 18.000.000 untuk varian terendah yaitu 3GB Ram / 64GB Internal. Sementara saat launching di Indonesia, Samsung Galaxy S9+ dibanderol dengan harga 13.000.000 untuk varian terendah yaitu 6GB Ram / 64GB Internal. Namun, setelah melewati satu tahun dan iPhone sudah mengeluarkan iPhone XS dan Samsung mengeluarkan S10, tentunya harga kedua flagship ini turun. Kini, iPhone X memiliki harga sekitar 11.500.000 - 13.000.000 (3/64). Sementara kini harga S9+ ada di angka 9.500.000 - 11.000.000 (6/64). Harga tersebut adalah harga untuk Smartphone kondisi baru di marketplace marketplace yang sudah terpercaya

Nah, sekian aja gan beberapa point kelebihan dari Samsung Galaxy S9+ dari iPhone X. Mungkin untuk agan agan yang juga apple user dan kurang setuju bisa sharing di kolom komentar. Kesimpulannya, bisa dibilang target market dari kedua flagship ini hampir sama tapi ada bedanya. Kedua flagship ini sama sama ditujukan untuk orang orang di kelas atas / flagship user. Tapi bedanya dari penglihatan ane, iPhone X ini cenderung kebanyakan dipakai oleh para Seleb Seleb / Selebgram sampai Artis dan Youtuber. Sementara S9+ ini kebanyakan dipakai oleh orang orang kantoran Professional ataupun bos bos perusahaan yang memakai Smartphone nya kebanyakan untuk kerja. 

Sumber :

Opini Pribadi

Kenalan Sama Ane :




4 Rekor Indonesia Di Dunia


Comments