4 Aspek / Fitur Smartphone "Flagship" Yang Kini Mulai Ada Di Smartphone Kelas Menengah

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan kembali membahas tentang smartphone lagi gan. Tapi teptanya ane bukan membahas soal smartphone per smartphone atau review, tapi lebih ke "perkembangan" yang dialami smartphone dari zaman ke zaman dalam hal fitur.

Image result for pocophone and zenfone 5z

Yap, semakin ke sini, jaman semakin canggih, smartphone pun sebagai alat teknologi juga semakin canggih. Baik dari yang harganya murah sampai mahal. Nah, dulu ada beberapa fitur yang dianggap "mewah" pada smartphone karena hanya terdapat di smartphone flagship / mahal. Tapi kini ada beberapa fitur smartphone flasghip yang bisa diturunkan ke smartphone kelas menengah gan !

1. Processor / Chipset Kelas Atas


Nah, hal ini merupakan hal yang paling "signifikan" dampaknya menurut ane. Dan hal ini baru saja menjadi booming dan terealisasi pada tahun lalu. Yap, soal Chipset / Processor / Otak dan Dapur Pacu dari sebuah smartphone. Chipset mungkin dianggap sebagai bagian terpenting pada sebuah smartphone karena jelas doi berperan besar dalam hampir semua hal yang bekerja dalam smartphone. Nah, dulu smartphone kelas menengah hanya bisa mendapat chipset yang juga kelas menengah seperti Snapdragon 625 dan 660 yang jelas bukan yang tercepat. Namun, di tahun 2018 akhirnya harapan semua orang yang ingin merasakan performa terbaik dengan harga waras terwujud. Ada 3 Smartphone yang berhasil membawa Chipset Terbaik 2018, Snapdragon 845 di smartphone dengan harga murah yaitu Xiaomi Pocophone F1 (4,5 Juta), Asus Zenfone 5Z (6,5 Juta), dan OnePlus 6 (7,5 Juta).

2. IP Rating / Sertifikasi Tahan Air

Nah, berikutnya ada fitur yang hanya ada di smartphone kelas atas, namun kini juga bisa kita rasakan di smartphone kelas menengah. Tapi yang satu ini mungkin hanya bisa didapat di smartphone dari salah dua brand aja kayaknya gan (CMIW). Yap, fitur anti air. Fitur anti air / IP Rating ini dulu terkenal cuma ada di HP Mahal Sony lalu Samsung. Namun, dalam beberapa tahun kebelakang ada smartphone kelas menengah yang dapat merasakan fitur ini. Dan jelas dari Sony dan Samsung juga alias belum banyak didapat smartphone lain. Contohnya ada Sony Xperia M2 Aqua, Sony Xperia M4 Aqua, Samsung Galaxy A3,A5,A7 (2017), A8,A8+ (2018).

3. Design Mewah Berbody Kaca

Selanjutnya kita akan membahas body luar dari smartphone yang dulu cuma menjadi ciri khas hape mahal. Yap, body kaca. Jaman dulu smartphone kelas menengah cuma bisa punya body plastik dan pelan pelan naik menjadi alumunium. Dulu juga hanya sedikit smartphone yang berbody kaca dan pasti itu smartphone flagship seperti iPhone 4 Series (Pada Zamannya), Samsung Galaxy Note 5 - 9 dan S 6 - 10, Serta Sony Xperia Z5. Nah, kini bersyukurlah karena smartphone 2 Jutaan pun sudah berbody kaca (beneran) meskipun tetap lebih banyak yang memakai body Polycarbonate dan Glasstic. Nah, ini beberapa smartphone kelas tengah termurah yang punya body kaca : Redmi Note 7, Honor 9 Lite, Honor 9i, Zenfone 3.

4. Poni / Notch

Kalau yang ini mungkin rada maksa dan lucu sih gan, tapi kalau dipikir pikir pas awal ada poni hal ini cuma ada di hape mahal gan hehe. Yap, notch awalnya hadir pada Essential Phone dan Smartphone dari Sharp, lalu menjadi hype pada iPhone X. Dan saat itu poni menjadi ciri khas HP Mahal karena hanya ada di iPhone X. Namun enggak pake lama langsung banyak banget brand smartphone Android yang ikut ikutan memakai poni pada layar smartphone nya agar terlihat kekinian. Dimulai dari Asus Zenfone 5, Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite, Xiaomi Mi A2, Pocophone F1, dan Honor 9i

Sumber : Opini Pribadi + Phonearena Images


Comments