4 Permainan Tradisional Paling Asik Yang Menemani Masa Kecil Ane

Hai agan agan serta sista sista, ane izzy vgnc. Hari ini ane akan menulis thread lagi nih. Hari ini ane akan menulis untuk kompetisi KASKUS KREATOR - Nostalagia Masa Kecil. Dan tentunya ane akan menuliskan tentang tema pertama yaitu permainan masa kecil kita. Memang, mungkin anak anak masa kini sudah sulit dipertemukan dengan permainan tradisional. Tetapi seengaknya generasi senior seperti kita masih punya cerita soal itu. Maka dari itu, ini gan 4 Permainan Tradisional Paling Asik Yang Menemani Masa Kecil Ane.

1. Gasing

Permainan pertama ini biasanya ane mainkan bareng temen temen. Yap, gasing. Permainan ini cukup akrab dengan ane karena ane sendiri adalah anak laki laki. Dulu ane dan beberapa teman ane berkumpul di lapangan beton / halaman rumah untuk bermain gasing. Caranya mudah gan, kita cuma perlu memutarkan gasing kita lalu gasing kita kan beradu dengan gasing lain yang juga sedang berputar. Dan yang menang adalah yang berputar paling lama / paling terakhir berhenti gan.

2. ABC Lima Dasar

Kalau permainan kedua ini adalah permainan yang biasa dilakukan ane dan teman teman semasa SD. Permainan ini juga cukup mengasah pengetahuan. Namanya ABC Lima Dasar. Caranya mudah, kita hanya perlu menyodorkan jari kita, lalu total jari akan dihitung melalui alfabet. Dan jika jari terakhir merupakan jari ke 10 atau huruf J, maka kita harus menyebutkan sesuatu yang dimulai dengan huruf J. Kalau yang ini biasanya ada tema nya di setiap permainan.

3. Kucing Dan Tikus

Selanjutnya ada permainan yang enggak kalah asik gan, malah menurut ane paling asik. Namanya Kucing Dan Tikus. Jadi cara mainnya, beberapa anak membuat lingkaran dan saling bergandengan. Lalu ada dua anak lagi. Yang satu jadi kucing dan yang satu jadi tikus. Nah, mereka berdua akan saling berlari dan mengejar dengan cara melewati lingkaran yang dibatasi oleh tangan tangan peserta lain. Kadang untuk menyulitkan sang kucing / tikus kita bisa saja menutup lingkaran dengan menurunkan tangan.

4. Gundu / Kelereng

Dan permainan terakhir ini adalah permainan yang populer banget. Dulu ane pernah beberapa kali main ini, tapi karena sering kalah jadi jarang. Yap, permainan ini bernama gundu yang dikenal memakai kelereng. Jadi cara mainnya kita dan teman teman kita akan mengumpulkan kelereng kita di suatu titik. Lalu kita akan dibekali satu kelereng untuk kita sentil menuju kumpulan kelereng yang sudah kita susun. Jika sentilan kita pas dan berhasil membuat kelereng keluar, maka kelereng itu bisa jadi milik kita gan.

Sumber : Pengalaman Pribadi + Gambar Dari Internet

Comments