Lahir & Besar Di Ibukota, Ini 4 Permainan Tradisional Jakarta Yang Ane Pernah Rasakan

Jangan Lewatin Kesempatan Buat Dapet 10000 Koin di Thematic Event Kali Ini Gan!

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Akhrinya nih ye gan ada event lagi hehe. Dan event nya dua lagi. Nah, kali ini ane mau nulis untuk event pertama yaitu tentang "Nostalagia Masa Kecil" yang tentu saja membahas tentang permainan masa kecil saja.

Ane sendiri sudah termasuk generasi Millenial karena jelas ane lahir tahun 2002. Ditambah lagi ane lahir dan menghabiskan masa kecil di Ibukota Jakarta meskipun ane sendiri kini tinggal di Bandung. Memang sih, kini permainan permainan tradisional yang asik ini udah mulai pudar. Tapi bersyukur sebagai anak muda, ane pernah merasakan beberapa dari permainan tersebut dan ini dia 4 Permainan Tradisional Jakarta Yang Ane Pernah Rasakan !

1. Bentengan

Image result for permainan bentengan


Nah, kalau permainan yang satu ini cukup sering ane rasakan. Tentunya karena sering dimainkan saat pelajaran Olahraga semasa ane SD. Agan agan pasti sudah familiar deh sama game ini. Yap, bentengan. Bentengan sendiri tuh merupakan permainan yang membutuhkan stamina dan juga kecepatan dan ketangkasan. Jadi kalau dulu pas ane main, ane ingat ane diharuskan untuk menjaga base / benteng ane agar gak disentuh lawan dan ane harus bisa lari ke base / benteng lawan dengan cepat dan sigap tanpa disadari / disentuh oleh lawan ane. Permainan ini juga bermanfaat dan menyehatkan. Maka dari itu, permainan ini sampai masuk ke dalam bagian pelajaran Penjaskes di SD.

2. Gasing

Permainan kedua ini juga terkenal dan mainstream kok gan. Yap gasing atau gagasingan. Yang ane maksud adalah gasing tradisional yang terbuat dari kayu ya. Media permainan ane dulu biasanya di teras rumah gan. Jadi kita memainkannya bersama teman teman, tapi gak terlalu banyak. Tujuannya kita harus memutarkan gasing kita, lalu diadu dengan gasing lain teman kita. Dan yang menang adalah yang bisa bertahan lama berputarnya. Namun seiring berjalannya waktu, ane yang suka main gasing tradisional mulai beralih ke beyblade gan dulu hehe.

3. Dampu

Gambar terkait


Selanjutnya ada permainan yang terkenal dengan bentuk lintasan atau media kita akan bermain. Yap, Dampu. Kalau ane dulu main ini di lapangan aspal / beton. Dimana kita membuat / menggambar lintasannya dengan kapur serta diberi beberapa nomor. Sebelum mulai, biasanya kita melempar puing genteng kecil dan yang paling jauh yang mulai duluan. Para pemain harus berjalan engkle melewati batu yang berada digaris hantam, lalu kembali ke garis start sambil mengambil batu yang tadi ia lempar gan. Kalau yang ini ane jarang jarang mainnya gan.

4. Gundu



Dan terakhir ada permainan anak anak paling terkenal nih gan, sepertinya ada versi yang berbeda beda di setiap daerah. Dan ini adalah gundu. Yap, simple permainan gundu adalah permainan saling sentil kelereng yang dimainkan bersama teman teman. Nah, cara nya kita mengumpulkan kelereng kita secara bersamaan di satu titik, lalu setiap pemain punya 1 kelereng untuk disentil. Nah, kelereng yang kita sentil jika kena kelereng yang dikumpulkan dan keluar dari titik tersebut, maka kelereng yang keluar itu akan jadi milik kita. Mayan sih, biasanya bisa kita jual lagi hehe

Sumber : Opini Pribadi + Google Images

Comments