Beberapa Makna Filosofis Yang Terpancar Dari Kebaya

Ceritakan Pendapat Elegannya Kebaya Versi Agan dan Dapatkan Koin Bonusnya

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan menulis tentang topik yang belum pernah bahas. Yap, ane akan menulis tentang topik ini karena tentunya ane ingin ikut Event dari Kaskus Kreator : Kebaya Elegan Ala Indonesia. Dan di thread ini ane mencoba menulis soal makna makna tersirat yang terpancar melalui kebaya itu sendiri.

Jadi, kebaya itu adalah pakaian tradisional berupa blus yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, dan songket yang warna warni. Kebaya sendiri identik dengan wanita, karena pakaian ini telah digunakan oleh para wanita Indonesia sejak zaman dahulu. Menurut ane pribadi, kebaya mengeluarkan sisi cantik dan anggun seorang wanita dengan sederhana. Nah gan, ini ada lagi gan nilai dan makna filosofis yang terpancar dari kebaya !

1. Kesederhanaan



Makna filosofis pertama yang dipancarkan dari Kebaya muncul dari penampakan langsung alias designnya sendiri. Kebaya pada umumnya berbeda dengan gaun gaun wanita khas negara barat yang penuh ornamen meriah yang menimbulkan kesan mewah. Kebalikannya, design sederhana nan polos kebaya menurut ane memancarkan tampilan merakyat dan simple namun elegan dari seorang wanita yang memakainya. Apalagi jika dipadukan dengan rok batik yang bermotif simple. Memang tak semua kebaya bermotif dan design simple, contohnya kebaya yang dipakai untuk pernikahan.

2. Lemah Lembut



Makna filosofis kedua dari kebaya muncul dari sizing kebaya pada umumnya. Yap, lemah lembut dari kebaya terpancar dari ukurannya yang kecil dan sempit sehingga membuat gerak wanita yang memakainya akan terbatas. Nah, hal itulah yang membuat wanita yang memakai kebaya berperilaku lemah lembut dan tidak banyak tingkah. Meskipun berukuran sempit, kebaya tidak bersifat ketat yang malah menunjukkan lekuk tubuh dari wanita yang memakainya. Sehingga, nilai kesantunan masih terpancar kental dari Kebaya.

3. Serba Guna



Selanjutnya ada hal yang lebih mengarah dari fungsi kebaya itu sendiri. Menurut ane, kebaya adalah pakaian yang serba guna untuk wanita. Serba guna yang ane maksud adalah cocok atau pas untuk dipakai pada acara apa saja. Contohnya, untuk acara formal seperti wisuda dan pernikahan kebaya sudah banyak digunakan. Lalu untuk acara kumpul keluarga tentu saja kebaya merupakan pakaian yang pas. Serta kini kebaya juga sudah banyak diwajibkan untuk menjadi seragam siswa putri satu minggu sekali dari SD hingga SMA. Hal itu bisa terjadi karena design kebaya yang netral, tak neko neko dan tetap anggun untuk wanita.

4. Penurut



Dan terakhir, ada makna filosofis dari kebaya yang tumbuh dari gabungan makna pertama dan kedua. Yap, karena kebaya itu bersifat sederhana serta lemah lembut, tentu saja sifat nurut dari seorang wanita akan terpancar. Karena kebaya itu memancarkan sifat gak neko neko dan gak kebanyakan gaya dari seorang wanita. Selain itu, kebaya juga paling cocok dipadukan dengan riasan wajah natural pada wanita.

Sumber : Opini Pribadi + Refrensi dari InspiratorFreak.com

Comments