Rasisme, Perilaku Gak Berguna Namun Terus Berkembang

Kita Semua Bersaudara. Junjung Persatuan Indonesia, Stop Rasisme



Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan. Kali ini ane akan membahas suatu peristiwa yang cukup menyedihkan, dan tentunya menimpa negeri kita ini. Yap, peristiwa rasisme kembali terjadi di negeri ini dan sedihnya saudara kita dari Papua yang menjadi korbannya. Maka dari itu, di thread ini ane akan menyampaikan pendapat ane soal rasisme gan.



Rasisme itu apa sih ? Kalau secara singkat dan sederhana rasisme itu tindakan suatu golongan yang menghina atau merendahkan golongan lain karena faktor faktor tertentu. Bisa karena kecemburuan, dendam masa lalu, ataupun guyonan. Intinya rasisme itu 100% tidak ada bagusnya. Bukan hanya di Indonesia, rasisme pernah terjadi diseluruh belahan di dunia ini.



Perbedaan warna kulit, perbedaan agama, dan status minoritas - mayoritas merupakan sasaran empuk bagi para pelaku rasis. Orang yang warna kulitnya lebih gelap sering sekali menjadi bahan hinaan orang yang kulitnya berwarna lebih terang. Bukan hanya itu, orang yang menganut agama yang beda dengan kebanyakan orang pada suatu wilayah juga jadi korban penghinaan. Terjadi di Indonesia, dan terjadi di banyak negara ?

Jadi kenapa orang orang banyak melakukan tindakan rasisme ? Mereka melakukan itu agar mereka terlihat lebih superior, lebih berkuasa, dan merasa golongannya lebih benar dan lebih baik. Apakah segala upaya rasisme yang mereka lakukan benar benar membuktikan semua itu ? Jelas tidak
Tindakan rasisme yang sifatnya menghina dan melecehkan golongan lain jelas tak membuat golongan sang penghina lebih tinggi derajatnya dibanding target rasisme mereka. Karena omongan bernada rasis yang dikeluarkan bagaimanapun ceritanya tidak ada maknanya. Ujaran kebencian maupun rasisme yang keluar dari mulut para oknum rasis membuktikan bahwa mereka ingin menjadi lebih tinggi derajatnya namun tak bisa berbuat apa apa maka hanya omongan buruk yang bisa mereka keluarkan.
Namun, kenapa rasisme tetap menjamur meskipun tidak ada gunanya ? Menurut ane hal itu terjadi karena pola pikir kolot yang terus terpelihara hingga kini. Yap, masih banyak banget oknum dari berbagai golongan yang menganggap omongan yang merendahkan itu bisa menaikkan derajat mereka. Apalagi kalau sampai sang korban merasa rendahh diri. Padahal omongan mereka itu hanyalah sampah tak bernilai. 
Jadi solusinya bagaimana gan ? Bagi ane, untuk para pelaku rasisme coba deh sadar diri. Tuhan menciptakan semua manusia dari setiap golongan itu sama. Mau warna kulit terang kek, mau warna kulit gelap kek, mau agama a, agama b, agama c, semuanya sama rata. Karena tidak ada satu golongan pun yang superior secara mutlak. Dan ingat omongan orang yang merendahkan orang lain itu gak ada nilainya
Dan untuk para korban rasisme ? Mungkin untuk dilakukannya agak berat karena tentu setiap korban rasisme akan tergores perasaanya karena ujaran kebencian. Namun, menurut ane coba kuatkan dalam hati dan pikiran, omongan orang itu 100% enggak akan berpengaruh ke dalam kehidupan kalian. Gak mungkin cuma gara gara dihina, harga diri kalian auto turun. Kuatkan dalam hati dan berdoa, Tuhan pasti akan membalas dengan lebih keras.

Sumber : Opini Pribadi Ane

Comments