Negara Penghasil Fisikawan ! Ini Gan Deretan Ilmuan Fisika Asal Jerman

5 Negara Paling Individualis Di Dunia

Hai agan agan, balik lagi sama ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan membahas sesuatu yang cukup berhubungan sama apa yang ane pelajari di sekolah, dan tentu, mungkin hal ini bisa disebut "public enemy" kebanyakan siswa hehe. Apalagi kalau bukan soal pelajaran Fisika. 

Image result for german scientists monument

Yap, pelajaran Fisika memang banyak dianggap sebagai pelajaran tersulit di bangku sekolah (kebanyakan bilang gitu). Namun, Fisika juga menjadi disiplin ilmu yang sangat sangat sangat terpakai di dunia kerja dan kehidupan nyata (gue harus ngakuin ini even gue benci fisika). Dilihat dari banyaknya jurusan kuliah yang dasarnya dari Fisika. Dan ngomong ngomong soal bagian dari IPA, tentu saja ilmuan adalah hal yang tak terlepaskan. Dan biasanya setiap cabang dari IPA memiliki banyak ilmuan yang berasal dari negara yang sama. Jika Ilmuan Kimia kebanyakan dari Perancis, maka kini ane akan membahas negara yang banyak menghasilkan ilmuan Fisika yaitu Jerman !

1. Albert Einstein

Image result for albert einstein nobel

Siapa yang enggak tahu tokoh bersejarah yang satu ini. Kini semua umat mengenalnya sebagai ilmuan paling terkenal sepanjang sejarah. Dan, ini dia Albert Einstein. Albert Einstein adalah ilmuan asal Ulm, Jerman kelahiran 14 Maret 1879. Dilansir dari Wikipedia, Einstein memang merupakan seorang yang sudah brilian sejak kecil. Ia sudah mahir dalam matematika dan fisika sejak berusia 12 Tahun, bahkan di usia yang sama ia juga berhasil membuktikan kebenaran dari Teorema Pythagoras. Bakat yang ia punya semasa kecil pun terus ia asah hingga ia menuai hasil yang sangat sangat besar bahkan bukan hanya untuk dia tapi untuk orang banyak. Einstein adalah ilmuan yang banyak bergerak di bidang Fisika terutama soal Gravitasi dan Relativitas. Kini, selain memajukan ilmu pengetahuan di dunia, sepanjang tahun 1920 - 1999 ia telah meraih banyak penghargaan yaitu Nobel Fisika, Medali Max Planck, hingga Member Of The National Academy Of Science.

2. Johannes Kepler

Related image

Selanjutnya ada Ilmuan yang hidup tiga abad dibelakang Einstein, namun kini teori serta ilmunya tetap dipelajari dan sangat bermanfaat. Yap, beliau adalah Johannes Kepler. Johannes Kepler adalah ilmuan asal Weil Der Stadt, Roman Empire yang kini menjadi bagian dari Kota Stuttgart. Ia lahir pada tahun 1571. Selain merupakan ilmuan Fisika, ia juga mendalami ilmu matematika. Ladang ilmu yang ia dalami di Fisika adalah Astronomi dan Astrologi. Maka dari itu, di bangku sekolah jika kita belajar fisika maka akan banyak tersebut yang namanya "Hukum Kepler". Dari banyak teori yang ia ciptakan, ia pun membuat banyak buku yang merangkum semua itu. Kepler juga merupakan ilmuan yang menginspirasi / influenced by one of the greatest Physics Scientist in the world too, Sir Isaac Newton.

3. Max Planck

Image result for max planck nobel prize

Berikutnya ada ilmuan yang era nya gak beda jauh dengan Einstein dan namanya juga legendaris hingga kini. Yap, beliau adalah Max Planck. Max Planck adalah ilmuan fisika asal Jerman yang berasal dari kota Kiel dan lahir pada tahun 1858. Planck adalah alumni dari Ludwig Maximillian University (LMU Munich) Yang kini merupakan universitas terbaik di Jerman. Meskipun kini ia dianggap sebagai ahli fisika, dahulu semasa muda ia juga memiliki bakat hebat dalam bermusik seperti bermain piano, cello, dan organ. Namun, saat itu ia lebih memilih untuk menekuni bakatnya di Fisika. Dan kini, bakat yang ia asah dan usahakan berkembang bahkan menjadi maju dan bersejarah. Kini ia menjadi ilmuan yang sangat dihargai dan mendapat banyak penghargaan seperti Goethe Prize, Lorentz Medal, dan Nobel Fisika.

4. Wernher von Braun

Image result for wehner von braun rocket

Dan pada nomor terakhir ada ilmuan dan penemu asal Jerman yang juga memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat sama seperti Einstein. Ia adalah Wernher Von Braun. Wernher Von Braun lahir di Wirsitz, Jerman pada tanggal 23 Maret 1912. Ia merupakan ilmuan yang berkecimpung di Bidang Astronomi. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai  ilmuwan roket Jerman-Amerikainsinyur ruang angkasaarsitek ruang, dan salah satu tokoh terkemuka dalam pengembangan teknologi roket di Jerman Nazi selama Perang Dunia II dan, kemudian, di Amerika Serikat. Bahkan, Braun pun menjadi insinyur roket paling penting pada abad ke 20. Salah satu Roket buatan nya yang paling terkenal adalah V-2. Von Braun pun meninggal di Virginia, Amerika Serikat pada usia nya yang ke 65 akibat kanker pankreas.

Sumber : Wikipedia + Ranker + Pelajaran Fisika Di Sekolah

Kenalan Sama TS : 

Comments