Mengenal Jl Progo, Senopati-Nya Bandung Yang Dipenuhi Wisata Kuliner Kekinian



Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane tentunya akan membahas hal yang cukup ane sering tulis di bulan ini, dan berbeda dari bulan bulan sebelumnya. Yaitu tentang kuliner. Yap, karena lagi cukup sering explore soal kuliner makanya pingin nulis soal ini. Di thread sebelumnya ane sudah membahas soal Wisata Kuliner Kekinian / Tongkrongan yang ada di Jakarta Selatan, tempat yang cukup sering ane kunjungi untuk main. 



Senopati, Jakarta Selatan - Dokumentasi Pribadi

Nah, salah satu nya ane mention satu lokasi yang cukup terkenal dan ane pernah sambangi juga yaitu Senopati. Nah, dari sana ane ingat di kota ane tinggal saat ini yaitu Bandung yang mirip mirip dengan Senopati. Tempat ini diisi banyak tempat makan dan ngopi dengan nuansa dan tipe yang mirip dengan senopati, tapi dengan harga yang terjangkau. 

Hasil gambar untuk jl progo bandung

Yap, lokasi ini bernama Jl. Progo. Daerah ini terletak di dekat Jl, Citarum dan Jl Banda yang juga dekat dengan gedung sate / pusat pemerintahan Jawa Barat. Bisa dibilang ada di Bandung Pusat Gan (meskipun kecamatannya Bandung Wetan namanya). Nah, selain memiliki kesamaan objek wisata dengan Senopati, Progo juga bisa dibilang sebagai daerah yang cukup "bagus dan strategis" di Bandung. Maka dari itu, mari Mengenal Jl Progo, Senopati-Nya Bandung Yang Dipenuhi Wisata Kuliner Kekinian. Di sini ane akan membahas sekitar 4 - 5 Kafe / Restoran Yang Ada Di Progo Bandung !

1. Sejiwa Coffee

Gambar terkait

Di nomor pertama ane akan membahas soal "spot" yang bisa dibilang paling terkenal yang ada di daerah ini dan bisa dibilang sebagai salah satu Coffee Shop paling terkenal di Kota Bandung. Yap, Sejiwa. Sejiwa ini adalah Coffee Shop yang terletak di Jl. Progo No. 15. Bisa dibilang perumpamaannya mirip Anomali Coffee kalau di Senopati. Sejiwa menjual berbagai jenis kopi dari yang paling basic sampe biji bijinya. Mulai dari Es Kopi Susu, Baileys Latte, sampai berbagai Biji Kopi Impor dan Lokal. Selain itu Sejiwa juga menjual berbagai jenis dessert seperti Pancake, Ricotta, Baguette, Omlette, hingga Wings dan Smoked Beef. Yap, hampir semua makannanya bernuansa barat. Selain itu, Sejiwa juga terkenal dengan interiornya yang cukup simple, rapih, dan dominan berwarna putih. Baristanya juga khas dengan berpakaian seragam ala "orang lab". Dan yang cukup terkenal soal Sejiwa adalah, Presiden Jokowi pernah kesini (emang sering dijadiin tagline andalan dah wkwk). Untuk harga, mirip juga dengan Anomali tapi sedikit lebih murah. Sebagai contoh Es Kopi Jiwa dijual dengan harga 35K, Ice Baileys Latte dijual dengan harga 45K, Affogato dijual dengan harga 36K dan untuk makanan, Choco Nut Pancake dijual dengan harga 40K dan Wings & Sausage dijual dengan harga 60K.

2. Please Please Please

Hasil gambar untuk please please please

Selanjutnya ada cafe yang bisa dibilang sebagai salah satu Cafe paling terkenal di Bandung. Cafe ini juga memiliki ciri khas terteranya quotes di bagian depan dalam cafe ini. Yap, Cafe ini adalah Please Please Please. Please Please Please ini terletak di Jl. Progo no. 37. Sedikit berbeda dengan Sejiwa, Cafe ini bukan cuma menjual Kopi secara mayoritas. Disini juga banyak pilihan Susu dan Cheese Tea. Selain itu pilihan makanannya juga cukup beragam. Dari yang lokal sampai mancanegara. Contohnya yaitu Bakmie Ayam Jamur, Beef Bacon Kwayeteow, Nasi Daun Jeruk, Salmon & Edamame Bowl, dan Thai Basil Chicken with rice. Yap bisa dibilang, kalau mau "sedikit" lebih kenyang tapi tetap bisa nongkrong di Cafe ya tempat ini bisa jadi pilihan. Interiornya terasa cukup calm dengan dominasi warna pastel, serta diisi beberapa lampu unik dan poster jadul. Tempat ini juga sering banget dijadikan spot foto untuk anak anak Bandung, Untuk harga, sedikit lebih terjangkau dari Sejiwa. Es Kopi Progo dijual dengan harga 25K, Ice Cheese Tea dijual dengan harga 35K, Brownsugar Milk dijual dengan harga 35K. Lalu untuk makanan, Nasi Daun Jeruk Dengan Cumi dijual dengan harga 29K dan Bakmie Ayam Jamur seharga 25K.

3. Byron Selective

Gambar terkait
Berikutnya ada restoran yang dekat Jalan Banda, dan juga merupakan restoran yang satu group dengan salah satu studio foto terbesar di Indonesia yaitu Jonas Photos. Tempat ini bernama Byron Selective. Byron Selective terletak di Jl. Progo No. 2. Byron Selective ini kebanyakan menjual makanan yang tentunya bernuansa barat. Harganya cukup sedikit pricey namun saat ane baca ulasan di pergi kuliner ternyata porsinya cukup besar. Yap, makanan makanan yang dijual disini adalah Smoked Chicken Benedict, Chicken Wings, Panini Chicken Pesto, hingga steak steak seperti Rib Eye, Striploin, Salmon Steak, dan Chicken Steak. Untuk minuman, variasi nya gak terlalu banyak. Ada aneka Jus dan Yoghurt. Menurut ane, kalau kuliner yang ingin dituju adalah makanan, tempat ini menurut ane paling pas. Bernuansa cukup western, menyediakan makanan dari quick bites (cemilan) sampai makanan berat seperti steak. Untuk harga makanan, sebagai contoh Spicy Chicken WIngs dijual dengan harga 45K, untuk steak bisa dibilang harga standar steak house. Rib Eye dijual dengan harga 140K, Striploin dengan harga 135K, dan Chicken Steak dengan harga 68K. Untuk interior, Byron ini identik dengan kata hijau. Bukan warnanya, tapi keberadaan banyak pohon mulai dari luar hingga dalam resto ini. Nuansanya tetap santai meskipun sedikit lebih formal daripada dua tempat diatas.

4. Kedai Kopi Kulo

Gambar terkait

Dan terakhir, tempat ngopi yang cukup terkenal, rame, dan sangat terjangkau. Yap Kedai Kopi Kulo. Kedai Kopi Kulo ini tersebar di berbagai kota di Indonesia dan mungkin bisa dibilang sebagai yang paling banyak outletnya di Indonesia bersama Janji Jiwa. Yap, Kedai Kopi Kulo ini terletak di Jl. Progo No. 25. Seperti namanya, Kedai Kopi Kulo menjual kopi yang tentunya Es Kopi Susu beserta minuman lainnya dalam cup. Harganya bisa dikatakan murah. Contohnya, Es Kopi Susu dijual dengan harga 15K, Es Kopi Item 12K, Affogato 27K, Cookies dan Cream 23K dan Es Kopi Keju 15K. Untuk porsi dan rasa, sesuai dengan standar rata rata kedai Kopi Susu Kekinian di Indonesia, namun bisa dibilang Kulo yang paling murah. Bisa dibilang kalau di Senopati ini mirip Kopi Selatan Jakarta dan bahkan ada juga Kulo Senopati. Nah, untuk tempatnya cukup kecil. Tersedia satu ruangan pos diluar gedung untuk membuat kopi dan teresedia sedikit meja dan kursi untuk minum. Jadi kalau rame gak bisa nongkrong dan harus takeaway.

Sumber :

Pengalaman Pribadi
GO FOOD
Google Maps
Google Images


Comments