4 Kecamatan Dengan Perbandingan / Rasio Jumlah Gereja & Masjid Yang Hampir Berimbang

4 Super Big Match Pada 16 Besar Liga Champions Musim Ini !

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi gansist. Kali ini ane akan membahas tentang data / statistik tentang kota terbesar di Indonesia. Yap, Jakarta. Jakarta sebagai kota terbesar di Indonesia tentu terkenal akan keberagaman / heterogenitasnya dari berbagai golongan. 

Hasil gambar untuk masjid istiqlal dan gereja katedral"

Yap, banyak orang dari berbagai agama bersatu di Kota Jakarta. Maka dari itu, di Jakarta tersedia semua rumah ibadah dari berbagai agama. Nah, meskipun Jakarta masih mayoritas beragama Islam (83%), ada beberapa kecamatan di Jakarta yang memiliki perbandingan jumlah masjid dan gereja yang berimbang. Maka dari itu, ini gan 5 Kecamatan Dengan Perbandingan / Rasio Jumlah Gereja & Masjid Yang Hampir Berimbang !

1. Taman Sari, Jakarta Barat

Hasil gambar untuk rumah ibadah di glodok"

Kecamatan pertama yang akan ane bahas adalah kecamatan yang biasa disebut sebagai "Pusat Pecinan" / Kawasan Chinatown di Jakarta Barat dan juga salah satu yang paling terkenal di Jakarta. Kecamatan Taman Sari. Taman Sari adalah kecamatan yang terletak di Bagian Paling Timur Jakarta Barat dan berbatasan langsung dengan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Beberapa kelurahan yang terkenal sebagai daerah pecinan di Taman Sari adalah Glodok, Pinangsia, dan Mangga Besar. Sebagai kecamatan yang terkenal dengan daerah Pecinan, Taman Sari memiliki jenis rumah ibadah yang heterogen. Sebut saja, terdapat 28 Vihara di Taman Sari, dan bisa dibilang sebagai salah satu yang terbanyak di Jakarta Barat. Soal jumlah gereja dan masjid, persentase Gereja di kecamatan ini lebih dari setengah jumlah masjid di Taman Sari. Terdapat 23 Gereja dan 43 Masjid di Kecamatan ini / Jumlah Gereja di Taman Sari mencapai 53% Jumlah Masjid di Taman Sari dan juga mencakup 24% dari total rumah ibadah di Kecamatan Taman Sari.

2. Kelapa Gading, Jakarta Utara

Hasil gambar untuk tiberias kelapa gading"

Selanjutnya, juga ada kecamatan yang terkenal sebagai kawasan pecinan dan mungkin sebagai yang terbesar di Jakarta. Yap, Kelapa Gading di Jakarta Utara. Kelapa Gading adalah kecamatan yang terletak di bagian selatan Jakarta Utara yang berbatasan langsung dengan Kemayoran dan Cakung. Kelapa Gading juga terkenal sebagai salah satu kecamatan paling elit / paling banyak diisi orang kaya di Jakarta. Sama seperti Taman Sari, Kelapa Gading juga memiliki tingkat keberagaman rumah ibadah yang cukup tinggi dibanding kecamatan lain. Di kecamatan ini ada 27 Gereja dan 53 Masjid. Secara persentase, jumlah gereja merupakan 51%  dari jumlah Masjid di Kelapa Gading dan juga mencakup 33% dari jumlah seluruh rumah ibadah di Kecamatan Kelapa Gading.

3. Sawah Besar, Jakarta Pusat

Hasil gambar untuk masjid istiqlal dan gereja katedral"

Berikutnya, ada salah satu kecamatan di Jakarta yang menjadi pusat "sarana religi" dan juga landmark dari kota Jakarta karena memiliki dua rumah ibadah terbesar / paling bersejarah dari dua agama terbesar di dunia. Kecamatan ini adalah Kecamatan Sawah Besar. Kecamatan Sawah Besar adalah kecamatan yang terletak di bagian paling utara dari Jakarta Pusat. Serta berbatasan langsung dengan Kecamatan Taman Sari dan Kecamatan Pademangan. Sawah Besar menjadi rumah dari Gereja Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal yang sudah menjadi landmark bersejarah kota Jakarta. Bukan hanya berdampingan secara lokasi, secara persentase juga kedua rumah ibadah ini cukup berdampingan. Terdapat 24 Gereja dan 54 Masjid di Kecamatan Sawah Besar. Atau secara persentase, jumlah gereja di kecamatan ini adalah 44% dari jumlah masjid di kecamatan ini. Dan juga gereja mencakup 26% seluruh rumah ibadah di Kecamatan Sawah Besar.

4. Menteng, Jakarta Pusat

Hasil gambar untuk masjid di menteng"

Dan terakhir, ada kecamatan "pusat" Jakarta yang bisa dibilang maling megah, mewah, dan maju di Jakarta. Yap, Menteng. Menteng adalah kecamatan yang terletak di bagian Selatan / Timur kota Jakarta Pusat. Menteng dikenal dengan banyaknya kantor kedubes, mall mall mewah, rumah mewah, gedung gedung pencakar langit, dan juga landmark utama kota Jakarta yaitu Bundaran HI. Sebagai pusat kota dan juga salah satu kecamatan termaju, tentunya heterogenitas menteng juga merupakan salah satu yang tertinggi. Di Menteng sendiri terdapat 10 Gereja dan 26 MasjidAtau secara persentase, jumlah gereja di kecamatan ini adalah 38% dari jumlah masjid di kecamatan ini. Dan juga gereja mencakup 37seluruh rumah ibadah di Kecamatan Menteng.

Sumber :

Comments