5 Kota / Kabupaten Favorit Ane Di Indonesia Yang Pernah Ane Kunjungi & Huni

4 Super Big Match Pada 16 Besar Liga Champions Musim Ini !

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi gansist. Kali ini, ane kembali membahas soal "kota kota" di Indonesia. Jadi thread ini hanya berdasarkan pengalaman ane berkunjung ke beberapa kota di Indonesia.



Sumber : Jepretan Pribadi

Nah, beberapa kota ini menurut ane menjadi kota yang paling berkesan saat ane kunjungi / tinggali karena beberapa alasan. Yap, dari 80 Kota & Kabupaten yang pernah ane kunjungi di Sumatera, Jawa, dan Bali (wisata, singgah, tinggal), ini dia gan 5 Pilihan ane untuk Kota dan Kabupaten Favorit ane di Indonesia !

1. Jakarta Pusat


Jepretan Pribadi

Oke, mungkin kota ini menjadi kota yang cukup berbeda dengan beberapa kota yang akan ane bahas dibawah. Namun, kota yang identik dengan pusat bisnis dan perkantoran serta pemerintahan ini menjadi salah satu bagian terfavorit ane di Indonesia. Yap, Jakarta Pusat. Menurut ane pribadi, Jakarta Pusat menjadi "gambaran terbaik" / wajah yang pas untuk mewakili Indonesia. Dengan gedung gedung bertingkat yang khas, hotel hotel serta mall mewah, dan juga kawasan rumah rumah kelas atas di daerah Menteng. Bukan hanya soal hal mewah, Jakarta Pusat juga menjadi megapolitan modern yang bisa mempertahankan sejarah, seperti Monas, Museum Gajah, serta daerah Tanah Abang yang masih kental dengan budaya Betawi. Memang, hal kelam yang bernama "kesenjangan sosial" belum bisa dilepaskan dari kota Jakarta. Dimana kita bisa melihat banyaknya kawasan kumuh yang tertutupi gedung gedung pencakar langit. Namun bisa dibilang, dibanding daerah lain, kesenjangan sosial di Jakarta Pusat masih "mending". Dan tentu hal terfavorit ane soal Jakarta Pusat adalah "mall mewah", "rooftop rooftop bar mewah", view skyscrapers, dan susunan tata kota yang menurut ane salah satu yang paling rapih, keren, dan eye pleasing di Indonesia. Yap, meskipun ane berasal dari Jakarta Selatan, tetap ane memilih Jakarta Pusat menjadi bagian terbaik dari DKI Jakarta.

2. Kota Yogyakarta

Gambar terkait

Selanjutnya, ane akan membahas soal "bagian utama" dari salah satu daerah paling istimewa di Indonesia. Yogyakarta. Yap, tepatnya Kota Yogyakarta. Yogyakarta memiliki banyak arti khusus untuk ane, baik secara personal maupun karena keindahan kotanya. Yap, seperti yang sering ane mention kalau ane berasal dari Jakarta Selatan, karena keluarga besar ane mayoritas tinggal sejak beberapa generasi disana. Tapi, sebenarnya "daerah asli" ane adalah Yogyakarta, karena nenek dan kakek ane merupakan perantau dari Yogyakarta. Selain itu, kenyamanan untuk berkeliling kota Yogyakarta dengan berjalan kaki adalah salah satu yang terbaik. Dari bangunan bergaya Eropa Kuno seperti BI, bangunan Hindu Kuno seperti Prambanan hingga gedung khas Jawa seperti Taman Sari dan Keraton membuat arsitektur di Yogyakarta indah dalam keberagaman. Baik untuk pariwisata, fotografi, hingga nilai sejarah. Selain itu, meksipun dulu banyak kasus "getok harga", kini berbagai makanan di Yogyakarta cukup affordable dan tentu dengan rasa yang ikonik. Namun sayang, Yogyakarta yang dulu dianggap sebagai kota romantis, kota penuh seni, dan kota yang toleran cukup tercoreng karena beberapa kasus intoleransi yang cukup pelik. Semoga lekas kembali Yogyakartaku !

3. Kabupaten Badung


Jepretan Pribadi

Berikutnya, kita akan membahas soal "Kabupaten". Banyak orang berpikir kalau soal kemajuan Infrastruktur dan tata kota, Kabupaten selalu kalah dengan kota. Karena Kabupaten isinya kebanyakan pedesaan, perhutanan, dan pemukiman rakyat pedesaan. Namun, ada beberapa kabupaten yang sudah menyerupai perkotaan dan "terlihat" cukup maju. Sebut saja Kabupaten Tanggerang dan Kabupaten Bekasi. Namun, ada kabupaten yang menurut ane paling spesial yaitu Kabupaten Badung. Kabupaten Badung adalah kabupaten yang terbentang dari Pusat hingga Selatan Pulau Bali. Dan bisa dibilang, Badung adalah lokasi dari berbagai tempat wisata paling terkenal di Indonesia. Sebut saja Seminyak, Nusa Dua, Kuta, Canggu, Legian, Jimbaran, dan Uluwatu. Dan menurut ane berbagai tempat wisata ini ter-develop dengan cukup baik dan rapih sehingga banyak turis yang tertarik ke Badung. Selain dari tempat wisatanya, berbagai bagian perkotaan dan jalanan di Kabupaten Badung sudah layaknya kota besar. Dan di Kabupaten Badung ini juga terdapat dua mall terbesar di Bali yaitu Beachwalk Mall dan Galleria. Dan tentu, salah satu hal yang paling ane suka dari Kabupaten Badung ialah "Alcohol Is So Much Easy To Find In This Place", even di minimarket alkohol golongan C bisa mudah didapat.

4. Kota Malang


Jepretan Pribadi

Di nomor empat, ada kota yang baru ane buat threadnya. Kota yang ane sudah kunjungi sekitar dua kali, dan juga salah satu kota yang paling ane suka. Malang. Yap, kota ini adalah salah satu kota terbesar di Jawa Timur. Dan menurut ane, Kota ini menjadi kota yang paling recommended untuk wisata di Jawa Timur, setidaknya ketimbang 9 Kota / Kabupaten lain yang pernah ane kunjungi di Jawa Timur. Mulai dari cuaca, suhu, objek wisata, tata kota, wisata kuliner, dan bangunan tua di Malang yang sangat cocok dengan refrensi wisata ane pribadi. Lengkapnya bisa dilihat di thread ini : Berbagai Hal Yang Ane Suka Dari Kota Malang & Batu (Versi Pengalaman Pribadi) !

5. Kota Semarang


Hasil gambar untuk semarang


Dan terakhir, ada salah satu Ibukota Provinsi yang ane suka. Mungkin ada beberapa hal yang bertolak belakang dari kota ini ketimbang Malang. Namun, cukup beberapa hal yang membuat ane suka dengan kota ini. Yap, ibukota dari Jawa Tengah yaitu Semarang. Kota Semarang adalah kota yang terletak di Utara, Provinsi Jawa Tengah. Memang, cuaca di Semarang gak seenak Malang, makanan gak semurah Yogyakarta, dan semegah Jakarta Pusat, ataupun se "go international" dari Badung. Namun tata kota, setidaknya pusatnya, dan bangunan bangunan Semarang menurut ane merupakan salah satu yang paling eye pleasing.  Mulai dari Lawang Sewu, Kota Lama, Gereja Blenduk, dan Kelenteng Sampoo Kong yang menjadi landmark Semarang yang selalu dipenuhi oleh pemburu foto. Dan juga ane cukup suka penyusunan / tata kota di Semarang yang menurut ane cukup teratur, dan menurut ane lebih baik daripada Bandung, Surabaya, dan Medan.

Sumber :

Pengalaman Pribadi
Google Images
Foto Dokumentasi Pribadi


Comments