Ini Gan, 4 Kecamatan Di Jakarta Dengan Rumah Ibadah Terbanyak

4 Super Big Match Pada 16 Besar Liga Champions Musim Ini !

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane kembali membahas tentang suatu data yang baru ulik lagi gan. Dan tentu, thread ini akan membahas tentang megapolitan kita lagi gan, Jakarta. 

Hasil gambar untuk masjid di cilincing"

Yap, di thread sebelumnya, ane sudah membahas soal Kecamatan Di Jakarta Dengan Rumah Ibadah paling sedikit. Maka dari itu, ane akan membahas sisi konservatif dari Jakarta atau hal yang bertolak belakang dengan thread ane sebelumnya. Maka dari itu, ini gan 4 Kecamatan Di Jakarta Dengan Rumah Ibadah Terbanyak.

1. Cengkareng, Jakarta Barat

Hasil gambar untuk masjid raya jakarta"

Di urutan pertama, ada kecamatan di daerah ujung barat Jakarta yang terkenal karena terletak dekat dengan Bandara utama di Indonesia dan juga tempat dari lokasi pembuatan SIM dan juga perpanjangan SIM bagi segenap warga DKI nih gan, Cengkareng. Cengkareng adalah kecamatan yang terletak di bagian paling barat dari Jakarta Barat bersama dengan Kecamatan Kalideres. Selain terkenal dengan soal "perizinan", kecamatan ini juga terkenal dengan sarana "peribadatan". Yap, secara jumlah, Kecamatan Cengkareng memiliki jumlah rumah ibadah yang jauh lebih banyak ketimbang kecamatan lain di seluruh Jakarta. Tercatat, ada 408 Rumah Ibadah di Cengkareng, dan yang terbanyak adalah Masjid dengan jumlah 329 Masjid.

2. Cilincing, Jakarta Utara

Hasil gambar untuk masjid cilincing"

Selanjutnya, ada kecamatan yang terletak di ujung timur laut Jakarta, yaitu Cilincing. Cilincing adalah kecamatan yang terletak di daerah paling timur daerah Jakarta Utara, berbatasan dengan Cakung, Jakarta Timur. Berbeda dengan kecamatan tersohor di Jakarta Utara yang banyak diisi hunian elit dan mewah seperti Kelapa Gading dan PIK serta Pluit di Kecamatan Penjaringan, Cilincing malah memiliki image yang terkesan "kumuh" dan "penuh sampah dan gubuk". Namun, kecamatan ini juga memiliki kesamaan dengan Kecamatan Penjaringan yaitu punya banyak rumah ibadah. Maka dari itu, Cilincing memiliki rumah ibadah terbanyak kedua di Jakara. Tercatat, ada 253 Rumah Ibadah di Cilincing, terutama ada 229 Masjid di Cilincing.

3. Tanjung Priok, Jakarta Utara

Hasil gambar untuk GEREJA ST XAVERIUS TANJUNG PRIOK"

Ketiga, ada daerah yang terkenal paling sangar di Jakarta. Daerah dengan salah satu pelabuhan utama di Indonesia, Tanjung Priuk. Tanjung Priuk adalah kecamatan yang terletak di tengah Kota Jakarta Utara, dihimpit Kecamatan Koja dan Kecamatan Pademangan. Kecamatan ini juga dilalui oleh Kali Sunter dan juga menjadi daerah rawan banjir di daerah Jakarta. Sama seperti tetangga se kotamadya nya yaitu Cilincing, Tanjung Priok juga masuk kedalam daerah dengan rumah ibadah terbanyak. Tercatat ada 242 Rumah Ibadah, dan yang terbanyak ialah Masjid dengan total 189 Bangunan. 

4. Duren Sawit, Jakarta Timur

Hasil gambar untuk gereja santa anna"

Berikutnya, kita sedikit kebawah dari Cilincing ke daerah Jakarta Timur. Yap, Duren Sawit. Duren Sawit adalah kecamatan yang terletak di daerah paling timur di Jakarta Timur, dan berbatasan langsung dengan Jatinegara dan Kota Bekasi. Bisa dibilang, dibanding dengan kecamatan lain di Jakarta Timur yang banyak diisi pemukiman menengah kebawah, Duren Sawit bisa dibilang lebih maju. Duren Sawit juga kecamatan yang didominasi pemukiman menengah, dan banyak kantor. Nah, Duren Sawit juga memiliki jumlah rumah ibadah terbanyak di Kota dengan rumah ibadah di DKI Jakarta. Tercatat, 212 Rumah Ibadah, terutama ada 198 Masjid di kecamatan ini.

Sumber :

Comments