4 Universitas Swasta Di Bandung (& Cimahi) Yang Memiliki Fakultas Kedokteran (+Biaya)

4 Super Big Match Pada 16 Besar Liga Champions Musim Ini !

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan. Kali ini ane akan membahas topik yang mirip mirip dengan thread ane sebelumnya. Yap, di thread sebelumnya ane sudah membahas soal "Fakultas Kedokteran" di Universitas. 

Hasil gambar untuk rs maranatha bandung

Kalau sebelumnya ane sudah membahas FK di PTN yang terkenal dengan "tingginya" skor minimum yang diperlukan, maka FK di PTS yang gak kalah sulit tantangannya. Yap, apalagi kalau bukan biaya. Memang sudah terkenal kalau untuk masuk Kedokteran itu memerlukan biaya yang mahal. Maka dari itu gan, ini ane ada beberapa informasi soal PTS di kota ane yang memiliki Fakultas Kedokteran !

1. Universitas Kristen Maranatha

Hasil gambar untuk fk maranatha

Di nomor pertama ada salah satu Universitas Swasta yang cukup terkenal sebagai PTS kelas atas di Bandung dan cukup mahal, yap Maranatha. Universitas Kristen Maranatha adalah PTS yang terletak di daerah, Surya Sumantri, Sukajadi, Bandung bagian utara. Maranatha menjadi satu dari sedikit PTS yang memiliki Fakultas Kedokteran. Dikenal sebagai PTS yang biaya kuliahnya cukup mahal, tentu saja Fakultas Kedokteran di Maranatha ini cukup tinggi. Biaya pembangunan / biaya pertama untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Maranatha adalah 255 Juta dan biaya per semesternya adalah 35 Juta. FK Maranatha juga sudah terakreditasi A dan juga untuk praktek bekerja sama dengan RS Immanuel Bandung. Memang PTS ini terkenal sebagai PTS Kelas "Menengah Keatas" di Bandung yang kebanyakan mahasiswanya berasal dari keluarga ekonomi atas, bersama dengan UNPAR dan Telkom University di Bandung.

2. Universitas Jendral Ahmad Yani (UNJANI)

Hasil gambar untuk UNJANI

Berikutnya, ada universitas yang ada di tepi barat kota Bandung alias di daerah Cimahi gan. Yap, Universitas Jendral Ahmad Yani atau yang biasa disebut UNJANI. UNJANI ini adalah universitas yang dimiliki yayasan beberapa Tentara AD. Berbeda dengan Marantaha, UNJANI sebenarnya bukan kampus yang tergolong mahal. Biaya kuliahnya juga hampir semua prodi dibawah 10 Juta per semester. Namun, untuk Fakultas Kedokteran tentu saja tak bisa lepas dari kata mahal. Untuk jalur PMDK, biaya awal / pembangunan untuk masuk UNJANI berkisar diantara 175 Juta & biaya per semesternya adalah 27,5 Juta. Akreditasi dari FK UNJANI kini adalah B dan bekerja sama dengan RS Dustira untuk praktek / KOAS.

3. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Hasil gambar untuk fk unisba

Selanjutnya, ada universitas swasta di Bandung yang cukup kental dengan agama dan juga terletak di pusat kota Bandung. Yap, Universitas Islam Bandung atau yang terkenal dengan UNISBA. UNISBA adalah Universitas Swasta yang terletak di daerah Tamansari, Bandung. Letaknya sangat dekat dengan BIP dan BEC, dua mall terkenal di Bandung. Kini FK UNISBA juga sudah terakreditasi A. Untuk biaya kuliah juga gak kalah mahal gan. Biaya pembangunan atau biaya masuk pertama ada di angka 150 Juta - 190 Juta. Dan biaya persemester untuk berkuliah di FK UNISBA adalah 25 Juta.

4. Universitas Pasundan (UNPAS)

Hasil gambar untuk fk unpas

Dan terakhir, PTS ini juga terletak di pusat kota Bandung, khusus gedung Fakultas Kedokterannya. Yap, Universitas Pasundan atau yang terkenal dengan sebutan UNPAS. Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan terletak di daerah Sumur Bandung, Bandung. Dekat Taman Lalu Lintas dan BIP. Fakultas ini juga baru dua tahun dibuat di UNPAS. Ane pernah berkunjung ke FK UNPAS untuk bertanya informasi dan ternyata FK UNPAS belum terakreditasi. Untuk RS, mereka bekerja sama dengan RS Cibabat. Untuk biaya awal / pembangunan masuk FK UNPAS adalah 200 Juta dan biaya persemester nya ada di angka 25 Juta.

Sumber :

Comments