Deretan PTN Dengan Nilai UTBK Minimum / Passing Grade Tertinggi Untuk Fakultas Kedokteran

4 Super Big Match Pada 16 Besar Liga Champions Musim Ini !

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane menulis thread agan agan. Kali ini ane akan membahas tentang hal yang akan ane hadapi beberapa bulan kedepan ini. Yap, UTBK. Bagi ane dan anak anak sesusia ane pasti lagi banyak mencari informasi dan belajar untuk menuju PTN idaman masing masing. Dan ane akan membahas salah satu jurusan "terfavorit" yang terkenal menjadi salah satu jurusan paling bonafide dan tentunya susah dimasuki. Yap, Kedokteran.

Hasil gambar untuk fk undip"

Bagi orang tua (generasi lama) dan juga banyak generasi muda saat ini, kedokteran masih menjadi jurusan yang memiliki prospek kesuksesan yang sangat terang. Mulai dari "status terpandang" hingga penghasilan yang besar ataupun panggilan untuk menjadi "penolong" menjadi alasan orang orang ingin menjadi dokter. Namun, ada dua tantangan yang cukup besar untuk menempuh pendidikan kedokteran. Pertama, kalau di Swasta, biayanya sangat mahal, angka terendah ada di 200JT. Dan untuk negeri, skor minimal untuk masuknya sangat tinggi. Nah, ini gan Deretan PTN Dengan Nilai UTBK Minimum / Passing Grade Tertinggi Untuk Fakultas Kedokteran.

1. Universitas Indonesia (UI)

Hasil gambar untuk kedokteran UI"

No surpirse, Universitas Negeri yang menyandang nama besar Indonesia ini menjadi salah satu Universitas yang paling susah "ditembus". Yap, Universitas Indonesia. Bersama UGM dan ITB, UI terkenal menjadi PTN terbaik di Indonesia. Kini, UI berada di peringkat ke 1 (Webometrics), & Ke 4 (Kemenristek). Dan jurusan "primadona" di Rumpun Saintek dengan syarat nilai minimum paling tinggi adalah Kedokteran. Kedokteran UI menjadi Prodi FK dengan passing grade tertinggi berdasarkan hasil UTBK tahun lalu dibanding PTN lain. FK UI bersama STEI ITB menjadi jurusan dengan passing grade paling tinggi Se Indonesia. Tercatat, skor UTBK minimal untuk masuk menjadi mahasiswa FK UI adalah 724,38

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Hasil gambar untuk kedokteran UNAIR"

Berikutnya, ada Universitas kebesaran "Ibukota" Jawa Timur, Surabaya. Kampus yang menjadi tujuan utama ane (namun sepertinya ane jiper hehe) yaitu Universitas Airlangga (UNAIR). Universitas Airlangga kini berdada di ranking ke 7 (Webometrics) & 7 (Kemenristek). Dan Kedokteran UNAIR juga memiliki nilai masuk minimum yang gak kalah tinggi sama UI. Skor minimum FK Unair juga sama sama kepala 7 yaitu di angka 702,54. Namun, Kedokteran menjadi satu satunya Prodi dengan passing grade yang ada di range 700an. Sementara prodi dengan passing grade tertinggi kedua di UNAIR adalah Kedokteran Gigi dengan passing grade 671.

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Hasil gambar untuk kedokteran UNPAD"

Selanjutnya, ada salah satu Universitas Primadona yang selalu menjadi kampus dengan peminat terbanyak di Indonesia, yang baru baru ini dikalahkan Universitas Brawijaya. Yap, Universitas Padjajaran. Universitas Padjajaran adalah PTN yang terletak di Bandung dan Sumedang. Kini, Universitas Padjajaran  berada di rank 52 (Webometrics) dan 9 (Kemenristek). Yap, meskipun kini secara rangking UNPAD bukan termasuk PTN Top 7 seperti dua PTN diatas, FK UNPAD menjadi salah satu prodi paling bergengsi dan di buru banyak calon mahasiswa. Yap, tingginya passing grade dari FK UNPAD ini mengalahkan berbagai universitas papan atas indonesia seperti UGM, Brawijaya, dan UNDIP. Yap, nilai UTBK minimal untuk masuk menjadi mahasiswa FK UNPAD adalah 694,17.

4. Universitas Gajah Mada (UGM)

Hasil gambar untuk kedokteran UGM"

Dan terakhir, ada Universitas yang pernah menyandang status PTN terbaik tahun lalu secara rank, serta PTN yang terkenal sebagai almamater banyak menteri, pejabat, dan Presiden Kita. Universitas Gajah Mada ! UGM adalah Universitas yang terletak di Sleman, Yogyakarta. Kini UGM berada di rangking ke 2 (Webometrics) dan ke 2 (Kemenristek) prodi di UGM yang banyak disebut menjadi prodi terbaik adalah Teknik Elektro dan juga Kedokteran. Dan Kedokteran UGM menutup list ini menjadi PTN Top 4 dengan Passing Grade FK tertinggi yaitu ada di angka 689,05.

Sumber:

Edukasi. Kompas

Comments