Deretan Starter Pack Ane Agar #AntiGabut Selama Perjalanan Panjang Saat Liburan

Hasil gambar untuk bored at car

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan. Kali ini ane cuma akan menulis hal hal simple yang cukup oke ketika ane liburan tahun baru kemarin gan. Yap, akhir tahun 2019 lalu ane dan keluarga ane memutuskan untuk liburan "Road Trip" yang dimana kami singgah di beberapa kota dan tujuan utamanya adalah Seminyak, Bali untuk acara keluarga besar. 

Hasil gambar untuk family trip with car

Yap, kami memutuskan membawa mobil ke Bali yang ternyata lebih mahal daripada naik pesawat karena ingin singgah dan menginap di berbagai kota kota berbeda yaitu Semarang, Surabaya, Malang, Banyuwangi, Tanah Lot, dan tujuan akhir di Seminyak, Bali. Nah meskipun punya kelebihan tersendiri, perjalanan darat yang panjang ini juga punya kekurangan. Pertama tentu pegal pegal dan kedua gabut berkepanjangan. Maka dari itu, di thread ini ane akan menulis tentang beberapa kebiasaan ane untuk melewati gabut selama perjalanan.

1. Membuat Playlist Andalan


Pertama, cara paling sederhana dan paling sering ane lakukan dalam perjalanan yaitu membuat playlist lagu. Yap, sepanjang perjalanan seringkali ane mendengar lagu lagu untuk mengatasi bosan. Lagu lagu ini ane susun di playlist spotify ane. Isi lagunya ada diatas. Nah, karena ane enggak pakai spotify premium maka semua lagu yang ane dengar di Spotify sangat bergantung dengan sinyal dan mengorbankan kuota. Tapi tentu, kalau mendengar lagu aja pasti gak akan bisa mengatasi seluruh perjalanan panjang kita di mobil dan tentu bakal ada kebosanan lagi. Maka dari itu, ada cara kedua dari ane.

2. Mendengarkan Banyak Episode Dari Berbagai Podcast


Selanjutnya, masih berhubungan dengan audio dan spotify, yaitu Podcast. Menurut ane pribadi, Podcast lebih ampuh mengatasi kegabutan di jalanan daripada lagu. Karena durasi podcast yang lebih panjang dan juga episode yang banyak. Selain itu obrolan di podcast yang seru dan lucu pasti juga bisa sedikit menghilangkan rasa penat kita. Kalau pas perjalanan kemarin ane banyaknya mendengar podcast Boker, Rapot, Frodcast, dan juga Box 2 Box Podcast. Sebenernya gak banyak refrensi podcast yang ane miliki. Maka dari itu, saat hampir semua episode dari podcast yang ane dengar akan habis, kegabutan ane akan muncul lagi. Dan juga, karena durasi yang lebih panjang, kualitas sinyal juga nentuin banget saat kita mendengar podcast. Kan kalau lagi dengerin podcast di jalanan terus putus putus kan makin bete dan nambah gabut ya gan.

3. Menonton Video Youtube


Dan terakhir, opsi pamungkas ane untuk mengatasi kegabutan. Yap, jika kita sudah bosen sama audio dan bosen melihat pemandangan jalan, ane pun memutuskan untuk menonton video di youtube. Opsinya beragam sih, tapi kalau ane pribadi lebih sering menonton soal pariwisata atau video aerial kota yang ane tuju gan, karena ane suka melihat video drone yang memperlihatkan kota kota dari ketinggian. Dan tentunya, cara yang ini merupakan cara yang paling membutuhkan kuasa dari sinyal agar sekali lagi, enggak bikin bete kalau buffering. 

Hasil gambar untuk playing smartphone in car

Nah, seperti yang sudah banyak ane paparkan diatas, berbagai cara ane agar terhindar dari gabut selama perjalanan ini bergantung kepada satu hal yang cukup krusial menurut ane yaitu jaringan. Dan, yap fortunately provider yang ane gunakan bisa diandalkan dan cukup memuaskan saat ane mengakses berbagai konten selama perjalanan. Ane pribadi saat itu pakai salah satu paket dari Smartfren. Yaitu paket yang 30GB dengan harga 60.000 dan mendapatkan kuota utama 10GB. Nah, kalau ane gabut tengah malan ane bisa pakai kuota malam yang bejibun parah yaitu sebanyak 20GB. Btw kalau gamau ribet paketnya bisa dibeli di MySmartfren. Dan bisa memaintain kebutuhan berinternet ane selama di jalan dengan kualitas sinyal yang bagus. Selain itu, setelah ane cek ternyata setiap kita beli kuota di my smartfren kita bisa sedikit sedikit mengumpulkan #SmartPoin di app mysmartfren. Mayan gan kalau udah kekumpul bisa melakukan Redeem Poin atau menukar poin sama makanan atau kopi di mall, dan juga kalau mau test keberuntungan bisa ikut Program Undian yang bernama #SmartfrenWOW dan hadiahnya mulai dari mobil sampai rumah. 


Comments