Film Hollywood Berkelas Yang Kurang Mendapat Perhatian (Nominasi) Dari OSCAR

4 Super Big Match Pada 16 Besar Liga Champions Musim Ini !

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi nih agan agan. Kali ini ane akan membahas tentang dunia Film gan. Yap, memang sangat jarang menulis tentang film karena terakhir kali ane cukup "freak" dalam dunia film pada saat ane kelas 9 (2016/17) dan saat itu ane juga lebih banyak menulis di blog pribadi khusus review (+spoiler) film. Namun, perhelatan OSCAR tahun ini menyajikan banyak film bagus dan menarik. Serta dibintangi oleh aktor aktris papan atas. Dan 4 Dari 9 Film nominasi Best Picture OSCAR telah ane saksikan.

Hasil gambar untuk fight club

Namun, hal yang akan ane bahas bukan tentang film bernominasi OSCAR ini gan. Tapi tentang film film yang sama sama bagus, namun tak bernasib sama di ranah award. Film film ini menurut ane merupakan film yang memenuhi berbagai kriteria film berkelas. Mulai dari dibintangi aktor kelas atas, suteradara senior dan hebat, dan cerita serta permainan yang luar biasa. Bahkan 2 Diantaranya merupakan film favorit ane. Tapi sayang, hanya satu nominasi yang didapatkan masing masing film ini dan itu termasuk sangat sedikit. Maka dari itu, ini dia gan Film Hollywood Berkelas Yang Kurang Mendapat Perhatian (Nominasi) Dari OSCAR.

1. Fight Club (1999)

Brad Pitt and Edward Norton in Fight Club (1999)

Film terbaik menurut ane yang sangat kurang mendapat perhatian dari OSCAR adalah Fight Club. Film yang merupakan 1 dari 7 Film terbaik ane sepanjang masa. Film yang bisa dibilang memenuhi hampir semua kriteria "film berkelas". Mulai dari aktor, yap gausah diragukan, film ini dibintangi oleh Brad Pitt dan Edward Norton. Suteradara, yap film ini diarahkan oleh salah satu sutradara terbaik di dunia saat ini dan juga sutradara favorit ane, David Fincher. Soal akting pemain ? Jempolan. Dan dari cerita, one of the best of the best menurut ane. Meskipun banyak adegan keras dan menjijikan, subliminal moral value yang disampaikan film ini sangat dalam. Sinopsis awal film ini adalah, tentang seorang pekerja kantoran yang mengalami insomnia akut dan sangat tak bisa tidur. Namun suatu saat, ia bertemu seorang sales sabun dan mereka membentuk klub "tarung" untuk melampiaskan penat mereka dengan rasa sakit. 

Edward Norton and Brad Pitt star

Namun, sinopsis ini tak ada gunanya untuk memahami cerita film ini. Harus nonton untuk tahu dan film ini sangat bagus. Menurut ane film ini layak mendapat 6 Nominasi Utama Oscar. Mulai dari Best Picture, tentu karena hampir segala sisi dari film ini outstanding. Lalu Best Actor & Best Supporting Actor untuk Edward Norton dan Brad Pitt, karena menurut ane akting mereka top class gan. Lalu tentu saja Best Director untuk David Fincher, best Film Editing, dan Best Adapted Screenplay. Namun sayang banget, film ini hanya mendapat 1 Nominasi di OSCAR 2000 yaitu Best Effects. Segi rating, gak terlalu krusial tapi merupakan salah satu yang terbaik di IMDB.

2. Prisoners (2013)

Jake Gyllenhaal and Hugh Jackman in Prisoners (2013)

Selanjutnya, ada film kedua terbaik versi ane sepanjang masa. Film yang juga di direct oleh director yang "magnificent", dan dua aktor kelas atas yang juga bermain sangat hebat di film ini. Dan soal cerita ? Cerita kelas berat, konflik kelas berat, dan kompleks khas film film OSCAR. Film yang menurut ane ceritanya sangat bagus meskipun tak se "ngacak otak" Fight Club. Prisoners adalah film bergenre Crime yang disutradarai oleh Dennis Villeneuve dan dibintangi oleh dua aktor kelas atas yaitu Hugh Jackman dan Jake Gylenhaal. Film ini bercerita tentang perjuangan, pergulatan iman, serta kemarahan dan keputusasaan seorang ayah dalam mencari anaknya yang hilang. Hingga ia bisa melakukan hal hal yang diluar kebiasaannya. Dari genre, pemain, dan kualitas cerita film ini hampir sempurna di mata ane. 


Namun, nasib film ini juga gak kalah miris sama Fight Club di ranah award. Menurut ane pribadi, film ini layak menerima 5 Nominasi Utama Oscar. Yaitu, Best Picture, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Original Screenplay, dan Best Director. Namun sayang sekali, sama dengan Fight Club, Prisoners juga hanya masuk dalam 1 Nominasi OSCAR 2014 yaitu Best Cinematography. Hal ini cukup lumrah karena cinematographer Prisoners ini merupakan salah satu cinematograper terbaik di Hollywood yaitu Roger Deakins.

3. Silence (2016)

Liam Neeson in Silence (2016)

Berikutnya, masih membahas film yang berulang kali ane tonton seperti dua film diatas yaitu Silence. Film yang ceritanya gak sekompleks dua film diatas. Namun merupakan film yang cukup berat dan juga bertema agama. Film ini berjudul Silence. Silence adalah film bergenre Drama Sejarah yang dirilis pada tahun 2016 akhir. Film ini juga disutradarai oleh salah satu sutradara terbaik dan paling terkenal di dunia yaitu Martin Scorsese. Aktornya juga gak main main, dua aktor kelas atas yaitu Andrew Garfield dan Adam Driver serta Liam Neeson. Apalagi tahun itu merupakan tahun terbaik Andrew Garfield sebagai aktor papan atas. Film ini bercerita tentang penderitaan dan tantangan dua misionaris Katolik asal Portugal yang harus menghadapi maut saat menyebarkan agama Katolik di Jepang serta ingin mencari senior mereka yang diiuskan murtad dan masuk Shinto / Buddha.

Yoshi Oida, Shin'ya Tsukamoto, Andrew Garfield, and Adam Driver in Silence (2016)

Dilihat dari segi aktor, sutradara, genre, dan kualitas cerita harusnya film ini sangat apporved untuk banyak hadir di berbagai nominasi OSCAR. Namun, masih sama mirisnya dengan dua film diatas. Silence hanya mendapatkan 1 Nominasi OSCAR pada OSCAR 2017. Dan menurut ane, film ini harusnya bisa setidaknya mendapat 3 Nominasi Utama OSCAR yaitu Best Actor, Best Supporting Actor, dan Best Adapted Screenplay. Namun, hanya ada 1 Nominasi yang diisi oleh film ini yaitu Best Cinematography.

4. The Lighthouse (2019)

Willem Dafoe and Robert Pattinson in The Lighthouse (2019)

Dan terkahir, film yang sejujurnya belum ane tonton. Namun teman dekat ane yang juga seorang kritikus film sangat sangat mengagumi film ini dan juga kaget kenapa film ini dianggurin OSCAR. Pendapat ini juga banyak diutarakan oleh channel channel youtube review film. 

Willem Dafoe and Robert Pattinson in The Lighthouse (2019)

Yap, Lighthouse. Film ini bergenre Fantasy Horror dan dibintangi oleh dua aktor ternama juga yaitu Robert Pattinson dan Willem Dafoe. Film ini disutradarai oleh Robert Eggers. Garis besar ceritanya simple, tentang dua petugas yang bertugas menjaga mercusuar yang misterius di daerah New England, Amerika Serikat bagian timur. Tapi, sama seperti Silence dan Prisoners, hanya nominasi Best Cinematography di OSCAR 2020 yang diisi oleh film ini.

Sumber : IMDB + Opini Pribadi


Comments