Deretan Band Metalcore Yang Mulai Meninggalkan Metalcore (Beralih Genre)

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Bahasan ane hari ini agak berbeda, setelah kebanyakan membahas soal film gansist. Yap, di thread ini ane akan menulis tentang musik. Tepatnya tentang salah satu genre/subgenre favorit ane. Metalcore. Salah satu subgenre dari Heavy Metal yang berusia agak lebih muda dan juga bisa dibilang metal-nya anak muda. 

Hasil gambar untuk bmth crowd

Banyak band Metalcore yang menurut ane sangat bagus, baik dari segi lirik, musik, dan juga performance. Mulai dari As I Lay Dying, The Devil Wears Prada, Killswitch Engage, Bullet For My Valentine, hingga Bring Me The Horizon. Namun, sayang sekali beberapa dari band diatas banyak yang sudah beralih genre, atau banyak yang menyebut kalau mereka melembut padahal nama mereka di scene musik Metalcore sudah sangat besar. Okay, ini dia Deretan Band Metalcore Yang Mulai Meninggalkan (Beralih Genre) Metalcore.

1. Bring Me The Horizon

Hasil gambar untuk bmth 2006

Selalu, nama band besar ini akan selalu disebut dan menjadi headliner di setiap tulisan yang membahas tentang perubahan genre. Bring Me The Horizon. Band asal Sheffield, Inggris yang sudah berdiri sejak 2004. Band yang terkenal dipimpin oleh musisi multitalenta bernama Oliver Sykes. Band ini merupakan salah satu dari 6 Band Metal favorit ane sejak 2015. Sejak pertama kali mendengarkan lagu mereka yang berjudul It Never Ends hingga zaman AMO. Tapi sayang, band yang memulai langkah dengan musik yang cukup ekstrim yaitu Deathcore dan berhasil, kini merilis album terbarunya yang bergenre pop rock, dan di albun sebelumnya yan mengusung genre Alternative Rock. Sementara 3 Album mereka mengusung genre Metalcore. Namun, untungnya musik musik band ini masih dapat dinikmati. Dari zaman Pray For Plagues & Braile, Chelsea Smile & Diamonds Arent Forever yang mengejutkan, Sleepwalking, hingga Drown, musik musik mereka masih disajikan kualitas yang bagus. Meskipun dianggap slowing down, band ini masih sering menampilkan lagu lagu Metalcore bahkan Deathcore mereka dengan baik di atas panggung.

2. Bullet For My Valentine

Hasil gambar untuk bullet for my valentine 2005

Selanjutnya ada band dari tanah Britania yang juga mempunyai nama besar di scene musik Metalcore. Jeff Killed John, yang kini besar dengan nama Bullet For My Valentine. Band ini didirikan pada tahun 1998 di Bridgend, Wales. Tentunya, band ini juga terkenal dengan pentolan bersuara merdu nan gahar bernama Matthew Tuck. Bisa dibilang, pada zamannya Bullet For My Valentine menjadi salah satu band metalcore terbaik, bahkan lagunya yang berjudul Tears Dont Fall disebut sebagai lagu metalcore terbaik. Namun, di album ke 4 mereka yang berjudul Temper Temper, band ini mengusung genre Heavy Metal dan Hard Rock, namun menurut ane musiknya masih bagus. Angin segar sempat kembali berhembus ketika Bullet For My Valentine merilis album ke 5 yang berjudul Venom dan kembali mengusung genre Metalcore dan main singlenya yang berjudul No Way Out menurut ane mantep. Dan di album terbaru mereka yang berjudul Gravity mereka pun slowdown dengan mengusung genre Alternative Metal.

3. Avenged Sevenfold

Hasil gambar untuk avenged sevenfold 2001

Di nomor tiga, ada band yang sangat besar. Band yang mungkin tak akan dikenang sebagai Band Metalcore dan sudah benar benar meninggalkan Metalcore. Yap Avenged Sevenfold. Band Heavy Metal asal Hunington Beach, California, Amerika Serikat yang berdiri sejak 1999. Band ini kini dikenal sebagai Band Heavy Metal yang sangat besar, karena album album mereka yang sukses secara kritik dan penjualan. Sebut saja Nightmare, Afterlife, Hail To The King dan yang terbaru The Stage (dengan sentuhan Progressive Metal). Namun, dua album pertama Avenged Sevenfold yang juga menjadi favorit ane mengusung genre Metalcore dengan musik yang cukup keras ketimbang lagu lagu mereka sekarang. Yaitu Sounding The Seventh Trumpet dan Waking The Fallen. Tapi, sejak album ketiga hingga album ke 7, mereka tak pernah mengusung genre Metalcore lagi. Salah satu penyebab hal ini adalah kasus hampir rusak nya pita suara Matt Shadow karena scream yang tak berteknik di dua album pertama mereka.

4. Parkway Drive

Hasil gambar untuk parkway drive 2005

Dan terakhir, band yang ini belum bisa disebut beralih genre. Namun, hanya di album terbaru mereka, mereka mencoba tak mengusung Metalcore sebagai genre utama. Band ini adalah Parkway Drive, band asal New South Wales, Australia yang berdiri sejak tahun 2003. Bisa dibilang, Band ini merupakan band metalcore yang jarang ane dengarkan. Tapi, dari beberapa lagu yang ane dengarkan, menurut ane Parkway Drive bisa dibilang sebagai salah satu band Metalcore paling keras dibanding band band lain. Karena scream yang lebih garang dan musik yang lebih berat ketimbang band metalcore lainnya. Di album terbaru mereka, album ke 6 mereka yang dirilis pada tahun 2018 yang berjudul Reverence mengusung genre Heavy Metal.

Sumber :

Comments