Berbagai Lonjakan Besar Yang Dimiliki iPhone 11 Series Dari iPhone X

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Oke, karena bulan lalu ane kebanyakan menulis soal film dan hot thread menipis, maka dari itu ane ganti topik deh gan. Topik yang banyak ane bahas tepat tahun lalu. Kali ini ane akan membahas tentang smartphone, tepatnya brand smartphone yang terkenal sebagai brand sultan / brand untuk menaikkan kasta bagi orang orang yang pingin terlihat kaya. Yap, Apple. 

Oke, mungkin ada yang notice pernyataan ane yang cukup tajam di kalimat sebelumnya. Jujur, ane bukan pengguna Apple, ane adalah pengguna Flagship Samsung, saingan Apple. Nah, dahulu Apple memang terkenal dengan citra itu. Menjual smartphone mahal dengan fitur, esensi, spesifikasi, dan performa real yang kalah dengan brand pesaingnya hingga di seri iPhone X. Namun tahun lalu Apple sangat berhasil merubah itu dengan menjual smartphone mahal yang benar benar bernilai dan garang, mungkin bisa disebut sebagai smartphone terbaik dan paling bener dari Apple. So, ini dia gan Berbagai Lonjakan Besar Yang Dimiliki iPhone 11 Series Dari iPhone X.

1. Kualitas Kamera

Hal pertama, hal dan keunggulan yang paling banyak disorot oleh para reviewer gadget. Kamera. Yap, tentu aja bukan karena jumlah kamera nya makin banyak dan modulnya makin besar, tapi kualitasnya. Kini Apple akhirnya memiliki lensa ultra wide. Namun, kekuatan terbesarnya ada di lensa utamanya. Memang, resolusinya sama sama 12MP. Namun soal hasil, berbeda jauh secara kualitas. Hasil foto di iPhone 11 Pro bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik. Dan juga, dulu di iPhone X Series kamera Apple sangat sangat lemah di low light. Hasil foto disaat gelap auto gak bagus dan kalah dengan para pesaing. Namun di iPhone 11 Pro night mode mereka benar benar sakti dan berhasil memberikan foto yang bagus disaat gelap, bahkan bisa mengalahkan Samsung. Secara angka, DXOMARK mencatakan kenaikan yang jauh. iPhone X memiliki skor kamera 97, bahkan masih kalah dengan Samsung Galaxy S9+ & iPhone XR dan iPhone 11 Pro memiliki skor 117, naik 20 Poin.

2. Processor dan Performa

Selanjutnya, soal otak smartphone ini. Apple memang terkenal dengan processornya yang terbaik diantara smartphone smartphone lain. Namun iPhone X memiliki procesor yang sangat ketinggalan dengan saingannya dan juga bukan yang terbaik di jamannya. Dan di iPhone 11 Series, peningkatannya jauh. iPhone X memakai processor A11 Bionic dan di iPhone 11 Series, processornya adalah A13 Bionic. 2 Generasi diatas iPhone X. Secara statistik, Antutu Benchmark juga memberikan angka yang jauh. iPhone X memiliki skor Antutu 311 Ribu sementata iPhone 11 Pro memiliki skor Antutu sebesar 520 Ribu. Dari segi ram, meskipun gak penting penting banget di smartphone Apple, juga naik. Dari 3GB ke 4GB.

3. Baterai & Kecepatan Charging

Berikutnya, hal yang juga sangat vital kalau kita lihat di video para reviewer. Aspek yang menghidupkan smartphone itu sendiri, yap Baterai. Memang, Apple adalah brand yang kurang impresif soal baterai. iPhone X menjadi smartphone flagship yang baterainya dibawah standar flagship di jamannya. Baterai yang dimiliki oleh iPhone X hanya berkapasitas 2719 mAh. Selain itu, daya pengecasannya hanya 15Watt. Dan yap, saat oitu fast chargernya gak dikasih alias dikasih yang 5 watt doang. Namun, apple berbenah di iPhone 11 dengan memberikan iPhone 11 Pro baterai sebesar 3046 mAh. Dan mulai mengejar pesaingnya soal kecepatan charging dengan memberi kecepatan charging pada iPhone 11 Series 18 watt.

4. Design

Dan aspek terakhir. Yang satu ini subjektif banget ya gan. Banyak banget orang yang gak suka sama design iPhone 11 Series ini dan menyebutnya sebagai iPhone Boba karena modul kameranya benjol banget. Namun, ane sebagai pengguna brand saingan mengakui bahwa design Apple untuk 11 Series ini adalah terobosan. Gak keliatan polos seperti iPhone X series dan juga terlihat lebih garang dan elegan dengan finishing matte, warna hijau, dan juga model kameranya yang menurut ane seperti bazookanya rambo. Design yang laki banget menurut ane gan. 

Sumber :

Opini Pribadi

Comments