Deretan 9 Film Crime Terbaik & Terfavorit Ane Yang Sering Dianggap Film Psychological Thriller


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread agan agan. Kali ini ane kembali menulis thread gansist. Thread ane yang satu ini masih berhubungan dengan thread ane yang sebelumnya. Yap, thread ini akan membahas tentang salah satu genre film, dan genre film favorit ane tentunya, Crime. 

Yap, Crime adalah genre film dimana film yang mengusnungnya memiliki cerita yang memuat unsur kriminal (obviously) baik itu perampokan, pembunuhan, terdapat banyak unsur investigasi, studi karakter, dan juga banyaknya keterlibatan polisi atau detektif di film bergenre Crime. Crime merupakan genre film yang menyumbangkan banyak film hebat di ranah teratas alias OSCAR. Banyak sekali film Crime yang masuk OSCAR bahkan menjadi pemenang Best Picture alias Film Terbaik sebut saja The Departed, No Country For Old Men, Godfather dan Silence Of The Lambs. 


Nah, jaman dulu film Crime identik dengan gangster,perampok,yang biasa ane sebut dengan Classic Crime terutama banyak dibuat oleh Martin Scorsese dan Quentin Tarantino. Namun, seiring perkembangan jalan kini banyak konflik dan sumber cerita baru yang muncul di film Crime dan sangat berhasil, terutama para psikopat dengan rentetan dan misteri pembunuhan mereka yang banyak diburu oleh Polisi. Nah, inilah jenis film Crime yang cukup segar dan banyak dibawa oleh David Fincher. Namun, karena banyak memuat unsur psikopat and also psikologis, banyak orang menyebut film film jenis ini bukan Crime melainkan Psychological Thriller. Bukan masalah besar namun ane pribadi kurang nyaman sama itu, dan juga 9 film Crime favorit ane dari 23 Film Crime yang ane tonton sering disebut sebagai Psychological Thriller. Oke, maka dari itu, ini gan  9 Film Crime Terbaik & Terfavorit Ane Yang Sering Dianggap Film Psychological Thriller !


Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

1. Seven


Urutan pertama ane mulai bukan dengan film yang benar benar menjadi favorit ane, namun film David Fincher yang paling terkenal dan paling sering disebut sebagai film Psychological Thriller. Film ini berjudul Seven. Seven adalah film yang dirilis pada tahun 1995 dan dibintangi oleh Brad Pitt, Morgan Freeman, dan Kevin Spacey. Film ini menceritakan tentang dua detektif, satu senior dan satu rookie yang mengerjakan kasus dan memburu seorang pembunuh berantai yang kerap memberikan jejak, petunjuk, dan juga membunuh berdasarkan 7 Dosa Mematikan di Alkitab. Nah, sang pembunuh ini juga gemar membuat tulisan dari darah korbannya. Film ini pun diakhiri dengan ending yang paling mengejutkan, pada zamannya. 


Film ini menjadi salah satu film Crime terbaik sepanjang masa, dengan cerita yang hebat, acting yang luar biasa, dan tentu peran David Fincher yang sangat vital. Bisa dibilang, film inilah yang memulai "arus baru" dalam genre Crime. Nah, alasan ane tetap yakin ini adalah film Crime, selain tertulis jelas di IMDB kalau ini bergenre Crime adalah tentu karena peran dua detektif, investigasi, dan kepolisian yang sangat kuat di film ini. Bahkan mereka yang mengontrol jalannya cerita bukan sang psikopat.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,8/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

2. Gone Girl


Film kedua, masih film dari David Fincher. Nah, film ini merupakan film Crime paling berkesan milik David Fincher untuk ane, ketimbang Seven. Dan film favorit kedua ane dari David Fincher setelah Fight Club. Film ini berjudul Gone Girl, dirilis pada tahun 2014 dan dibintangi oleh Ben Affleck, Rosamund Pike, dan Neil Patrick Harris. Film ini bercerita tentang seorang penulis terkenal bernama Amy yang muak dengan kelakuan suaminya yang sering bertindak kasar. Akhirnya ia membuat rencana untuk memberi pelajaran pada suaminya dengan cara menghilang dan membuat berbagai bukti untuk menyudutkan sang suami agar dituduh bersalah. 



Sepanjang jalan film ini, kita akan menyaksikan tingkah gila, sakit, nan jenius dari Amy untuk mengelabuhi orang lain dan melancarkan rencananya yang tentunya memakan korban. Film ini jujur menurut ane lebih menarik secara atmosfer dan cerita dibanding Seven. Dan bedanya, hampir seluruh jalan ceria film ini dikuasai dan dikontrol oleh Amy, sang psikopat. Tak terlalu banyak detektif terlihat disini, namun peran polisi dalam investigasi kasus ini termasuk banyak di sepanjang film.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,8/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

3. The Girl With Dragon Tattoo


Di posisi ketiga, ada film David Fincher terakhir di list ini. Sama sama film investigasi yang sebelum ane tonton, film ini ane kira akan menjadi film paling gelap dari David Fincher. Film ini berjudul The Girl With Dragon Tattoo. Film yang dirilis pada tahun 2011 dan dibintangi oleh Daniel Craig (James Bond) Rooney Mara, dan Christopher Plummer. Berlatar di Swedia, film ini menceritakan tentang seorang jurnalis yang namanya kini kurang baik di negaranya bernama Mikael Blomqvist yang ditugaskan untuk menginvestigasi dan mengungkap kehilangan seorang putri dari salah satu orang kaya raya di Swedia bernama Henrik Vanger. Bukan hanya itu, ia juga bertugas menyelidiki keluarga Vanger itu sendiri. Dalam investigasi ini, ia memiliki partner seorang hacker yang tentunya ahli melacak berbagai data dan riwayat kasus pembunuhan dan kehilangan. 


Film ini juga cukup menegangkan, cukup sadis, dan punya ending mengejutkan. Namun, ending yang mengejutkan di film ini menurut ane tak sesuai dengan mengejutkan yang ada di dua film tersebut. Karena bisa dibilang, ending film ini terkesan remeh dibanding ceritanya yang cukup intens. Kurang nusuk lah kalau menurut ane. Dari paparan ane diatas, jelas Film ini adalah film yang sangat kuat dengan unsur investigasi. Bedanya, peran detektif di film ini digantikan oleh seorang jurnalis.

Nilai Ane Untuk Film Ini :8,4/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

4. Silence Of The Lambs


Kita masuk ke posisi empat dengan mundur 29 Tahun yang lalu. Film keluaran 1991 yang merupakan film tertua yang pernah ane tonton, bersama Cape Fear yang juga dirilis di tahun yang sama. Dan lebih dulu dari Seven, film ini juga bisa dibilang menjadi penggagas "era baru" film Crime. Pemenang Best Picture OSCAR 1992, Silence OF The Lambs. Film ini bercerita tentang detektif FBI muda yang bernama Clarice yang ditugaskan untuk menginvestigasi dan menangkap pembunuh sadis sekaligus peleceh wanita bernama James Gumb / Buffallo Bill. Namun, untuk menyelesaikan kasus ini ia harus berhadapan dan berguru dengan tahanan psikopat paling berbahaya di negara itu, Dr Hannibal Lecter. Meskipun Hannibal bukan target / sisi utama dari film ini, ia malah mencuri panggung dengan berbagai kejeniusan dan cara nya kabur dari polisi dan juga membunuh petugas. 


Film ini pun memiliki cerita yang sangat hebat. Sebelum ane menonton film ini, film ini sangat sering disebut sebagai film Psychological Thriller,padahal jelas di IMDB terulis Crime. Dan setelah ane nonton, ane rasa menyebut film ini sebagai Psychological Thriller sangat seenak perut, hanya gara2 tokoh psikopat. Dibanding tiga film diatas, film ini adalah film yang paling kental dengan unsur detektif apalagi kepolisian dari awal investigasi sampai penangkapan target. Bahkan kebanyakan cerita di film ini terjadi di ranah kepolisisan. Bisa dibilang, film ini adalah film Crime paling mentok di list ini.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,8/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik


5. Prisoners


Di urutan kelima, ane akan membahas film yang menjadi film favorit ane sepanjang masa bersama Hacksaw Ridge. Salah satu film Crime yang berbau psychological thriller terbaik menurut ane, Prisoners. Film yang dirilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Dennis Villeneuve dan dibintangi oleh dua aktor papan atas yaitu Jake Gyllenhaal dan juga Hugh Jackman. Film ini menceritakan tentang anak yang hilang di hari thanksgiving yang akhirnya melibatkan detektif untuk mencarinya. Emosi dan keputusasaan yang ada di film ini cukup menimbulkan "sakit" saat menyaksikannya. Serta kode demi kode dan misteri demi misteri yang dipecahkan detektif sepanjang film. Di tambah ketika kita dapat melihat sosok penculik sebenarnya yang membuat ane pribadi semakin terkejut. 


Memiliki kesamaan dengan Seven, detektif memainkan salah satu peran terbesar dan mengontrol film ini. Invesitigasi detektif dan polisi juga banyak sekali ditampilkan di film ini. Namun bedanya dengan empat film diatas, kita akan melihat aksi sadis dari pihak korban yang melakukan main hakim sendiri. Sudah sangat jelas kalau film ini adalah film Crime, dan gak bisa seenaknya disebut psychological thriller karena sisi psikopat tak terlalu tampil di film ini.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 9,2/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

6. Joker


Dan di posisi ke enam kita bertemu dengan salah satu film paling panas di tahun 2019, film dengan 11 Nominasi OSCAR. Dan film favorit ane untuk tahun 2019, Joker. Mungkin film Crime berbau Psychological Thriller yang paling banyak diketahui orang. Joker adalah film karya Todd Philips yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Robert De Niro. Film ini bukanlah film yang kuat dengan unsur superheronya DC, melainkan film yang berdiri sendiri untuk Joker. Film ini menceritakan kisah hidup serta pembentukan sisi jahat dari Joker alias Arthur Fleck yang banyak mengalami gangguan, ketidakadilan, dan kekerasan. Hingga ia tak kuat, membunuh, berbuat kriminal, merasa puas, terkenal, dan sering melakukan hal itu. 


Setelah kita melihat aksi Arthur Fleck melakukan perbuatan kriminal, namanya mulai banyak masuk berita, koran, diburu polisi hingga mencapai klimaks di akhir cerita. Sama seperti Gone Girl, film ini juga dikuasai dan dimainkan jalan ceritanya oleh sang psikopat. Peran detektif di film ini menjadi yang paling kecil dibanding film film hebat diatas, namun yang banyak adalah pengejaran polisi, dan investigasi / interview setelah dirinya tertangkap. Menurut ane pribadi, Joker adalah film dengan cerita terbaik dari tokoh yang ada di komik dan juga film film superhero.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,9/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

7. Primal Fear


Kita mundur lagi 24 tahun kebelakang, ke era nya Seven. Kali ini ke tahun 1996 melalui film Primal Fear. Film yang dibintangi oleh Richard Gere dan Edward Norton. Film yang juga memiliki cerita unik pada zamannya. Film ini bercerita tentang seorang remaja yang jelas jelas keluar dari rumah seorang pastur, berlumuran darah, dan lari lari dikejar polisi hingga dipenjara dan tentunya menjadi terduga terkuat untuk pembunuhan sang pastor. Seorang pengacara terkenal di kota ini pun tiba tiba berinisiatif untuk menangani kasus ini tanpa dibayar. Akhirnya, sepanjang jalan film ini sang pengacara bertemu dengan kepribadian ganda kliennya, dan di posisi yang sangat terpojok, ia berhasil memenangkan kasus ini dan sang remaja yang diduga membunuh ini bisa dilepas dan bebas. 


Nah, ending dari film ini melengkapi kegilaan dari cerita di film ini. Berbeda dengan film Crime pada umumnya, yang banyak terdapat di film ini adalah persidangan demi persidangan. Dan di persidangan ini ditampilkan berbagai bukti dari investigasi berupa hasil interview / perbincangan sang pengacara dan remaja terduga pembunuh ini. Dan tentu, selain cerita yang hebat, akting luar biasa dari Edward Norton di film ini menjadi sorotan utama.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,7/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

8. Nightcrawler


Masuk ke era 2010an lagi, kita punya film crime berbau jurnalistik yang tentunya sangat unik menurut ane. Film yang memiliki aura gelap khas film Neo Noir. Film ini berjudul Nightcrawler. Film ini dirilis pada tahun 2014 dan juga dibintangi oleh Jake Gyllenhaal dan Riz Ahmed. Film ini menceritakan seorang pengangguran dan juga sosiopat berkelakuan aneh bernama Louis Bloom yang akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai seorang wartawan kriminal dan kecelakaan di malam hari. Karena memang memiliki perilaku aneh, ia berkerja kelewat ambisius. Melanggar prosedur, melangkahi polisi, memindahkan posisi mayat korban, hingga mengorbankan nyawa orang lain agar memuluskan pekerjaannya dan menjadi kejaran polisi. 


Film ini juga menurut ane kurang cocok kalau mau disebut Psychological Thriller karena sedikit nya unsur psikologi dan peran Louis yang juga bukan seorang Psikopat. Film dengan jenis kriminal yang baru ini juga menjadi terobosan pada tahunnya. Sama seperti Primal Fear, acting pemeran utama di film ini yang dimainkan oleh Jake Gyllenhaal sangat mencolok dan juga hebat.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,7/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

9. I Saw The Devil


Dan terakhir, satu satunya film non bahasa Inggris di list ini. Dan salah satu film terbaik di Korea. Film ini sangat jauh dari kata dan image drama Korea serta menjadi salah satu film korea paling brutal dan sadis yang pernah ane tonton. Film ini berjudul I Saw The Devil. Film ini dirilis pada tahun 2010 dan dibintangi oleh Lee Byung Hun dan Choi Min Sik. Dari semua film di list ini, I Saw The Devil adalah satu satunya film yang mengandung unsur action dan juga yang paling sadis di list ini. Film ini menceritakan tentang seorang agen kepolisian / FBI nya korea yang murka dan ingin membalas dendam karena menemukan tunangannya dimutilasi oleh orang tak dikenal yang ternyata Psikopat buronan. 


Bukan seperti film balas dendam lainnya, sepanjang film ini kita akan melihat kebrutalan sang psikopat yang mencari korban secara acak, yap bisa dibilang dikit dikit ngebunuh orang tanpa masalah, dan juga aksi balas dendam sang agen polisi yang lebih sadis lagi secara bertahap pada psikopat hingga ia puas dan mengakhiri hidup sang psikopat di waktu yang ia inginkan. Kejar kejaran polisi pun banyak mewarnai film ini. Cerita yang simple di film ini bisa dibuat kompleks dengan aksi aksi hebat yang ditampilkan sepanjang film ini dan acting dingin yang membuat film semakin mencekam.

Nilai Ane Untuk Film Ini : 8,6/10

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

Sumber + Refrensi :

Opini Pribadi
IMDB

4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments