Deretan Negara Eropa Barat (&Tengah) Yang Kini Bukan Mayoritas Kristen Lagi

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas topik favorit ane, topik yang sangat sering ane bahas di awal awal masa ane menulis di KASKUS. Yap, ane akan membahas tentang agama di negara negara barat terutama, Eropa. Sejak dahulu, hingga kini Eropa terkenal sebagai benua yang didominasi agam Kristen, bahkan terkenal sebagai penyebar agama Kristen. Untuk saat ini, tercatat kalau sekitar 70% orang di Eropa beragama Kristen dan sekitar 26% diantaranya tak beragama (Agnostic dan Atheist)



Meskipun hingga saat ini Eropa masih menjadi benua mayoritas Kristen, statistik tersebut terus menurun tahun ke tahun. Bahkan beberapa negara di bagian paling terkenal di Eropa yaitu Eropa Barat kini sudah bukan mayoritas beragama Kristen. Ada yang sudah didominasi orang Tak Bergama ada yang jumlahnya hampir seimbang antara Kristen dan tak beragama. Maka dari itu, ini gan Deretan Negara Eropa Barat (&Tengah) Yang Kini Bukan Mayoritas Kristen Lagi.

1. Belanda

Amsterdam Canal Pride parade celebrates Stonewall anniversary

Di urutan pertama kita akan bertemu dengan negara yang sangat erat dengan negara kita dalam urusan sejarah. Negara yang sempat menjajah negara kita sangat lama, dan kini dikenal sebagai negara yang sangat maju, pintar, bersih, namun juga liberal dan tak beragama. Yap, Belanda. Belanda adalah negara yang terletak di Eropa Barat, bertetangga dengan Jerman, Perancis, dan Belgia. Belanda menjadi salah satu negara Eropa yang paling terkenal dan tak beragama, bahkan sudah hampir setengah dekade menjadi negara yang didominasi orang tak beragama, bukan Kristen lagi. Data tahun 2015, tercatat bahwa 50% orang Belanda tak beragama (Agnostic / Atheist) dan hanya sekitar 44% diantaranya yang masih beragama Kristen.

2. Inggris

Congreso Futuro 2019 - Diario Financiero

Di urutan kedua ada negara yang paling terkenal sebagai home of football. Negara yang secara Kerajaannya sangat kental dengan agama Kristen, namun penduduknya sudah tidak. Yap, Inggris. Negara yang terletak di Eropa Barat. Inggris terkenal sebagai negara yang masih mengadopsi Kristen, tepatnya Anglikan / Church Of England sebagai agama negara / agama resmi. Dan terlihat secara seremonial, Kristen masih sangat kental di Kerajaan Inggris. Namun, kini mayoritas warga Inggris sudah bukan Kristen lagi. Data tahun 2018, tercatat bahwa kini sekitar  52% orang Inggris tak beragma (Agnostic / Atheist) dan sekitar 38% yang beragama Kristen.

3. Perancis

Thousands of Algerians in Paris mark the end of Bouteflika's rule ...

Berikutnya, negara yang memang semakin tahun semakin liberal, mungkin negara paling liberal di Eropa bersama Belanda. Negara yang juga terkenal sebagai negara penampung imigran di Eropa Barat, dan kini banyak warganya juga bukan orang Perancis asli. Yap, Perancis. Negara yang terletak di Eropa Barat dan juga negara yang memiliki kota paling populer di Eropa, Paris. Sudah terkenal kalau kekristenan di Perancis semakin lama semakin terkikis. Untuk saat ini , keadaannya tak separah dua negara diatas. Kristen masih menjadi agama terbesar, namun secara persentase mulai diimbangi oleh orang tak beragama. Berdasarkan data tahun 2019, kini sekitar 40% orang Perancis tak beragama (Atheist / Agnostic) dan masih 47% orang Perancis beragama Kristen.

4. Republik Ceko

Marijuana Parade Stock Photos - Download 74 Royalty Free Photos

Dan terakhir, negara yang sedari dulu paling terkenal sebagai negara yang paling tak beragama di Eropa. Mungkin lebih dulu untuk tak beragama daripada tiga negara diatas. Yap, Republik Ceko. Negara yang terletak di Eropa Tengah. Ceko juga bisa dibilang sangat berbeda dengan dua negara Eropa Tengah lainnya yang terkenal cukup beragama yaitu Polandia dan Slovakia. Data tahun 2015, kini tercatat sekitar 64% orang Ceko tak beragama (Agnostic/Atheist) dan hanya sekitar 32% yang beragama Kristen.

Sumber :

Religion In France - Wikipedia
Religion In United Kingdom - Wikipedia

4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments