Deretan Negara Eropa Yang Masih Sangat Didominasi Kristen (Persentase < 80%)

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane masih akan membahas tentang topik yang sama dengan thread ane sebelumnya. Dan thread ane yang saat ini ane tulis juga berkesinambungan dengan thread ane sebelumnya. Yap, ane akan membahas tentang agama di negara negara Eropa. Jika sebelumnya ane sudah membahas Negara Yang Sudah Bukan Mayoritas Kristen Di Eropa, maka di thread ini ane akan menuliskan yang sebaliknya yaitu tentang Negara Yang Masih Sangat Di Dominasi Kristen berdasarkan Persentase.



Yap, sudah banyak negara Eropa yang semakin sekuler dan liberal. Dan juga beberapa diantaranya sudah bukan negara mayoritas Kristen. Namun, masih ada beberapa bahkan banyak negara di Eropa yang masih sangat didominasi Kristen, bahkan persentasenya diatas 80%. Maka dari itu gan, ini dia Deretan Negara Eropa Yang Masih Sangat Didominasi Kristen (Persentase < 80%).

O Night Divine: Keeping the midnight in Midnight Mass

1. Irlandia

See the real Philadelphia locations from Netflix's 'The Irishman'

Di urutan pertama, ane akan membahas negara yang ada di Eropa Barat. Menjadi satu dari sedikit negara Eropa yang masih sangat religius. Negara yang sangat kontras perbedaanya dengan negara tetangganya. Yap, Irlandia. Irlandia adalah negara yang terletak di Eropa Barat, beribukota di Dublin, dan terkenal akan banyak hal seperti Bir Guinness, Whisky, Saint Patrick, serta U2 dan The Script. Di thread sebelumnya, ane sudah sempat menulis bahwa Inggris menjadi negara yang kini mayoritas orangnya tak beragama. Namun, berbeda dengan tetangganya. Irlandia kini menjadi salah satu negara paling religius di Eropa. Secara persentase, Irlandia menjadi salah satu negara dengan penganut Kristen tertinggi di Eropa, yaitu sekitar 84%, dan 79% diantaranya adalah Katolik. Hanya sekitar 10% orang Irlandia yang tak memiliki agama.

2. Polandia

Easter Tradiotions in Poland | Mosquito Hostel's Blog

Selanjutnya, negara yang juga terkenal menjadi salah satu negara yang paling religius di Eropa, dan dikenal sebagai negara yang memiliki tradisi katolik yang sangat kental. Kalau di Indonesia negara ini terkenal nya dengan Robert Lewandowski. Yap, negara ini adalah Polandia. Polandia adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan beribukota di Warsawa. Negara yang terkenal sebagai negara dengan orang berkulit paling putih di dunia ini juga adalah salah satu negara dengan persentase Kristen tertinggi di Eropa. Pada tahun 2015, tercatat bahwa 94% orang Polandia beragama Kristen, dan 93% diantaranya adalah Katolik. Sementara, hanya 3% orang Polandia yang tak beragama.

3. Italia

Money, Alcohol Shared By Priest To Liven Mass Attendance ⋆ 2CNewsBlog

Berikutnya, kita terbang ke negara yang termasuk negara paling terkenal di Eropa. Terutama sebagai negara yang dianggap sebagai pusat Katolik di dunia. Yap, Italia. Negara yang terletak di Eropa Selatan, termasuk kedalam negara Mediterranian, dan juga terkenal sebagai negara Eropa yang memiliki pria paling tampan di Eropa. Berbeda dengan negara negara yang paling terkenal di Eropa yang kini sudah mayoritas tak beragama, Italia masih menjadi negara yang sangat kental akan Kekristenan setidaknya secara persentase. Data tahun 2015, sekitar 85% orang Eropa beragama Kristen, dan 78% diantaranya beragama Katolik. Sementara hanya 12% yang tak beragama.

4. Portugal

Churches To Visit In Delhi This Christmas Season For Midnight Mass ...

Berikutnya masih negara Eropa Barat dan negara yang populer di Eropa. Negra yang terletak di tepi barat Eropa, termasuk negara mediterranian yang orang orangnya terkenal eksotis untuk Eropa. Yap, Portugal. Negara yang beribukota di Lisbon dan tentu paling terkenal dengan Cristiano Ronaldo - nya. Sama seperti Italia, Portugal juga terkenal sebagai negara yang kental dengan Katolik, bahkan menjadi negara penyebar utama Katolik di dunia sejak dulu, bahkan untuk Indonesia juga. Dan hingga kini, Portugal terkenal sebagai negara yang masih religius di Eropa. Data tahun 2015, 89% orang Portugal beragama Kristen, 86% diantaranya merupakan Katolik. Dan hanya 10% yang tak beragama.

5. Yunani

Why do some Orthodox Christians celebrate Christmas in January ...

Dan terakhir, negara yang paling terkenal sebagai pusatnya Kristen Orthodox di Eropa, negara yang mungkin menjadi negara dengan persentase Kristen tertinggi di Eropa dan dunia. Yap, ini dia Yunani. Yunani adalah negara yang terletak di Eropa Tenggara, dan termasuk negara Mediterranian meskipun terletak dekat dengan negara negara balkan. Yunani dahulu memang terkenal sebagai negara yang menganut kepercayaan mitologi / dewa dewi. Namun, sudah lama juga Yunani menjadi salah satu negara tertua yang menganut kekristenan, terutama aliran Orthodox. Data tahun 2017, kini 94% orang Yunani beragama Kristen, dan 90% diantaranya merupakan Orthodox dan hanya sekitar 4% yang tak memiliki agama.

Untuk agan agan yang komen, soal religius gak bisa cuma diliat dari persentase agama, monggo ada link pendukung :


Sumber :

Religion In Greece - Wikipedia
Religion In Republic Of Ireland - Wikipedia

4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments