Mengenal Negara Bagian Paling Kristen & Yang Paling Ateis/Tak Beragama Di Jerman

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik



Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas topik yang sangat sering ane bahas di awal awal masa ane menulis di Kaskus gan. Beberapa agan yang sering baca thread ane sejak 2018 pasti sudah tau. Yap, topik favorit ane. Tentang agama di negara negara barat. Yap, topik ini sering ane bahas karena banyak sekali beredar stereotype kalau semua negara barat terutama Eropa sudah gak berama & sekuler semua. Padahal enggak semua nya. Maka dari itu ane sangat demen menulis tentang hal ini.



Negara yang akan ane bahas hari ini adalah salah satu negara favorit ane. Negara yang secara kemajuan, kepintaran, dan sumber daya manusiannya sangat unggul. Yap, hari ini ane akan membahas tentang negara Jerman. Bisa dibilang, Jerman bukanlah negara yang religius, namun juga bukan negara yang didominasi orang tak beragama. Bisa dibilang, Jerman adalah negara yang sedang soal religiusitas di Eropa. Kini, agama mayoritas di Jerman adalah Kristen dengan persentase sekitar 65% - 71% dan Tak Beragama sekitar 24% - 28%

Christmas in Germany | German Christmas Traditions | German ...

Nah, hal itu bisa terjadi karena hingga saat ini dalam hal kepercayaan, Jerman masih terbagi dua. Dulu Jerman secara bentuk negara terbagi dengan Jerman Barat dan Timur. Sekarang, tidak namun secara kepercayaan sangat terlihat kalau Barat dan Timur di Jerman berbeda. Kini, Jerman Bagian Barat masih didominasi dengan agama Kristen (Protestan & Katolik seimbang) dengan peresentase yang cukup kental yaitu diatas 70%. Namun, Jerman Bagian Timur hingga kini masih didominasi oleh orang orang yang tak memiliki agama, sekitar diatas 70% juga. Maka dari itu, hari ini ane akan membahas soal Negara Bagian Paling Kristen & Yang Paling Ateis/Tak Beragama Di Jerman !

Most Religious / Christian States By Percentage

1. Saarland

10 reasons to love the Saarland region | DW Travel | DW | 05.10.2015

Di urutan pertama kita mulai dengan negara bagian paling religius / Kristen di Jerman. Negara bagian kecil di bagian barat Jerman. Yang mungkin kota besarnya jarang diketahui. Negara Bagian ini bernama Saarland. Saarland adalah negara bagian yang diisi sekitar 900 Ribu Jiwa. Ibu kota terbesarnya adalah Saarbucken. Secara persentase, umat Kristen di negara bagian Saarland ini sangat jauh diatas Jerman sendiri. Tercatat, sekitar 90% orang di Saarland beragama Kristen, dan aliran mayoritasnya adalah Katolik dengan persentase 68% sementara Protestan memegang 22%.

2. Bavaria

A Munich Christmas Market Guide: The Ultimate Holiday Spirit Trip ...

Nah, jika list ini dimulai dengan negara bagian kecil. Maka di nomor dua kita akan bertemu dengan negara bagian terbesar dan paling terkenal dari Jerman. Negara bagian favorit ane. Negara bagian yang merupakan tempat lahirnya BMW dan klub bola favorit ane, Bayern Munchen. Yap, Bavaria. Bavaria adalah negara bagian yang terletak di daerah Selatan Jerman. Negara bagian yang terkenal paling konservatif. Kota terbesar di Bavaria tentu saja adalah Munich. Bavaria ini termasuk kedalam negara bagian termaju dan juga paling religius di Jerman. Sekitar 82% orang di Bavaria beragama Kristen. Dan di negara bagian ini, Katolik juga menguasai dengan 59% sementara Protestan memegang 23%.

3. Baden Wurttemberg

The Best Christmas Markets Near Stuttgart, Germany

Selanjutnya, ada negara bagian yang juga terkenal di Jerman. Negara bagian besar di selatan Jerman, bersebelahan dengan Bavaria. Dan juga tempat lahir berbagai hal hal terkenal dari Jerman. Sebut saja Mercedes Benz dan ilmuan legendaris dunia, Albert Einstein lahir dari negara bagian ini. Negara bagian ini juga terkenal akan dua kota besar nya yaitu Stuttgart & Freiburg. Serta, di negara bagian ini terdapat gereja tertinggi di dunia yaitu Ulm Munster. Di negara bagian ini, 78% orang nya beragama Kristen. Katolik sedikit mendominasi dengan 41% dan Protestan dengan 37%.

Least Religious States In Germany By Percentage

1. Saxony Anhalt

67 Best Saxony Anhalt images | Germany, Germany travel, Landscape

Sekarang kita beralih ke negara bagian paling tak beragama di Jerman, yang tentunya terletak di daerah Timur Jerman, bekas pendudukan Soviet di masa lalu. Kita mulai dengan Saxony Anhalt. Negara bagian di daerah Utara ke Timur Jerman yang terletak di antara dua kota terbesar di Jerman yaitu Hamburg dan Berlin. Kota terbesar di negara bagian ini adalah Madgeburg. Saxony Anhalt bukan negara bagian yang terkenal di Jerman. Negara bagian yang memiliki 2,2 Juta penduduk ini menjadi negara bagian dengan persentase orang tak beragama yang paling tinggi, sangat tinggi. Di tahun 2018, tercatat 83% orang di Saxony Anhalt tak beragama (Agnostic & Atheist) dan Kristen hanya sekitar 15%.

2. Mecklenburg Vorpommern

The Top 10 Things to See and Do in Mecklenburg-Vorpommern, Germany

Di posisi kedua ada negara bagian yang cukup susah dan panjang namanya. Salah satu negara bagian tersepi di Jerman dan terletak di daerah Utara, berbatasan langsung dengan negara Denmark. Negara bagian ini bernama  Mecklenburg Vorpommern. Kota terbesar di  Mecklenburg Vorpommern adalah Schwerin.  Mecklenburg Vorpommern juga bisa dibilang sebagai negara bagian paling tidak populer di Jerman. Hampir sama dengan Saxony Anhalt,  Mecklenburg Vorpommern juga memiliki persentase orang tak beragama yang cukup besar, sekitar 82% dan untuk Kristen hanya 18% pada tahun 2018.

3. Berlin

2 Days in Berlin - The Best 2 Day Berlin Itinerary - Our Taste For ...

Dan terakhir, kita bertemu dengan kota terbesar, ibukota, sekaligus provinsi Jerman yang paling terkenal, setidaknya di Jerman Timur. Apalagi kalau bukan Berlin. Ibukota Jerman yang memiliki sekitar 3,7 Juta Penduduk. Salah satu kota terbesar di Eropa. Berbeda dengan beberapa kota terbesar di Jerman seperti Munich, Dortmund, Stutgart, Freiburg, Dusseldorf, Berlin adalah kota yang sangat tidak religius, bahkan jauh diatas Hamburg yang ada di Jerman Timur / Tengah. Di Berlin, pada tahun 2018 tercatat 77% orang Tak Beragama dan hanya 23% orang beragama Kristen.

Sumber :

Comments