Mystery, Genre Film Ter "Berat" Dan 6 Film Terbaik Dari Genre Ini (Versi Ane)



Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali nulis thread gansist. Thread ane untuk hari ini akan membahas film, setelah dalam beberapa thread berhenti sejenak menulis thread tentang film. Topik per-filman ane hari ini adalah tentang salah satu genre film yang cukup terkenal, mungkin bukan yang paling digemari, dan tentunya menurut ane merupakan genre paling berat dari segi cerita. Genre Mystery


Jadi gan, Genre Mystery adalah genre dimana film yang mengusung genre tersebut memiliki pokok cerita "penyelesaian masalah / pencarian fakta", kebanyakan memiliki plot twist, dan juga sarat dengan unsur psikologis (not only for psychological thriller). Bisa memuat unsur detektif / kepolisian namun dengan kadar minor (kalau major masuknya genre Crime). Mengapa ane sebut film Mystery ini berat. Karena berbagai film Mystery memiliki cerita yang complicated, agak berbelit belit, sulit dipahami secara langsung, dan juga mengalami perubahan cerita di akhir atau di tengah cerita. Maka dari itu film film Mystery banyak yang memiliki ending "cliffhanger". So, ini dia gan Mystery, Genre Film Ter "Berat" Dan 5 Film Terbaik Dari Genre Ini (Versi Ane) !

8 Sutradara Hebat Yang Selalu Saya Idolakan
1. Memento


Di urutan pertama, tentu saja ada film Mystery paling terkenal, dan paling banyak dibicarakan sejauh ini. Dan film yang datang dari salah satu sutradara film paling terkenal di dunia. Film ini berjudul Memento. Dirilis pada tahun 2000 dan mengusung genre Mystery,Thriller. Dan yap, film ini disutradarai oleh Christopher Nolan dan dibintangi oleh Guy Pearce. Film ini menceritakan tentang Kemampuan memori Leonard Shelby (Guy Pearce) yang mengalami kerusakan akibat cedera yang dialaminya. Memori otaknya tidak mampu lagi digunakan untuk mengingat, sehingga ia terpaksa merangkai kejadian – kejadian yang pernah ia alami dengan menggunakan kamera polaroid, tato di tubuhnya dan catatan kecil yang selalu ia tuliskan tentang segala hal yang ingin ia ingat. Hal terakhir yang diingatnya adalah saat ia memergoki seseorang pria misterius memperkosa dan membunuh istrinya, sebelum pria lain membenturkan kepalanya ke cermin. Berbekal foto, tato dan catatan kecilnya, Lenny mencoba merangkai puzzle dari fakta yang tidak mampu ia ingat untuk menemukan pria misterius yang ia duga menewaskan istrinya. Film ini merupakan film kedua Nolan dan film yang mencatatkan namanya untuk pertama kali pada nominasi OSCAR. Film ini juga cukup terkenal karena alurnya yang mundur dan twist ending yang ada di film ini, salah satu film paling jenius di dunia.
8 Sutradara Hebat Yang Selalu Saya Idolakan
2. Shutter Island


Selanjutnya, ada film yang secara popularitas hampir sama dengan Memento. Film yang datang dari salah satu sutradara legendaris Hollywood yaitu Martin Scorsese yang terkenal dengan film film Gangster Crime yang pada saat itu membuat trobosan dalam karirnya dengan membuat film bergenre Mystery,Thriller. Film ini berjudul Shutter Island. Shutter Island adalah film yang dirilis pada tahun 2010 dan dibintangi para aktor kelas atas seperti Leonardo DiCaprio, Mark Ruffallo, Ben Kingsley, dan Michelle Williams. Film ini menceritakan tentang seorang Marshall bernama Teddy Daniels yang bertugas untuk menemukan pasien yang paling berbahaya dalam pulau yang diisi dengan Penjara merangkap Rumah Sakit Jiwa. Dalam perjalanan dan pekerjaannya ia selalu ditemani oleh rekan nya yaitu Chuck Aule. Namun, sepanjang perjalanan dan investigasi banyak hal aneh yang ia temukan dan juga berbagai hal yang hilang. Mulai dari perlakuan para pekerja rumah sakit, bertemunya Teddy dengan pasien pasien aneh, dan kepalanya yang terus menerus pusing, hingga di akhir cerita semuanya nampak berbeda dengan apa yang kita tonton dari awal. Yap, salah satu film dengan plot twist paling terkenal. Dan juga film yang paling banyak diperdebatkan endingnya.
8 Sutradara Hebat Yang Selalu Saya Idolakan
3. Donnie Darko


Berikutnya, salah satu film Mystery SciFi yang kental dengan nuansa "remaja" namun juga tetap dianggap sebagai film Mystery paling iconic di dunia. Film yang melambungkan nama aktor kelas atas bernama Jake Gyllenhaal. Yap, ini dia Donnie Darko. Donnie Darko adalah film bergenre Mystery,SciFi yang dirilis pada tahun 2001 dan disutradarai oleh Richard Kelly. Film ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Donald Darko yang biasa dipanggil Donnie yang terbangun lalu tersadar dirinya selamat dari mesin pesawat yang jatuh persis di kamarnya. Namun, pasca kejadian tersebut ia dan pikirannya selalu diburu oleh sesosok badut kelinci yang mengatakan bahwa kiamat akan datang sebentar lagi dan hanya Donnie yang bisa menyelamatkan hal tersebut dengan mengikuti arahan sang badut kelinci. Dan di ending, film ini seperti berjalan putar balik dan berakhir dengan tragis. Khas film Mystery pada umumnya, film ini juga termasuk film yang banyak dibicarakan karena sedikit susah dipahami dan juga memiliki interpretasi ending yang berbeda beda.
8 Sutradara Hebat Yang Selalu Saya Idolakan
4. Incendies


Di nomor empat, ada film yang tak menggunakan bahasa Inggris, dan juga salah satu film non bahasa Inggris terbaik di dunia. Dan film yang datang dari salah satu sutradara papan atas hollywood yang namanya mulai melambung sejak film ini. Film ini berjudul Incendies, film yang bergenre Mystery,Drama bernuansa Perang yang disutradarai oleh Dennis Villeneuve. Bercerita tentang sepasang saudara kembar yang diberi wasiat oleh ibunya untuk menemukan ayah dan kakak mereka di salah satu negara timur tengah. Dan ketika sampai di Timur Tengah, mereka menemui banyak kesulitan apalagi saat mereka tahu bahwa ibunya dalah tokoh yang sempat gempar disana. Dan ending film ini, cukup menendang otak ane. Meskipun bukan film misterius dengan plot twist. Film berkualitas ! Selain itu, keunikan dan hal spesial dari film ini adalah, film ini merupakan satu dari sedikit film bergenre drama yang memiliki suasana perang, dan bukan film perang ya.
8 Sutradara Hebat Yang Selalu Saya Idolakan
5. Oldboy


Masih film non berbahasa Inggris, ada salah satu film paling legendaris yang datang dari benua Asia, tepatnya Korea Selatan. Bukan cuma jago buat drama romance, Korea juga sangat sangat hebat membuat film berat dan gelap. Dan pembuktian terbaik mereka adalah bulan lalu ketika mereka berhasil memenangkan Best Picture OSCAR dengan Parasite. Namun, film yang ane bahas kali ini akan membawa kita mundur 17 tahun. Film yang dirilis pada tahun 2003 dan berjudul Oldboy. Film Mystery,Thriller dengan sentuhan Action yang dibintangi oleh salah satu aktor senior terbaik di Korea, Choi Min Sik. Film ini bercerita tentang seorang yang tiba tiba di culik selama 15 Tahun di satu kamar tanpa alasan, lalu dibebaskan untuk mencari alasan itu. Jika dalam tempo beberapa hari ia gagal menemukan alasannya, orang orang yang ia cintai akan dibunuh. Dan yap, ia berhasil dan membuat penonton mengetahui alasan mengapa ia diculik dan ending yang cukup mindfuck. Film ini juga menjadi film dengan cerita yang sangat jarang dan unik pada zamannya bahkan hingga kini.

8 Sutradara Hebat Yang Selalu Saya Idolakan

6. Pintu Terlarang


Dan terakhir, film yang juga bukan dari Hollywood melainkan film dari negara kita sendiri, Indonesia. Film yang sejak dulu menjadi film Indonesia terbaik sepanjang masa versi ane. Salah satu film dengan cerita paling complicated, gelap, sadis, dan berkualitas yang dimiliki Indonesia. Film karya sutradara yang kita semua sudah pasti tau, Joko Anwar yang berjdul Pintu Terlarang. Film bergenre Mystery Thriller ini dibintangi oleh Fachry Albar, Ario Bayu, Tio Pakusadewo, Marsha Timothy, dan Atiqah Hasiholan. Film yang menceritakan tentang seorang pemahat dan pembuat patung, yang terkenal. Namun, ia juga menyimpan rahasia berupa ia sering menyimpan janin aborsi dalam patung ibu hamil nya. Permasalahan utama film ini adalah, adanya sosok yang selalu menggangu pikiran dan kejiwaan sang pematung yang selalu meminta tolong untuk dibebaskan olehnya. Film ini memiliki jalan cerita, konflik, dan ending yang mindblowing banget untuk ane. Bukan hanya berkualitas, film ini juga sangat rapih. Hati hati, film ini mengandung unsur kekerasan yang cukup sadis dan penuh darah.

Sumber :

Opini Pribadi
Wikipedia
IMDB

4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments