Sub/Genre Favorit Ane, Metalcore Dan 4 Lagu Terbaiknya Menurut Ane

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Setelah kemarin cukup banyak nulis thread soal film, maka nya hari ini ane akan ganti topik gan. Ane akan membahas topik yang agak lebih ringan dan pasti hampir setiap hari kita akses, apalagi kalau bukan musik gansist. Namun, musik yang akan ane bahas disini bukan musik ringan, udah keliatan dari judul ya. Yap, ane akan membahas soal genre favorit ane yaitu Metalcore !



Jadi, Metalcore adalah genre yang termasuk kedalam fusion genre dari Heavy Metal. Tepatnya percampuran dari Extreme Metal & Hardcore Punk. Dari segi vokal, mungkin Metalcore keliatan identik dengan Hardcore Punk / Emo yang didominasi oleh scream dan diselingi oleh Vokal. Namun, Metalcore menurut gw bukan genre yang mungkin dianggap alay seperti Emo, karena Metalcore tetap memiliki base musik seperti Metal pada umumnya, bukan cuma scream dan dandanan sangar doang. Beberapa band Metalcore paling terkenal adalah As I Lay Dying, The Devil Wears Prada, Parkway Drive, dan juga beberapa diantaranya sudah mengusung genre lain seperti Bring Me The Horizon, Asking Alexandira, Bullet For My Valentine, bahkan Avenged Sevenfold. So, ini dia gan 4 Lagu Metalcore Terbaik Versi Ane / Favorit Ane !

The Big Four Of Metalcore?! - Heavy Blog Is Heavy

1. Parallels - As I Lay Dying

Parallels - t7r mix XQ01 - Simfiles - ZIv

Di urutan pertama ada lagu yang secara luas dianggap sebagai salah satu lagu Metalcore terbaik sepanjang masa. Lagu dari salah satu band metalcore paling besar, salah satu band yang masih konsisten dengan genrenya, dan band yang baru bangkit setelah terpuruk selama 7 Tahun. Ini dia, Parallels dari As I Lay Dying. Parallels adalah lagu yang dirilis pada tahun 2010 dan menjadi single utama pada album The Powerless Rise, salah satu album terbaik band ini yang masuk ke dalam posisi 10 Billboard 200 US. Ciri khas lagu ini adalah scream dengan nada rendah namun gahar oleh Tim Lambesis dan juga vokal yang merdu dan reff yang melodik dari Josh Gilbert. Bisa dibilang lagu ini cukup kaya melodi dan tak hanya berfokus pada distorsi seperti lagu As I Lay Dying lainnya. Selain itu, lagu AILD favorit ane adalah A Greater Foundation.

2. Waking The Demon - Bullet For My Valentine

Bullet For My Valentine - Waking The Demon (2008, CD) | Discogs

Selanjutnya, ada lagu dari Band Metalcore yang juga disebut sebagai salah satu band Metalcore pionir dan juga salah satu band metal modern terbaik di Britania Raya, Bullet For My Valentine. Mungkin agan agan klo denger nama band ini pasti nyadarnya sama lagu paling mainstreamnya yaitu Tears Dont Fall. Namun karena list ini menurut ane, jadi ane masukin lagu BFMV yang ane paling suka yaitu Waking The Demons. Lagu yang dirilis pada tahun 2008 dan termasuk ke dalam album Scream Aim Fire. Hal yang membuat ane suka lagu ini adalah digabungkannya Thrash Metal dengan Metalcore. Maka dari itu, melodi dan alunan gitar di musik ini terkesan cepat khas Thrash Metal namun tetap mempertahankan Scream ala Metalcore, serta permainan Lead Guitar yang sangat bagus untuk musik Metalcore menurut ane. Video musik lagu ini juga terkenal dengan nuanasa "werewolf". Selain itu, lagi BFMV favorit ane adalah Your Betrayal.

3. Chelsea Smile - Bring Me The Horizon

Bring Me the Horizon - Chelsea Smile - Listen on Deezer

Okay, akhirnya nih gan. Band besar yang mungkin ditunggu tunggu banyak orang, namun juga kini banyak dibenci karena mulai melambai musik musiknya, namun ane tetap menghargai dan tetap menikmati musik mereka meskipun haluan mereka berubah. Pasti udah tau ya ini band apa, yoi BMTH. Bring Me The Horizon, salah satu band modern metal paling terkenal dari Inggris. Band yang suka berganti genre musik cukup drastis, sudah 3x. Dari Deathcore, Metalcore, Alternative Metal, hingga Pop Rock. Namun era Metalcore mereka adalah yang paling diingat karena melahirkan 3 Album, dan tentu lagu lagu mereka yang legendaris. Terutama, Chelsea Smile. Salah satu lagu Metalcore paling murni dari mereka. Lagu yang tak ada clean vocal namun menurut ane "heavy and catchy at the same time". Yap, breakdown, distorsi, dan alunan musik di lagu ini sangat pas dan bikin orang auto Headbang. Selain itu, lagu BMTH favorit ane adalah Go To Hell For Heaven Sake.

4. Assistant To Regional Manager - The Devil Wears Prada

assistant to the regional manager | Tumblr

Dan terakhir, dari band Metalcore favorit ane, sama sama band Christian Metalcore seperti As I Lay Dying serta band yang masih konsisten dengan genre mereka, The Devil Wears Prada. Band Metalcore asal Ohio yang kini mungkin masuk jajaran Top 5 Metalcore Band. Dan lagu pilihan ane dari band ini adalah Assistant To Regional Manager, lagu yang dirilis pada tahun 2009 dan termasuk kedalam album ke tiga mereka dan album terkeras mereka, With Roots Above And Branches. Lagu ini identik dengan nada yang cukup melodik dari intro hingga alunan dan breakdown yang cukup banyak. Clean vocal di lagu ini juga cukup bagus dan sangat click di bagian reffnya. Album dari lagu ini pun memasuki posisi ke 11 dalam US Billboard 200. Selain itu, lagu TDWP favorit ane adalah Worldwide.

Sumber :

Wikipedia
Opini Pribadi
Spotify

4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments