Berbagai Film Masalah Pernikahan Dan Keluarga Terbaik Menurut Ane

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane kembali menulis thread gan. Di thread ane kali ini, ane akan membahas tentang salah satu tema yang mungkin jarang diangkat di sebuah film. Yap, tema bukan genre. Tema ini adalah Permasalahan Suami Istri & Keluarga. Film Film yang bertema masalah keluarga seperti ini biasanya merupakan film yang jarang menguasai pasar umum. 

Karena tujuan utamanya memang bukan untuk hiburan. Namun untuk pembelajaran dan juga contoh. Ane masih SMA, gak terlalu demen juga nonton film bertema seperti ini. Namun setiap kali ane selesai menontonnya, ane selalu mendapat pelajaran yang mungkin bisa ane terapkan di kemudian hari. Maka dari itu gan, ini dia Berbagai Film Masalah Pernikahan Dan Keluarga Terbaik Menurut Ane.

1. Manchester By The Sea

Di urutan pertama, ada film yang berhasil masuk nominasi Best Picture OSCAR 2017 serta berhasi membuat Casey Affleck memenangkan OSCAR pertamanya sebagai Best Actor. Film ini berjudul Manchester By The Sea. Manchester By The Sea adalah film drama yang dirilis pada tahun 2016, dibintangi oleh Casey Affleck, Lucas Hedges, dan Michelle Williams. Disutradarai oleh Kenneth Lonergan dan diproduseri oleh Matt Damon. Film ini bercerita tentang Lee Chandler, seorang Cleaning Service yang memiliki masa kelam. Ia kehilangan dan menghancurkan keluarganya sendiri di masa lalu. Ia karena teledor membuat rumahnya kebakaran seusai pesta hingga menewaskan anaknya. Ia pun diceraikan istrinya dan mengalami depresi. Namun, di masa sekarang ia harus bertanggung jawab untuk mengasuh keponakannya. Awalnya ia menolak, namun ia mengingat jasa jasa dan bantuan kakaknya untuk hidupnya, maka dari itu ia mau mengasuh anak kakaknya. Di film ini yang ditunjukkan bukan hanya tentang bagaimana keberhasilan melakukan tanggung jawab, melainkan bagaimana beratnya hidup ketika kita mengemban tanggung jawab namun juga memiliki depresi berat yang selalu menghantui.

2. Gone Girl

Jika di nomor satu ane sudah membahas soal film masalah keluarga dalam lingkup pernikahan dan mengasuh ponakan, di film kedua ini ane akan membahas soal salah satu film kesukaan ane. Film yang memiliki tema permasalahan suami istri namun dibuat dengan gelap dan juga memiliki genre Crime Thriller. Gone Girl. Gone Girl adalah film yang dirilis pada tahun 2014. Film ini dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike. Mungkin film ini memiliki jalan cerita yang gak terlalu masuk akal untuk kehidupan nyata, namun pokok utamanya masuk. Film ini bercerita tentang Amy, penulis terkenal yang menikah dengan seorang guru bernama Nick. Pada anniversary nya, Amy menghilang namun juga membuat berbagai teka teki dan bukti untuk menyudutkan Nick, agar dianggap polisi sebagai pembunuh dirinya. Hal ini terjadi karena trauma Amy terhadap perlakuan Nick. Nick kerap kali memarahi bahkan memukul Amy karena Amy sering mencurigai perselingkuhan Nick.

3. Dogtooth

Berikutnya, film drama keluarga, tepatnya permasalahan keluarga yang cukup aneh dan gelap. Film karya sutradara terbaik asal Yunani, Yorgos Lanthimos. Film Yunani yang masuk nominasi OSCAR untuk film berbahasa asing. Dogtooth adalah film yang dirilis pada tahun 2009. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga normal. Orang tua lengkap dan 3 anak (1 Laki Laki dan 2 Cewek). Namun, pemikiran orang tua mereka cukup aneh. Meskipun anaknya sudah berusia remaja, mereka tidak boleh sama sekali keluar rumah. Mereka benar benar terisolasi dan juga dihindarkan dari kata kata kasar (kata kasar sama mereka maknanya diplesetin). Orang tua mereka juga bertindak kasar kalau mereka melawan. Namun hal ini malah membuat anak anak itu terganggu, meskipun tak pernah terkena pengaruh luar. Perilaku seksual mereka menjadi menyimpang dan juga beberapa kali melukai diri sendiri.

4. Marriage Story

Dan terakhir, film yang juga berhasil masuk Nominasi Best Picture OSCAR 2020. Film permasalahan pernikahan yang mungkin paling terkenal akhir akhir ini. Film ini disutradarai oleh Noah Baumbach serta dibintangi oleh Laura Dern, Scarlett Johannson, dan Adam Driver. Film ini tidak bertitik berat pada permasalahan pernikahan pasangan ini yang sesungguhnya. Melainkan tentang sulitnya dan panjangnya proses untuk melaksanakan perceraian, dan juga gengsi yang membuat mereka enggan mengeluarkan perasaan yang sebenarnya ada di hati mereka. Film ini juga enggak menawarkan hiburan, beberapa adegan perkelahian pernikahan juga ditampilkan secara cukup realistik, seperti pasangan suami istri yang lagi beneran berantem.

Sumber :

Opini Pribadi
Wikipedia

Comments