Deretan Provinsi Di Indonesia Yang Memiliki Makanan / Kuliner Khas Terbaik Versi Ane

Deretan Negara Eropa Barat (&Tengah) Yang Kini Bukan Mayoritas Kristen Lagi

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini bahasan ane akan membahas tentang kuliner lagi nih gan. Mumpung mau deket deket jam buka, jadi kepikirannya makanan terus gansist. Tentu aja di thread ini yang akan ane bahas adalah makanan / kuliner khas Indonesia. Indonesia memang terkenal dengan makanan makanan khas dari setiap daerahnya yang unik dan enak enak gansist. 

Sepiring Padang, Kelapa Gading, Jakarta

Maka dari itu, di thread ini ane akan menulis berbagai provinsi dengan makanan khas paling enaknya, menurut selera ane ya gan. Dan ane juga belum tuntas mengunjungi semua provinsi di Indonesia, baru 8 Provinsi gan. Jadi beberapa makanan yg ane coba gak ane coba langsung di daerahnya. So, ini dia gan Deretan Provinsi Di Indonesia Yang Memiliki Makanan / Kuliner Khas Terbaik Versi Ane.

1. Sumatra Barat

Sepiring Padang - Kelapa Gading, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara ...

Di urutan pertama ada provinsi yang udah undoubtedly terbaik soal kuliner di Indonesia. Provinsi yang kelezatan makanan khasnya udah kesebar ke seluruh Indonesia bahkan ke beberapa negara lain. Yap, Sumatra Barat. Makanan makanan khas Sumatra Barat atau yang sering disebut makanan khas Padang gak pernah absen mengisi daftar makanan terlezat di dunia dan Indonesia. Dengan ciri khas makanan yang bersantan, berminyak, sedikit pedas, berkolesterol, dan didominasi daging. Untuk ane yang pecinta daging ini, tentunya masakan khas Sumatra Barat sangat cocok untuk ane. Sebut saja Gulai Otak, Ayam Pop, Ayam Sayur, Gulai Cincang, Tunjang, dan Rendang.

2. Sumatra Utara

Resep Babi Panggang Karo, Hidangan Khas Medan yang Renyah dan Gurih

Di urutan kedua, provinsi tetangga dari Sumatra Barat yang gak kalah enak soal makanan khas. Namun gak bener bener setenar Sumbar karena beberapa makanan unggulannya berkategori non halal. Yap, Sumatra Utara. Kota Medan menjadi kota metropolitan dengan wisata kuliner terbaik yang ane pernah kunjungi. Akulturasi berbagai budaya membuat cita rasa di makanan makanan khas Medan jadi beranekaragam. Terlebih, karena ane merupakan seorang Non Muslim jadi ane sangat suka semua makanan khas Sumatra Utara terutama yang berbahan dasar babi. Seperti Babi Panggang Karo, Saksang, Gulai Ayam Batak, Arsik, Mie Siantar, dan banyak lagi.

3. Jawa Timur

Sate Kambing Enak Empuk Gurih Berbumbu Praktis - Resep | ResepKoki

Selanjutnya, provinsi yang makanan khasnya banyak jadi makanan nasional paling terkenal di Indonesia. Dan tentunya jawara di tanah Jawa gansist. Jawa Timur, yang tentunya termasuk madura. Segala jenis makanan populer asli Indonesia banyak yang berasal dari Jawa Timur. Ane sendiri baru mengunjungi dan singgah di 4 Kota di Jawa Timur yaitu Surabaya, Malang, Gresik, Banyuwangi. Namun dari empat kota diatas itu saja ane sudah bisa mendapatkan rasa makanan khas Jawa Timur yang sesuai dengan ane. Seperti Soto Lamongan, Sate Madura, Rawon Sapi, Bebek Sinjay.

4. Sulawesi Utara

11 Makanan Khas Manado Terpopuler - DIGIKU.COM

Dan terakhir, provinsi di Indonesia yang menurut ane nomor satu untuk urusan cewek cewek cantik gan. Tetangga dari Filipina ini juga juara soal makanan makanan enak yang ekstrem gansist. Sulawesi Utara. Ane sendiri belum pernah berkunjung langsung ke Sulawesi Utara. Namun ane punya banyak teman asli Sulawesi Utara dan cukup sering diundang ke acara mereka. Dan dari sana, berbagai jenis binatang ane sudah ane cicipi dan jujur menurut ane sangat sangat enak. Mulai dari Biawak Balado, Rica Rica Anjing, Musang Pedas, Klapertaart, Ikan Woku, Cakalang, dan Panada.

Sumber :

Pengalaman + Opini Pribadi

Comments