Ganti Gabut Jadi Gerak, Ini 5 Olahraga Yang Bisa Agan Agan Coba Selama Di Rumah

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Thread ane kali ini cukup ringan gan. Seputar hal hal yang bisa kita lakukan selama masa Self Quarantine di rumah. Gak kerasa gan sudah dua bulan pas kita menjalani masa Social Distancing. Ada yang sudah full 2 Bulan di rumah seperti ane, dan juga ada yang baru baru ini setelah PSBB resmi di berlakukan.

Get Abs in 2 WEEKS | Abs Workout Challenge - YouTube

Kalau ane lihat lihat dari komentar di sosmed, kebanyakan orang selama Self Quarantine ini gabut karena enggak bisa beraktivitas diluar. Ane pun yang orangnya mageran pun lama kelamaan bisa gabut juga. Maka dari itu, ane terpikir untuk melakukan hal yang sudah sangat lama gak ane lakukan. Yap, Olahraga. Ane sebelumnya sudah gak olahraga sama sekali selam 1,5 Tahun (parah emang hehe). Dan kini, ane sudah genap 1 bulan full rutin berolahraga untuk mengisi waktu. Dan menurut ane, Olahraga bisa jadi menyenangkan jika kita melakukannya ketika bosan. Nah, ini gan ada beberapa rekomendasi olahraga yang bisa agan lakuin di rumah, berdasarkan pengalaman ane.

Ane cuma menulis yang ane coba, belum tentu cocok di agan agan. Maka dari itu, kalau mau mencoba bisa disesuaikan dulu sama diri sendiri.

1. Treadmill Jogging / Static Cycling

How To Use A Treadmill Effectively

Di urutan pertama, ane akan membahas dua contoh olahraga jenis Kardio yang bisa dilakukan dirumah, namun tentunya membutuhkan alat. Yap, Jogging dengan Treadmill dan Bersepeda dengan Static Bike. Olahraga ini cocok untuk agan agan yang emang demen jogging / sepedaan dan gak bisa melakukannya di masa masa seperti ini. Olahraga ini menurut ane termasuk olahraga yang cocok untuk membakar lemak, karena bagian badan dan kaki kita lah yang paling banyak bekerja, dan keringat yang keluar banyak. Selain itu, melalui alat ini kita juga bisa melihat sudah berapa km jarak yang kita tempuh dan kalori yang terbakar. 

Exercise Bike Workouts | Coach

Kalau ane pribadi, hanya pakai Static Cycling karena Treadmill ane rusak. Setiap hari ane minimal bersepeda 1 Jam dengan total jarak 20km dan membakar 300 kalori. Namun kalau bener bener bosan, ane bisa melakukan olahraga ini selama 2 jam dengan hasil kalori terbakar hingga 600 kalori. Kendala paling di kaki kita yang akan terasa pegal di awal olahraga, namun setelah 10 menit rasa pegal itu akan hilang ketika kita bersepeda.

2. Plank

Baru Saja Terjadi, Rekor Plank Dipecahkan Oleh Instruktur Yoga ...

Selanjutnya, olahraga statis, olahraga diem yang tentunya ngeselin tapi juga bermanfaaat gan. Yap, Plank. Olahraga yang membuat waktu ini terasa lama. Olahraga ini dilakukan dengan cara melakukan posisi push up namun tumpuan dibebankan pada lengan yang ditekuk, dan posisi tubuh yang lurus. Olahraga ini bermanfaat untuk melatih otot perut dan punggung dan fungsi utamanya bukan untuk membakar lemak / menurunkan berat badan. Maka dari itu tetap ane barengi dengan Bersepeda / Jogging. Kalau Plank sudah rutin ane lakukan selama 1 minggu dengan dosis 5 menit untuk 1 hari. Tentu, karena olahraga ini cukup menyakitkan untuk pemula seperti ane, maka ane bagi bagi latihan ini menjadi 5 set yang masing masing setnya mengharuskan kita plank selama 1 menit.

3. Push Up

3 Jenis push up untuk tubuh lebih seksi | merdeka.com

Berikutnya, ada olahraga yang juga menyakitkan untuk ane dan dulu ane hampir gak pernah lakukan. Yap, Push Up. Mungkin ini adalah jenis latihan yang paling terkenal . Push Up sendiri berfungsi untuk melatih otot dada dan lengan. Dulu ane enggak pernah Push Up sama sekali, karena ngelakuin Push Up yang bener cukup bikin sakit untuk ane. Namun selama SelfQ ini selain gabut, ane berpikir, lengan ane cukup besar dan sayang kalau dibiarin lembek dan gak berotot. Maka dari itu ane coba coba push up. Sama dengan Plank, ane sudah rutin melakukan push up selama 1 Minggu. Dan dua hari terakhir ini ane sudah melakukan 100 Kali Push Up per harinya. Namun secara rata rata, minimal ane melakukan 50 Push Up per harinya. Tangan dan dada mayan sakit pas malam, namun tangan dan bahu sudah terlihat pembentukannya. Oh iya, pelaksanaanya juga ane bagi jadi 10 push up per 1 set nya.

4. Sit Up

3 Cara untuk Melakukan Sit Up - wikiHow

Dan terakhir, salah satu latihan favorit ane dulu, dan juga terkenal berfungsi untuk melatih otot perut. Yap, Sit Up. Banyak orang termasuk ane yang salah tangkap bahwa Sit Up akan buat kita Six Pack. Memang benar, Sit Up membentuk otot perut, namun agar terlihat hasilnya, kita juga harus membakar lemak tentunya dengan olahraga lain selain Sit Up. Biasanya ane dulu melakukan 50 Sit Up seharinya secara rutin, dan mungkin bakal ane coba lagi nanti. Karena selama SelfQ ini ane belum mencoba push up sama sekali karena fokus sama ketiga olahraga diatas.

Sumber :

Opini Pribadi
Pengalaman Pribadi

Comments