Hal Positif & Negatif Untuk Anak SMA Angkatan 2020 Karena Adanya Pandemi Corona

Film Christopher Nolan Dari Yang Terburuk Hingga Yang Terbaik

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas tentang hal yang baru ane dan temen ane rasain. Yap tepat tanggal 2 Mei 2020, kami siswa SMA / K Angkatan 2020 resmi lulus. Namun bisa dibilang ini adalah kelulusan yang paling langka, setidaknya diluar angkatan yang lulus di jaman perang / pembrontakan. 

zoom-distance-learning - 81 Broadband

Yap, mungkin angkatan kami adalah angkatan pertama yang lulus secara online dan gak akan ada perpisahan karena pandemi. Harus dimaklumi. Namun, gak semuanya negatif kok. So, ini gan Hal Positif & Negatif Untuk Anak SMA Angkatan 2020 Karena Adanya Pandemi Corona.


Positive Things

1. Tidak Adanya UN

Hore, UN Ditiadakan! Halaman 1 - Kompasiana.com

Pertama, hal yang mungkin pertama kali diselebrasikan oleh seluruh siswa secara online di masa SelfQ ini gan. Yap, UN ditiadakan lebih cepat yang harusnya dimulai tahun depan namun diberlakukan untuk angkatan kami. UN memang sudah tidak menentukan apa apa, kelulusan diambil dari nilai US dan Praktek. Namun tetap saja, banyak siswa yang akan stress jika nilai UN nya jelek karena berbagai alasan, dan tentu kita yang sudah melaksanakan serangkaian ujian harus belajar lagi untuk "hiasan ijazah" bernama UN.

2. Libur Semakin Panjang

Self-Isolation and Self-Quarantine: What Do They Mean?

Kedua, hal yang mungkin menjadi pro kontra. Banyak orang yang gak suka dikurung dirumah. Namun, jujur ane pribadi adalah orang yang cukup bahagia dengan ini. Libur menjadi hal yang sangat dinanti oleh para siswa. Belajar 5 bulan 1 semester lalu akhirnya mendapat liburan 1 Bulan di akhir tahun dan 2 Bulan di pertengahan tahun. Dan untuk anak kelas 3 SMA, liburan bakal berjalan selama 5 bulan. Dari awal April seusai UN hingga Awal September dimana kami akan masuk kuliah. Nah, dengan adanya hal ini, liburan kami ditambah 2 Minggu diawal seusai US dan setidaknya tetap sampai September aja deh gan. Jangan sampai Pandemi ini kelamaan juga hehe.

3. Gak Ada Coret2An & Kebut Kebutan

Geng Warrior: Konvoi Kelulusan SMA

Dan yang ketiga, hal ini juga cukup pro kontra nih gan. Banyak siswa yang ber-euforia dengan cara ini, namun jujur ane dan temen temen ane menganggap hal ini norak dan menganggap lenyapnya hal ini tahun ini adalah hal positif. Tentu akan menjadi hal positif bagi para pengendara dan polisi. Gak akan ada aksi konyol seperti acara coret coret seragam dan konvoi yang membahayakan di jalan raya.

Negative Things

1. Gak Adanya Graduation + Prom

To Prom or Not to Prom?—Pro-Kontra Mengadakan Pesta Prom Night ...

Selanjutnya hal yang menurut ane negatif. Hal yang cukup menyedihkan untuk ane pribadi. Graduation dan Prom Night bisa disebut sebagai puncaknya masa SMA. Dimana kita akan bertemu terakhir kali secara formal dan menjadikannya sebagai momen khusus. Dan juga berfoto bersama menjadi momen untuk mengabadikan kenangan terakhir bersama teman SMA. Dan juga prom night, momen puncak / terakhir dengan pasangan semasa SMA. Dan sayang, wacananya angkatan ini enggak akan mendapat hal itu dan kelulusan kami akhirnya hanya sebatas via grup WA dan dikirim dengan bentuk PDF.

2. Kurang Jelasnya Urusan Masuk PTN

Setiap Menit, 3.000 Peserta UTBK Terproses | Republika Online

Dan terakhir, hal yang cukup booming bulan lalu. Pengumuman yang membuat banyak anak SMA mengeluh di sosial media. Yap, pengumuman bahwa UTBK diundur dan tesnya diganti dengan TPS. Banyak yang kesal karena usaha mereka belajar IPA/IPS sia sia. Namun ane pribadi malah senang dan menyukurinya. Dan juga, anak anak yang tadinya sering les untuk menghadapi UTBK ini mau gak mau cuma bisa les via online. Meskipun online sudah menjadi solusi, hal itu menurut ane enggak efektif, untuk ane yang udah menjalankannya.

Sumber :

Opini Pribadi

4 Rekor Indonesia Di Dunia

Comments