Mengenal Kota Metropolitan Paling Religius & Tidak Religus Di Amerika Serikat

Hai gansist. Balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane kembali menulis thread gansist. Thread ane hari ini akan membahas tentang salah satu negara favorit ane. Negara yang paling sering ane bahas dalam thread. Yap, apalagi kalau bukan Amerika Serikat. Negara yang paling sering disalah sangka / dianggap buruk oleh orang Indonesia.

Dan di thread ini ane akan membahas tentang "agama" / "religiusitas" di Amerika Serikat. Untuk agan agan yang belum tahu, Amerika Serikat adalah salah satu negara paling religius diantara negara maju dan barat lainnya. Sama seperti Indonesia, Amerika juga menjadi negara yang memiliki penganut salah satu agama dengan populasi terbanyak di dunia. Yap, Amerika Serikat adalah negara dengan jumlah umat Kristiani terbanyak di dunia. Dan di Amerika Serikat, ada kota metropolitan yang religius dan juga tidak. Maka dari itu, ini dia gan Mengenal Kota Metropolitan Paling Religius & Tidak Religus Di Amerika Serikat !

Most Religious Metro Area

1. Dallas, Texas

Di urutan pertama, ada salah satu kota paling terkenal di Amerika Serikat yang juga berada dalam salah satu negara bagian paling terkenal dan terbesar di Amerika Serikat. Yap, Dallas, Texas. Dallas adalah kota yang terletak di daerah Timur negara Bagian Texas. Dallas adalah kota terbesar ke 2 di Texas dan terbesar ke 9 di Amerika Serikat. Dan untuk urusan kota metropolitan, Dallas menjadi yang paling religius. Hal yang cukup umum di daerah Selatan Amerika Serikat. Dilansir dari Pew Forum, 78% Orang di Kota ini beragama Kristen dan Evangelical Christian menjadi denominasi terbesar. 92% orang di kota ini Percaya Pada / Akan Adanya Tuhan dan 7% tak percaya adanya Tuhan. 75% diantaranya pergi ke Gereja / rumah ibadah lain 1 Minggu - 1 Bulan sekali dan sekitar 24% jarang atau tidak pernah sama sekali.

2. Houston, Texas

Dibawah Dallas, ada kota yang juga masih satu negara bagian dengan Dallas. Kota yang lebih terkenal dan besar lagi. Houston, TX. Houston adalah kota yang terletak di daerah tenggara negara bagian Texas. Houston adalah kota terbesar di Texas dan kota terbesar ke 4 di Amerika Serikat. Yap, tak heran Texas menguasai kota kota religius di AS, karena Texas merupakan salah satu negara bagian paling religius dan besar di Amerika Serikat. Gereja Karismatik / Protestan terbesar di dunia dari segi jumlah jemaat juga terletak di Houston yaitu Lakewood Church.  Dilansir dari Pew Forum73% Orang di Kota ini beragama Kristen dan Evangelical Christian menjadi denominasi terbesar. 93% orang di kota ini Percaya Pada / Akan Adanya Tuhan dan 6% tak percaya adanya Tuhan73% diantaranya pergi ke Gereja / rumah ibadah lain 1 Minggu - 1 Bulan sekali dan sekitar 27% jarang atau tidak pernah sama sekali.

Least Religious Metro Area

3. San Fransisco, California

Kita beralih ke kota paling "tak bertuhan" di Amerika Serikat. Kota yang secara religiusitas jauh sekali dengan dua kota di atas. Dan kota ini juga merupakan kota yang sangat terkenal di Amerika Serikat, dari negara bagian paling terkenal dan paling banyak penduduk di Amerika Serikat yaitu California. San Fransisco. San Fransisco adalah kota yang terletak di Barat Laut California. San Fransisco kini terkenal sebagai kota paling liberal di Amerika Serikat, dan juga salah satu kota paling ramah akan LGBT. Dilain sisi San Fransisco juga menjadi rumah bagi banyak perusahaan teknologi hebat di dunia yang terletak di Sillicon Valley.  Dilansir dari Pew Forum, 48% Orang di Kota ini ber agama Kristen dan Catholic menjadi denominasi terbesar. 74% orang di kota ini Percaya Pada / Akan Adanya Tuhan dan 21% tak percaya adanya Tuhan. 55% diantaranya pergi ke Gereja / rumah ibadah lain 1 Minggu - 1 Bulan sekali dan sekitar 45% jarang atau tidak pernah sama sekali.

4. Boston, Massachusetts

Dan terakhir, kita terbang jauh ke timur laut Amerika Serikat. Ke kota yang terkenal terletak di Negara Bagian terpintar di Amerika Serikat. Negara Bagian yang diisi universitas terbaik dunia yaitu MIT dan Harvard. Ini dia, Boston, MA. Boston adalah kota terbesar di Massachusetts dan terletak di bagian Timur. Boston terkenal sebagai kota dengan keturunan Irlandia terbanyak di AS. Tokoh tokoh Boston pun sangat terkenal. Sebut saja Matt Damon, Edward Norton, Mark Wahlberg, dan Casey Affleck. Seperti negara bagian Timur Laut AS pada umumnya, Boston bukanlah kota yang religius, bahkan tidak religius.  Dilansir dari Pew Forum, 57% Orang di Kota ini beragama Kristen dan Catholic menjadi denominasi terbesar. 78% orang di kota ini Percaya Pada / Akan Adanya Tuhan dan 17% tak percaya adanya Tuhan. 56% diantaranya pergi ke Gereja / rumah ibadah lain 1 Minggu - 1 Bulan sekali dan sekitar 43jarang atau tidak pernah sama sekali.

Sumber :

https://www.pewresearch.org/fact-tank/2015/07/29/major-u-s-metropolitan-areas-differ-in-their-religious-profiles/


Comments