PTN Dengan Fakultas Kedokteran Paling Terjangkau Di Pulau Jawa (Secara Passing Grade)

₪ ☆ Special Thread Kaskus - REVOLUTION ☆ ₪ - Part 21 - Page 460 ...

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas seputar ujian besar yang akan dihadapi jutaan siswa SMA/K seusia ane. Yap, UTBK/SBMTPN. Tes masuk perguruan tinggi yang menentukan apakah para calon mahasiswa ini bisa berkuliah di PTN atau tidak. Begitupun ane, meskipun ane sudah diterima di Universitas Swasta (Telkom), antusias ane terhadap PTN ini cukup besar. Ane akan secara agak spesifik membahas soal salah satu jurusan yang paling dituju dan diperjuangkan oleh para calon mahasiswa. 

6 tips for new medical students

Yap, Kedokteran. Kedokteran menjadi jurusan ter-idaman anak dan orang tua di Indonesia dari jaman ke jaman. Mulai dari image, manfaat, prospek, sampai gaji besar menjadi berbagai motivasi orang terobsesi menjadi dokter. Namun kita juga tahu bahwa Prodi Kedokteran memiliki passing grade yang sangat tinggi, alias paling susah untuk masuk dilihat dari nilai minimum. Meskipun secara persaingan terkesan kejam, ada beberapa PTN yang memiliki passing grade yang tak begitu tinggi dan bisa dikejar banyak orang. So ini gan, 4 PTN Dengan Fakultas Kedokteran Paling Terjangkau (Secara Passing Grade)

1. UPN Veteran Jakarta

Pendidikan Dokter: Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran UPN ...

Di urutan pertama, ada salah satu PTN dengan FK yang mungkin gak begitu banyak dikenal, bisa disebut underrated, peminat yang stabil, punya passing grade yang tergolong rendah untuk FK, dan yang terpenting yaitu lokasi strategis gan. Yap, UPN Veteran Jakarta. PTN yang terletak di daerah Pondok Labu, daerah perbatasan Jakarta Selatan dan Depok. Sebelumnya PTN ini bersifat swasta, namun hingga kini sudah diresmikan menjadi PTN selama 4 Tahun (sejak 2016). UPN Veteran Jakarta bisa dibilang memiliki Fakultas Kedokteran yang sangat unik. Terletak di kota besar, ada di pulau Jawa, namun persaingannya tak sesadis UI dan UGM. Yap, nilai UTBK minimal masuk FK UPN berdasarkan hasil SBMPTN 2019 adalah 660,9.

2. Universitas Jendral Soedirman

FK UNSOED Gelar Pengajian Rutin | Universitas Jenderal Soedirman ...

Berikutnya, ada salah satu PTN terkenal di Jawa Tengah yang terletak di salah satu kota kecil paling terkenal di Indonesia, yap Purwokerto. PTN ini adalah Universitas Jendral Soedirman / UNSOED. Secara lingkungan, bisa dibilang UNSOED berbeda jauh dengan UPN. UNSOED terletak di kota kecil, dikelilingi kabupaten / pedesaan, tak banyak hingar bingar dan hiburan. Mungkin menjadi kota yang ideal bagi pelajar yang benar benar belajar. Popularitas dan persaingan FK UNSOED memang dibawah saudara seprovinsi dan sedaerahnya seperti UGM, UNDIP, UNS. Namun hal ini menurut ane positif karena bisa menjadi alternative yang worth it. Yap, nilai UTBK minimal masuk FK UPN berdasarkan hasil SBMPTN 2019 adalah 675,3.

3. Universitas Jember

Universitas Jember - Tradition of Excellence

Selanjutnya, mungkin PTN ini bisa dibilang tak termasuk jajaran PTN terpopuler di Indonesia. Dan soal popularitas bahkan dibawah UNSOED. Namun, PTN ini juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk para pejuang FK di daerah Jatim. Ada Universitas Jember. Jember adalah kabupaten yang terletak di Tenggara Provinsi Jawa Timur. Yap, Fakultas Kedokteran Universitas Jember ini bisa menjadi solusi baik untuk para camaba asal Jatim yang ingin mengejar FK di UNAIR dan UB namun ingin persaingan dan passing grade yang agak longgar. Yap, nilai UTBK minimal masuk FK UNEJ berdasarkan hasil SBMPTN 2019 adalah 674,3.

Nah itu gan beberapa informasi dari ane. Mungkin bisa menjadi solusi untuk agan sista yang baru lulus SMA dan ingin mengambil Prodi Kedokteran di UTBK 2020. Data tersebut bisa menjadi patokan.

Sumber :



Comments