Berbagai Hal Paling Ramai Tentang Pelaksanaan UTBK 2020


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Yap, PCJAMES hehe. Apa kabar gan? Udah sekitar 2 Bulan ane enggak menulis thread baru. Lumayan kangen sama KASKUS rasa nya. Ane sendiri hiatus 2 bulan dari KASKUS karena ane lagi fokus untuk mengikuti UTBK atau yang dulu dikenal dengan SBMPTN. Dan setelah beres melaksanakan UTBK, akhirnya ane kembali punya waktu buat nulis thread lagi. Oh iya gan UTBK kemarin ane ambil di Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI), mohon doa nya semoga ane bisa diterima ya hehe.

BREAKING NEWS: Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 Dibagi Jadi Dua Gelombang

Yap, di Thread ini ane akan menulis tentang UTBK itu sendiri, tepatnya UTBK yang ane hadapi kemarin. Lah, kan cuma tes, apa yang mau dibahas ? Masa soalnya. Enggak kok gan. Ane mau membahas soal UTBK 2020 ini karena pelaksanaan dari UTBK tahun ini rame pake banget, yap kritikan dan keluhan dimana mana. Sampe trending di twitter. Dan ane sebagai peserta hari pertama juga merasakan semua hal yang rame dibincangkan. Maka dari itu, ini dia Berbagai Hal Paling Ramai Tentang Pelaksanaan UTBK 2020.

1. Bentuk dan Tipe Soal yang Keluar Jauh Dari TryOut

Begini Cara Memecahkan Pertanyaan Bahasa Panda, yang Soalnya Masuk ...

Gambar Bukan SOAL UTBK, Hanya Ilustrasi

Yap, TryOut adalah salah satu hal paling wajib yang perlu diikuti peserta UTBK dalam mempersiapkan diri mereka. Dengan TryOut, diharapkan para siswa jadi terbiasa dengan tipe soal yang akan di ujikan. Ane pribadi sampai mengikuti 45 TryOut dari belasan platform yang berbeda untuk memperkaya referensi soal. Dan yang namanya "pamer" nilai TryOut jadi hal yang rame di Twitter. Namun saat pelaksanaan, soal yang kami dapat secara tipe benar benar beda dengan semua jenis TryOut alias gak ada satupun platform tryout yang tipe soalnya mirip dengan UTBK. Ane kira memang "tradisi" ngagetin ini ada dari tahun ke tahun, namun ternyata UTBK / SBMPTN beberapa tahun ke belakang selalu mirip atau setipe dengan TryOut. Hal ini menjadi hal yang paling ramai dibahas selang pelaksanaan UTBK sesi pertama usai. Dan juga viral soal "Panda" yang dianggap siswa sangat aneh.

2. Rincian Subtes Yang Berbeda Dengan Pernyataan Resmi LTMPT

Gambar

Sumber : Twitter EDCFESS

Selanjutnya, mulai menyangkut ke penyelenggara. Masa masa sebelum UTBK menjadi masa masa dimana LTMPT banyak menjawab pertanyaan dan memberi kepastian pada peserta soal rincian tes. Beberapa kali juga meeting online / pers confrence dilakukan. Dinyatakan bahwa UTBK kali ini hanya berisi 4 Subtes yang termasuk kedalam TPS/Tes Potensi Skolastik. Namun, saat melaksanakan tes yang kami dapat adalah 5 Subtes. Dan subtes baru ini menurut para siswa adalah yang cukup mengerikan. Yap, subtes ke lima adalah subtes Bahasa Inggris yang berisi 10 soal dan hanya diberikan waktu selama 11 Menit. Bersyukurnya ane bisa mengerjakan dengan baik di subtes ini secara teliti. Selain itu, LTMPT pernah mengungkapkan bahwa subtes Kuantitatif/Matematika akan diisi soal Bahasa Inggris. Bahkan setiap TO sudah menyesuaikan dengan membuat soal Kuantitatif berbahasa Inggris, namun nyatanya saat pelaksanaan ane tidak menemukan atau menghadapi soal seperti itu. Bahkan banyak peserta termasuk ane yang isi subtes dan judulnya tertukar.

3. Kebocoran Soal Dari Salah Satu Bimbel Ternama

π‘¬π’π’†π’Œπ’•π’“π’π’π’Šπ’”π’Šπ’” πŸ₯ΌπŸ©Ί on Twitter: "Kata yang punya sih ...

Sumber : Twitter Elektrolisis

Berikutnya, yang terpanas dari yang terpanas. Seusai dua sesi pada pelaksanaan UTBK hari pertama, beredar screenshot soal yang datang dari salah satu bimbel. Bimbel ini mengatakan bahwa soal itu murni prediksi mereka. Namun, yang terjadi adalah soal yang mereka sebut prediksi itu sama persis dengan soal yang sudah ane dan peserta lain kerjakan. Tentu, kami peserta di sesi 1 dan 2 sangat kesal, namun untungnya soal yang keluar di sesi sesi berikutnya berbeda / di acak. 

4. Respons LTMPT Terhadap Laporan Kecurangan + Siswa "Nakal" Saat Pelaksanan UTBK

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 Kembali Dibuka Hari Ini

Respons LTMPT terhadap laporan kebocoran soal ini juga ramai di trending twitter. Pasalnya, LTMPT terkesan mengelak dan mengatakan bahwa para pelapor mengada ada Refrensi Berita. Padahal jelas sekali soal yang bocor itu persis dengan soal yang kami kerjakan. Selain itu cuitan salah satu petinggi LTMPT di twitternya dalam menanggapi soal ini juga terkesan "ketus" sehingga banyak dikomentari netizen twitter. Banyak juga tersebar bukti bahwa ada siswa yang berhasil mengoperasikan Handphone dan bahkan memfoto soal ketika ujian berlangsung.

Sumber :

Opini Pribadi
Pengalaman Pribadi
Twitter
CNN

Comments