Deretan Film Bertema SARA Terbaik Versi Ane


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread. Kali ini ane akan menulis tentang film gan. Yap, terakhir kali ane menulis tentang film itu di bulan April. Kali ini ane akan membahas film bukan berdasarkan genre ataupun award. Namun mengenai topiknya. 

Invictus Draws a Crowd – fxguide

Yap, kini banyak film yang menggunakan topik yang sensitif untuk memenangkan award. Namun film film yang ane mention disini adalah film yang juga bagus secara storyline, bukan hanya membakar kontroversi. So, ini gan Deretan Film Bertema SARA Terbaik Versi Ane

1. 12 Years A Slave

12 Years a Slave Poster

Di urutan pertama, mungkin ada film bertema rasial paling terkenal di tahun 2000an. Yap, film ini berjudul 12 Years A Slave. Film ini dirilis pada tahun 2013 dan dibintangi oleh Chiwetel Ejiofor, Michael Fassbender, Benedict Cumberbatch dan Brad Pitt. Film ini menceritakan tentang Solomon Nothrup, orang kulit hitam bebas yang berprofesi sebagai pemain Biola. Namun tiba tiba ia ditipu dan kembali dijadikan budak dan di siksa oleh majikannya selama bertahun tahun. Namun beberapa kali ia juga sempat bertemu orang Putih yang berhati nurani dan ia pun akhirnya dibebaskan oleh seorang pria kulit putih yang bernama Bass dan akhirnya hidup bebas kembali. Film ini meraih penghargaan Best Picture / Film Terbaik OSCAR 2014.

2. Invictus

Invictus Poster

Berikutnya, ada film biografi lagi. Dan mungkin film ini akan lebih banyak disukai dan lebih aman dari kontroversi. Yap, film ini berjudul Invictus. Film Biografi yang dirilis pada tahun 2009. Film ini dibintangi oleh Morgan Freeman dan Matt Damon. Film ini disutradarai oleh Clint Eastwood. Film ini merupakan Biografi tentang presiden ter legendaris Afrika Selatan yaitu Nelson Mandela. Namun bukan sepak terjang bangsanya dalam memimpin Negara, melainkan tentang cara ia memersatukan bangsa dan dua ras yang saling bersitegang melalui dukungan penuh nya terhadap tim Rugby Afrika Selatan hingga menjadi juara dunia. Di tunjukkan di film ini bahwa sifat Nelson Mandela sebagai sosok yang tak kenal lelah, tak mau menguntungkan golongannya sendiri, dan rendah hati dalam merangkul segala kelompok ras di negaranya.

3. Crash

Crash Poster

Selanjutnya, ada salah satu pemenang Best Picture paling kontroversial. Memang, topik film ini yaitu Rasial cukup kontroversial, namun ada hal lain yang membuat film ini banyak diperdebatkan. Film ini berjudul Crash. Dirilis pada tahun 2004 dan dibintangi oleh Sandra Bullock, Matt Dilon, Terrence Howard, dan Don Cheadle. Film ini menceritakan ketegangan antar ras di Amerika Serikat mulai dari White, Black, Asian, Arab, dan Latin. Dimana mereka semua saling membenci. Namun ketika mereka semua dihadapkan pada situasi yang berat, hati nurani mereka keluar untuk membantu sesama mereka. Hal yang menjadi kontroversi adalah, film ini disebut kurang bagus dan kurang pantas secara kualitas untuk memenangkan Best Picture dan dianggap modal tema rasial doang. Agak setuju,namun terlepas dari hal itu semua alias hanya dilihat sebagai "film", film ini cukup oke.

4. Tanda Tanya

Tanda Tanya Poster

Dan terakhir, film dari Indonesia sendiri. Film yang dicap sangat kontroversial dan dibenci banyak kalangan. Namun ane pribadi menggangap film ini bagus, lebih bagus dari crash bahkan. Film ini berjudul Tanda Tanya. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Reza Rahadian, Agus Kuncoro, dan Rio Dewanto. Film ini dianggap menampilkan sosok muslim yang anarkis yang kerap mengintimidasi umat lain seperti Kristen dan Buddha. Dan umat agama lain terlihat selalu toleran terhadap umat agama lain. Namun diakhir film ini, sang muslim berkorban untuk umat agama lain. Film ini menurut ane secara akting, storytelling, dan visual cukup bagus gan.

Sumber :

Opini Pribadi
IMDB

Comments