5 Universitas & Institut Papan Atas Indonesia Yang Memiliki Jurusan Sistem Informasi

 Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi nih gan. Kali ini ane akan membahas tentang topik yang mungkin jarang ane bahas, namun ane tiba tiba pingin aja ngebahas ini. Yap, tentang jurusan ane. Salah satu jurusan yang soal prospek bisa dibilang sebagai salah satu yang terluas untuk saat ini. Jurusan ini mirip mirip dan relate sama jurusan jurusan lain seperti Informatika, Teknik Komputer, dan Teknologi Informasi. Yap, Sistem Informasi.

Sistem Informasi Manajemen dan Manfaatnya bagi Perusahaan - Jurnal

Singkatnya, Sistem Informasi adalah jurusan kuliah yang mempelajari penerapan dan pemanfaatan teknologi dan komputer dalam bisnis dan manajemen, jadi tidak begitu concern ke arah programming dan pembuatan aplikasi seperti tiga jurusan diatas. Nah, selain lebih luas cakupannya, jurusan ini juga menjadi jurusan IT Related yang enggak begitu mengerikan soal Matematika dibanding 3 jurusan yang ane mention diatas. Setidaknya dari informasi yang ane ulik di berbagai website dan pertanyaan ane ke kakak tingkat ane. Nah, di thread ini ane akan menuliskan Deretan Universitas & Institut Papan Atas Indonesia Yang Memiliki Jurusan Sistem Informasi. Sekiranya bisa jadi refrensi untuk agan agan yang usianya dibawah ane jika minat masuk ke jurusan ini !

1. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

8 Lokasi Paling Ikonik di ITS, Alumnus Pasti Kangen!

Di urutan pertama, PTN yang menempati posisi ini bukan PTN yang terkenal nomor 1 soal teknologi, melainkan saingannya. Yap, Institut Teknologi Sepuluh November atau yang kerap disebut ITS, salah satu PTN terbaik di Indonesia juga. ITS terletak di kota Surabaya. Soal jurusan Sistem Informasi, bisa dibilang kalau ITS adalah yang paling matang, terkenal, dan mungkin terbaik karena ITS menjadi PTN dengan jurusan Sistem Informasi tertua yaitu sejak 2001. Jurusan ini juga sudah terakreditasi A. Sistem Informasi di ITS tergabung dalam Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas / FTEIC. Mungkin mirip mirip dengan STEI nya ITB, yang juga terkenal sebagai fakultas dengan passing grade tertinggi setiap tahunnya di SBMPTN.

2. Universitas Indonesia (UI)

Kemenristek Keluarkan Data Daftar 47 Universitas Terbaik Bidang ...

Berikutnya, ada salah satu Universitas yang mungkin paling sering disebut sebagai Perguruan Tertinggi terbaik di negara ini. Dan yap, Universitas impian ane yang enggak kesampean hehe. Universitas Indonesia, UI. UI juga menjadi salah satu kampus terbaik yang memiliki jurusan Sistem Informasi terbaik. Jurusan sistem informasi di UI tergabung dalam Fakultas Ilmu Komputer / FASILKOM UI yang terletak di Kampus Depok. Jurusan ini pun juga menjadi salah satu jurusan dengan passing grade tertinggi di SBMPTN setidaknya berdasarkan data SBMPTN tahun ini dan tahun lalu, hampir sama dengan FKGUI bahkan diatas jurusan jurusan di FT UI. Akreditasinya juga A.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kolaborasi Alumni di Perayaan Hari Jadi ITB ke-100 Tahun

Ketiga, kampus yang bisa dibilang paling hebat soal perteknikan dan terkenal akan mahasiswa dan lulusannya yang pinter pinter banget gan. Yap, ITB. Insitut Teknologi Bandung. Mungkin kalau membahas jurusan secara spesifik, gak akan terlalu terkenal kalau bahas ITB. Karena saat mau masuk ITB, yang kita pilih harus fakultas dulu. Tahun pertama kita harus melalui TPB dulu sebelum penjurusan. Dan ternyata setelah ane ulik, ITB juga memiliki jurusan Sistem Informasi. Namun bedanya jurusan SI di ITB di satukan dengan Teknologi Informasi sehingga memiliki nama Sistem dan Teknologi Informasi. Dan yang lebih bikin ane kaget lagi, jurusan SI di ITB ini tergabung dalam STEI, fakultas yang sering disebut sebagai fakultas tertinggi di ITB dari segi PG.

4. Telkom University (TelU)

Telkom University (Kembali) Menjadi PTS Terbaik No.1 di Indonesia ...

Di posisi ke 4, kita beralih ke PTS. Perguruan Tinggi Swasta yang sering disebut sebagai ITB swasta nih gan hehe. Bukan karena sebutan aja tapi karena mayoritas dosen di kampus ini adalah alumni ITB. Yap, Telkom University. Kampus yang lagi naik daun dan terkenal karena banyak menempati posisi Peguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia di berbagai lembaga ranking luar negeri hingga dari kementrian. Dan jurusan Sistem Informasi menjadi salah satu jurusan favorit di kampus ini, dan akreditasinya juga A. Di Telkom University juga ada jurusan Sistem Informasi khusus International Class. Yang agak unik adalah, Sistem Informasi di TelU bergabung dalam fakultas yang sama dengan jurusan Teknik Industri, berbeda dengan kampus lain yang menggabungkan SI dengan Informatika dan Ilmu Komputer.

5. Bina Nusantara University (BINUS)

Alam Sutera Campus | BINUS UNIVERSITY

Dan terakhir, juga ada salah satu PTS terbaik di Indonesia yang juga terkenal dengan lulusan lulusannya yang sukses dan terkenal di berbagai bidang. Yap, Bina Nusantara alias BINUS. Di berbagai website ranking universitas, Binus hampir selalu menempati posisi ke 2 sebagai Universitas Swasta terbaik di Indonesia dibawah Telkom. Namun, setelah ane ulik ulik, bisa dibilang Binus menjadi PTS dengan prospek terbaik soal kerjaan, setidaknya di perusahaan Unicorn bersama ITB dan UI, baru TelU menyusul dibawahnya. Nah berbeda dengan semua kampus diatas, Sistem Informasi berdiri sendiri sebagai fakultas sendiri di Binus dengan nama Sekolah Sistem Informasi. Untuk lokasi, SI binus terletak di kampus syahdan.

Sumber :

Wikipedia

Rencanamu

Kompas

Webometrics

Comments